Sumbangan untuk korban kebakaran di Manggarai Tebet JakSel

IMG_2812

Sumbangan dari para donatur di Usahid Jakarta berupa uang dan barang,  termasuk dana dari DKM Masjiid Sahid Nurul Iman Usahid Jakarta, telah diserahkan kepada pihak terkait untuk disalurkan kepada para korban musibah kebakaran di Manggarai Tebet Jakarta Selatan, Jumat 12 Juli 2019. Dana tersebut sudah dibelikan antara lain; Beras, sepatu, seragam sekolah, tas sekolah, alat-alat mandi, pakaian dalam dan kasur busa.

Terimakasih kepada para donatur dan semua pihak yang terkait.

Holistic Nutrition and Wellness (HNW) Center dan Clinical Nutrition Lab, USAHID

IMG_2379

Peresmian Holistic Nutrition and Wellness (HNW) Center dan Clinical Nutrition Lab, USAHID yang merupakan kerjasama USAHID Jakarta dengan Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Indonesia. Peresmian yang berlangsung tgl. 28 Juni 2019 ini,  diawali sambutan pembuka oleh Dekan Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan (FATEPAKES), Universitas Sahid Jakarta, dan diresmikan oleh Rektor Universitas Sahid Jakarta, Prof Dr Ir Hardinsyah, yang didampingi oleh Para Wakil Rektor, Para Dekan, Wakil Dekan dan Direktur di Universitas Sahid Jakarta.

Holistic Nutrition and Wellness (HNW) Center merupakan salah satu bagian dari Pengembangan Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Sahid Jakarta dan juga menjadi lab bagi program  studi gizi, FATEPAKES, USAHID Jakarta.

Simposium Nasional “Between Food Security and Safety : Mencari Konsep Baru”

IMG_2053

Simposium Nasional
“Between Food Security and Safety : Mencari Konsep Baru”, diselenggarakan oleh Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) bekerjasama dengan Universitas Sahid Jakarta dan Institut Teknologi Indonesia, 27 Juni 2019 di auditorum lt. 8 kampus  Universitas Sahid Jakarta.  Kegiatan ini dihadiri oleh Pengurus dan Anggota PATPI, GAPMMI, dan berbagai ahli teknologi pangan nasional.

Kegiatan dibuka oleh Rektor Universitas Sahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS, yang dilanjutkan dengan sesi pemateri : Dr. dr. Tan Shot Yen, M.Hum (Ahli Gizi dan Kesehatan, Kolumnis, Penulis Buku Gizi dan Kesehatan), Prof. Dr. Aman Wirakartakusumah (Ahli Teknologi Pangan/IuFost), Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi (Vice chair for Codex Alimentarius Comission), Dr. Agung Hendriadi (Kepala BKP Pusat),
Prof. Dr. Sri Raharjo (Ahli Teknologi Pangan, UGM) dan Dr. Roy Sparringa (Ahli Food Safety, BPOM Pusat).

Acara turut dihadiri para pengurus PATPI antara lain; Prof. Dr. Ir. Giyatmi Irianto, M.Si (Kepala LPPM Usahid Jakarta) beserta para undangan lainnya.

FGD Strategi Pengembangan Potensi Wisata Terintegrasi dan Berkelanjutan di Kawasan Wisata Tanjung Kelayang oleh Usahid di Tanjung Binga, Belitung.

WhatsApp Image 2019-06-14 at 19.32.39

Wakil Bupati Belitung hadiri Focus Group Discussion dalam Strategi Pengembangan Potensi Wisata Terintegrasi dan Berkelanjutan di Kawasan Wisata Tanjung Kelayang yang di laksanakan oleh Universitas Sahid Jakarta di Hotel Swiss Belresort, Tanjung Binga, Belitung. Kamis, 13 Juni 2019.

Acara ini juga dihadiri oleh Dr. Ninin Gusdini, selaku ketua peneliti dan Dekan Fakultas Teknik serta  Bernard Hasibuan, Ph.D selaku Wakil Rektor III Usahid  Jakarta, Dr. Ir. Sihono Dwi Waluyo selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, juga Lisa Ratnasari, ST, M.Si, selaku Ketua Program Studi Teknik Industri. Selain itu juga hadir Kepala Dinas Pariwisata Belitung, Hermanto, serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Edi Usdianto.

FGD dilakukan pihak Universitas Sahid Jakarta, yaitu untuk tahapan awal persiapan penelitian terkait dengan kepariwisataan yang berkelanjutan atau sustainable tourism. Selanjutnya Universitas Sahid Jakarta akan melakukan penelitian terhadap kesiapan Tanjung Kelayang sebagai kawasan wisata unggulan di Kabupaten Belitung.

Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie mengatakan Tanjung Kelayang terdiri atas dua faktor, yang pertama Tanjung Kelayang di lihat dari sisi pantai, dan yang kedua Tanjung Kelayang di lihat dari Kawasan Ekonomi Khusus atau sebuah clauster kepariwisataan yang lebih luas.

“Kedua hal itu merupakan konteks yang sangat berbeda, dan di Belitung tempat wisata bukan hanya Tanjung Kelayang, tentunya Tanjung Kelayang merupakan Icon atau stimulator yang mendatangkan turis-turis untuk hadir, dan menjadi pusat terpadu kepariwisataan” Jelasnya

Namun ia juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Belitung mengandalkan destinasi wisata Belitung lainnya yang sudah eksis seperti Geo Side yang akan mendukung Unesco Global Geopark yang akan datang.

Halal Bi Halal Sivitas Akademika Usahid Jakarta

IMG_1693

Halal Bi Halal Sivitas Akademika Usahid Jakarta, berlangsung di lobby kampus Usahid Jakarta, 11 Juni 2019. Sebelum acara Halal Bi Halal, ada kegiatan rutin Fun & Brifing, yang diiikuti oleh segenap sivitas akademika Usahid Jakarta.

Acara Halal Bi Halal diawali pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan terjemahannya, dilanjutkan dengan sambutan Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS. Berikutnya ada ceramah Idul Fitri 1440 H, disampaikan oleh, Dr. Jamalullail, SIP, MM, dengan tema;”Silaturahim Menumbuhkan Kebersamaan menuju USAHID yang Lebih Baik”.

Sebelum ditutup dengan acara hiburan, ramah tamah dan makan siang bersama, pada kesempatan itu juga ada saling bersalaman antara segenap sivitas akademika Usahid Jakarta.

Buka Puasa Bersama Usahid Jakarta

 

IMG_1134

“Jadikan Aktifitas Kita di Usahid sebagai Bekal Keberkahan Hidup dan Kesuksesan Akherat Kita”, demikian tema pada acara Buka Puasa Bersama  Usahid Jakarta, yang disampaikan oleh Ir. H. Farhat Umar, M.Si (Dosen Fak.Teknik Usahid Jakarta).

Acara berlangsung di aula lt. 8 kampus Usahid Jakarta, 21 Mei 2019 ini, dihadiri segenap sivitas akademika Usahid Jakarta, juga Direktur Eksekutif Yayasan Sahid Jaya, Prof. Dr. Ir. Kohar Sulistyadi, MSIE beserta para undangan lainnya.

Rangkaian acara diawali pembacaan ayat suci Al-Qur’an beserta terjemahannya yang disampaikan oleh mahasiswa Usahid Jakarta, dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS. Sambutan juga disampaikan oleh Direktur Eksekutif Yayasan Sahid Jaya, Prof. Dr. Ir. Kohar Sulistyadi, MSIE mewakili Prof. Dr. Nugroho B. Sukamdani, MBA, BET. (Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya). Acara ditutup dengan doa bersama.

Pelatihan Response Surface Methodology (RSM)

IMG_0764

Pelatihan Response Surface Methodology (RSM), disampaikan oleh Dr Budi Nurtama, pada hari Rabu, 15 Mei 2019.  Pelatihan diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sahid Jakarta, diruang 710 kampus Usahid Jakarta.  Turut hadir dan memberikan arahan, Kepala  LPPM Usahid Jakarta,  Prof. Dr. Ir. Giyatmi Irianto, M.Si. Para peserta pada pelatihan ini, selain dari para dosen Usahid Jakarta juga dari luar Usahid Jakarta termasuk para peserta dari mahasiswa Usahid Jakarta.

Penandatanganan MoU Universitas Sahid Jakarta dengan Institut Pertanian Bogor (IPB)

IMG_0741

Penandatanganan MoU kerjasama Universitas Sahid Jakarta dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) di Kampus IPB Darmaga, Bogor, telah terselenggara tanggal 10 Mei 2019.

Penandatanganan kerjasama ini dihadiri oleh Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Arif Satria, Rektor Universitas Sahid Jakarta,  Prof. Dr. Ir Hardinsyah, MS, Direktur Pascasarjana Usahid Jakarta, Para Wakil Rektor, Para Kepala Lembaga, Para Dekan dan Direktur Humas dan Kerjasama.
Kerjasama ini meliputi bidang pelaksanaan dan pengembangan tridharma perguruan tinggi dan Pengembangan Prodi S2 dan S3 Ekologi Wisata kerjasama dengan IPB.
Pada kesempatan ini pula telah dilakukan penandatanganan MOU antara Universitas Sahid Jakarta dengan Universitas Djuanda Bogor dalam hal penguatan kapasitas kelembagaan dan TriDharma Perguruan Tinggi

Acara Puncak Dies Natalis ke-31 Usahid Jakarta

IMG_0106

Acara puncak Dies Natalis ke-31 Universitas Sahid Jakarta,  diselenggarakan pada hari Jumat, 3 Mei 2019 di lobby dan aula lt. 8 kampus Usahid Jakarta.
.
Rangkaian acara  dimulai pukul 08.00 dengan kegiatan;  Pengabdian Masyarakat, yang meliputi Penyuluhan Kesehatan oleh RSUD Tebet, Pelatihan Pengelolaan Keuangan oleh,  Sumarsono, SE, MM (Dosen FEB Usahid Jakarta) dan penyuluhan dengan tema;”Hidup sehat bersama Yakult”,  disampaikan oleh PR science Yakult Persada, yang dilanjutkan dengan Pembagian sembako dan santunan bagi anak yatim.
.
Kegiatan berikutnya adalah dengan Tarhib Ramadhan dengan tema “Ramadhan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas ibadah untuk meraih predikat insan taqwa”, disampaikan oleh Ustadz: Prof. Dr. Ing Fahmi Amhar
.
Acara ini ditutup dengan kegiatan Employee Gathering Universitas Sahid Jakarta dengan tema “Semangat Meraih Keunggulan USAHID dengan Kebersamaan” sekaligus pemberian hadiah bagi mahasiswa berprestasi di fakultas yang ada. Hiburan, ramah-tamah dan pengundian doorprize jadi acara pamungkas.
.
Semoga Universitas Sahid Jakarta semakin maju dan terdepan sebagai “Tourism and Entrepreneurial University”
.

Seminar Nasional & Call for Paper dengan Tema : “Pengembangan Bisnis & Industri Kepariwisataan di Era Disrupsi”

IMG_9576

Dalam Rangka Dies Natalis ke-31, Universitas Sahid Jakarta dengan Sukses menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional & Call for Paper dengan Tema : “Pengembangan Bisnis & Industri Kepariwisataan di Era Disrupsi yang diselenggarakan di Auditorium Lantai 8, Universitas Sahid Jakarta pada tanggal 30 April 2019.
Kegiatan diawali dengan sambutan Rektor Universitas Sahid Jakarta,  Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS, yang dilanjutkan dengan laporan dari Wakil Ketua Dies Natalis ke-31  Usahid Jakarta, Dr. Sihono Dwi Waluyo, Ir. M.Si.
.
Rangkaian acara berikutnya adalah penandatangan MoU kerjasama antara Universitas Sahid Jakarta dengan Hotel Bidakara, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Detik.com. Keynote Speech diberikan oleh Staf ahli Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Kementrian Pariwisata,  Drs. Noviendi Makalam, MA dan dilanjutkan dengan Keynote Speech dari Ulugbek Rozukulov (Duta Besar Republik Uzbekistan).
.
Kegiatan dilanjutkan dengan sesi seminar yang dibagi menjadi 2 sesi yaitu :
Sesi 1 dimoderatori oleh Bapak Tanjung Prasetyo. SE., dengan pembicara :
1. Dr. Ir. H. Hariyadi Budi Santoso Sukamdani, MM (Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia – PHRI)
2. Afifuddin Suhaeli Kalla diwakili Jay Arya Putera Singgih  (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia – HIPMI Jaya – CEO Bumi Laut Group)
3. Adrian Wibisono,  staf khusus CSR PetroChina International Companies in Indonesia 4. Ir. Abdul Azis (Direktur Detikcom)
Dilanjutkan dengan sesi 2 yang dimoderatori oleh Ina Djamhur, A. Par., M.Sc. dengan pembicara, Astrid Maharani Prajogo (Pendiri Good Indonesian Food)
.
Selanjutnya dilakukan Parallel session dengan moderator oleh,  Dr. Ekayana Sangkasari. Seminar Nasional ditutup dengan Pemberian penghargaan kepada pemakalah terbaik