Syukuran Dies Natalis 31 Usahid Jakarta, 14 Maret 2019

IMG_5787

Syukuran Dies Natalis 31 Usahid Jakarta, 14 Maret 2019 ditandai dengan doa bersama dan pemotongan nasi tumpeng oleh Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS. Acara berlangsung di aula lt.8 kampus Usahid Jakarta, dihadiri oleh segenap sivitas akademika Usahid Jakarta.

Acara yang diawali pengantar dari Rektor Usahid Jakarta ini, diakhiri dengan ramah tamah. Pembacaan doa dipimpin oleh, Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom (Direktur Sekolah Pascasarjana Usahid Jakarta).

Tema Dies Natalis 31 Usahid Jakarta, “Terus Mengabdi, Maju dan Berprestasi”. Beberapa acara telah diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Dies Natalis 31 Usahid Jakarta kali ini, antara lain; Seminar Nasional dan aneka lomba.

Selamat Salam Sukses Selalu untuk Kita Semua.

Kunjungan Studi ke PT South Pacific Viscose (SPV), di Purwakarta

 

IMG_2899

Rombongan Universitas Sahid Jakarta  dipimpin langsung oleh Rektor, Prof.  Hardinsyah,  MS, Ph.D, berkunjung ke PT South Pacific Viscose (SPV), di Purwakarta, Jawa Barat,   6 Maret 2019. Kunjungan kali ini membawa 43 orang mahasiswa, terdiri dari mahasiswa dari Program Studi Teknik Lingkungan termasuk dari perwakilan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) serta 10 orang tenaga pengajar.

Rombongan Universitas Sahid  Jakarta diterima oleh, Senior Manager HRD PT. South Pacific Viscose, Deden Rusfiandi, didampingi Head of Corporate Affairs PT South Pacific Viscose, Widi Nugroho Sahib.

Pada kesempatan itu, rombongan Usahid Jakarta mengunjungi lokasi Power Plant, WWTP (Water Waste Treatment Plant) atau IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah), dan fasilitas lain dari pabrik yang memproduksi serat.

Rombongan juga berkunjung ke Eco Village di Desa Cicadas untuk melihat kegiatan warga menanam sayuran dengan metode hidroponik, ternak burung puyuh dan ternak ikan lele, serta BMS (Bank Sampah Mandiri) yang mengolah sampah menjadi kerajinan tangan unik.

 

Rombongan Universitas Sahid (Usahid) berkunjung ke PT South Pacific Viscose (SPV), di Purwakarta, Rabu (6/3/2019).

Senior Manager HRD PT South Pacific Viscose, Deden Rusfiandi, mengatakan, SPV menerima kunjungan dari Universitas Sahid untuk menunjukkan kepada publik bahwa perusahaan ini terbuka atas kunjungan dari semua pihak. “Selain itu, perusahaan juga patuh pada regulasi pemerintah,” ujar Deden Rusfiandi.

Head of Corporate Affairs PT South Pacific Viscose, Widi Nugroho Sahib, menambahkan, SPV dan Universitas Sahid sangat peduli dengan pelestarian lingkungan.

“Hal itu dilakukan dalam bentuk kegiatan CSR melalui kegiatan community development untuk memberdayakan warga di sekitar pabrik SPV, dan juga keterlibatan SPV pada gerakan Citarum Harum yang diinisiasi oleh pemerintah,” jelas Widi.

 

Osmaru 2019 Program Kuliah S-1 Manajemen Blended Learning

IMG_5410

Bertempat diaula lt. 8 kampus Usahid Jakarta, 9 Maret 2019, telah
berlangsung  acara Orientasi Mahasiswa Baru (OSMARU) Semester Genap
Tahun Akademik 2018/2019 program kuliah S1 Manajemen Blended Learning
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Usahid Jakarta. Osmaru 2019 diikuti
sekitar 150 mahasiswa baru,   diawali dengan pengenalan tentang sistem
akademik dan yang terkait, disampaikan oleh Direktur Administrasi
Akademik Usahid Jakarta, Dr. Jamalullail, MM, dan materi yang
disampaikan oleh Direktur Sumber Daya Informasi dan Perpustakaan, Moch.
Sambas, SE, MM.  Sesi berikutnya dipandu oleh Wakil Dekan FEB Usahid
Jakarta, Titin Astuti, SE, MM, ada paparan dari Dekan FEB Usahid
Jakarta, Dr. Ir. Sihono Dwi Waluyo, M.Si, dan juga dari Kepala Program
Studi Manajemen FEB Usahid Jakarta, Susy Budhiharty, S.Pd, MM dan
dari Kepala Program Studi Akuntansi, Dewi Anggraini, SE, MM.Ak.

Keunggulan S1 Manajemen Blended Learning  FEB Usahid Jakarta yang
menggabungkan antara metode kelas tatap muka dan online ini antara
lain adalah;  Jadwal belajar fleksibel, bisa kuliah tanpa harus
mengganggu jam kerja. Lama masa kuliah untuk program S1 Manajemen di
Usahid Jakarta  adalah 48 bulan atau 4 tahun dengan porsi online
sekitar 43% dan tatap muka sekitar 57%.

Spesifikasi Program :
Program Studi: S1 Manajemen
Gelar Akademis: Sarjana Ekonomi (SE)
Konsentrasi: Manajemen
Total Mata Kuliah: 50 (21 mata kuliah online dan 29 mata kuliah tatap muka)
Masa Kuliah: 8 semester atau 48 bulan

 

Lomba Debat Pangan 2019

IMG_2636

Dalam rangka memeriahkan Dies Natalis Universitas Sahid Jakarta ke 31, Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan – Himatepa Fatepakes Usahid Jakarta, menyelenggarakan kegiatan Lomba Debat Pangan dengan tema “PENERAPAN HYGIENE DAN SANITASI PADA INDUSTRI PANGAN”. Acara ini merupakan agenda rutin setiap tahun dari Himatepa Fakultas Teknologi Pangan Kesehatan (FATEPAKES) Usahid Jakarta, diselenggarakan pada Sabtu, 2 Maret 2019. Lomba Debat Pangan 2019 dibuka oleh Wakil Dekan Fatepakes Usahid Jakarta, Dr. Rahmawati, ST, M.Si, berlangsung di aula lt. 8 kampus Usahid Jakarta untuk final dan semifinal. Babak penyisihan berlangsung di ruang 801 dan 802. 

D. Zulya Lovyana dan Nur Afni Alfiana Hanifah, mahasiswa Prodi Gizi, FATEPAKES Usahid Jakarta JUARA TERBAIK, Lomba Karya Tulis Ilmiah Kategori Mahasiswa

IMG_20190219_145005

D. Zulya Lovyana dan Nur Afni Alfiana Hanifah,  mahasiswa Program Studi Gizi, bersama dosen pembimbing, Khoirul Anwar, S.Gz, M.Si dari Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan (FATEPAKES) Universitas Sahid Jakarta, berhasil  menjadi JUARA TERBAIK Lomba Karya Tulis Ilmiah Kategori Mahasiswa dengan judul “LeBaY apps (Let’s Breakfast Everyday) Sebagai Aplikasi Peningkat Kebiasaan Sarapan untuk Millennials” yang diselenggarakan pada hari minggu, 17 Februari 2019 oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta, dalam acara BFF Day.

Segenap sivitas akademika Usahid Jakarta mengucapkan;”Selamat Salam Sukses Selalu untuk Kita Semua”

 

Daman Sutiawan, mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan Usahid Jakarta, memenangkan juara 2 Gerakan Secangkir Semangat

IMG_20190225_115628

Wakil Usahid Jakarta, Daman Sutiawan,  mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan Usahid Jakarta dan Team Sumpah Sampah dengan Produk Ecopavings atau paving block berbahan dasar sampah plastik kresek,  serta menggerakan dan memberdayakan masyarakat di daerah Citeureup Bogor,  berhasil memenangkan juara 2 Gerakan Secangkir Semangat yang digagas oleh Kapal Api yang bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Republik Indonesia dengan Hastag #Buatnyatatujuanmu.

Ajang ini merupakan gerakan menyaring Sociopreneur muda di seluruh daerah di Indonesia. Dari 5500 Proposal bisnis yang masuk, kemudian disaring oleh juri menjadi 150 Proposal bisnis. Juri kemudian menseleksi lagi menjadi 50 Proposal Bisnis. 50 peserta tersebut kemudian mengikuti sesi coaching/mentoring dengan para mentor daerah masing masing selama 4 kali pertemuan tiap pekannya yg disaring menjadi 20 Peserta finalis.
Sesi ini merupakan momentum penyempurnaan ide bisnis beserta produk yang akan di presentasikan pada sesi selanjutnya yaitu tahap Pitch Deck didepan para juri. Sesi ini pula merupakan sesi penentuan juara 1, 2 , dan 3. Sesi puncak yaitu sesi Awarding Night pada hari Sabtu, 23 Februari 2019 di Hotel Grand Hyatt Jakarta. Sesi ini dimulai dengan Pitch Deck didepan para Investor serta di akhiri dengan pengumuman Juara 1, 2, dan 3.

Segenap sivitas akademika Usahid Jakarta mengucapkan;”Selamat Salam Sukses Selalu untuk Kita Semua”.

Wakil Usahid Jakarta BEST PRESENTATION Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN)

52599104_2314261378607254_5951344261453578240_o

Kembali wakil Usahid Jakarta, yaitu Akhsan Fikri Wiguna, Agung Nurul Nudin, dan Nur Afni Alfiana Hanifah,  mahasiswa Program Studi Gizi, Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan (FATEPAKES) Universitas Sahid Jakarta bersama dosen pembimbing, Khoirul Anwar, S.Gz., M.Si,  yang berhasil mendapatkan penghargaan BEST PRESENTATION,  pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) dengan judul “ECO-FOOD TOURISM VILLAGE sebagai sarana penyediaan pangan berkelanjutan di daerah kota” yang diselenggarakan pada hari sabtu, 16 Februari 2018 di Universitas Pasundan, Bandung.

Kegiatan ini diikuti oleh beberapa Universitas di Indonesia, yaitu ITB, UB, UNDIP, UNHAS, UNY, UPN Veteran Jakarta, dan UNPAS.

Segenap sivitas akademika Usahid Jakarta, mengucapkan;”Selamat Salam Sukses Selalu untuk Kita Semua”.

 

Seminar Gizi Nasional dalam Rangka Hari Gizi Nasional 2019

IMG_2083

Program Studi Gizi, Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan, Universitas Sahid Jakarta bekerjasama dengan Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Indonesia, Ikatan Alumni USAHID Jakarta (IKALUS), Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI), dan Asosiasi Nutrisionis Olahraga dan Kebugaran Indonesia (ANOKI), menyelenggarakan kegiatan Seminar Gizi Nasional dalam Rangka Hari Gizi Nasional (HGN), Pekan Sarapan Nasional (PESAN) Tahun 2019 dan Dies Universitas Sahid Jakarta ke-31 dengan tema “Roles of Nutritionists & Dietitians and Prospects for Nutrition Business (Nutripreneurship) in Millennium Era”.
.
Seminar Nasional ini diawali dengan penampilan hiburan akustik dari “Vincero Project” yang dilanjutkan dengan Sarapan Bersama. Rangkaian acara berikutnya ada sambutan dari Robby P. Tambunan (Ketua Ikatan Alumni Universitas Sahid Jakarta), Dr. Ir. Iman Basriman, MSi (Wakil Rektor I Universitas Sahid Jakarta), sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini.

Seminar berlangsung diaula serbaguna lt.8 kampus Usahid Jakarta, 23 Februari 2019, diikuti sekitar 450 peserta terdiri dari perwakilan dari berbagai universitas, siswa SMA se-Jabodetabek, organisasi dan juga dari kalangan industri. Selaku keynote speaker adalah: Adhi S. Lukman (Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) dengan Topik: Proses Bisnis Makanan dan Minuman di Indonesia.
.
Sesi 1 dimoderatori oleh Dr. Rahmawati, STP., MSi dengan Pembicara : .
Dr. Minarto, MPS (Ketua Umum DPP PERSAGI)
.
dr. Retno Kuntarti H. Bawono, M. Gizi., SpGK (Dokter Spesialis Gizi OMNI Hospital)
.
Dr. Mahani SP, MSi
(Owner CV Nutrima Sehatalami dan Dosen FTIP UNPAD)

Sesi 2 dimoderatori oleh : Dr. Dadi Hidayat Maskar, STP., MSc, dengan pembicara : .
Prof Dr Ir Hardinsyah, MS (Ketua Umum AIPGI)
.
Ayu Nova, SGz
(Owner of Fitpedia Healthy Diet – Education – Motivation)
.
Mury Kuswari, S.Pd., MSi (Ketua Umum ANOKI, Founder Gizi Kebugaran dan Kandidat Doktor)

Kegiatan ini juga didukung oleh PT Mayora Indah Tbk, PT Frisian Flag Indonesia, Rumah Sakit OMNI, PT Ajinomoto, Japfa Foundation, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Niramas Utama dengan media Partner Linisehat.com, Yuk Kuliah, dan Kesmas.id.

HoRe Fun Walk 2019 dan Festival Kuliner

IMG_0674

Usahid Jakarta turut berperan aktif dalam kegiatan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), antara lain dalam rangka peringatan ulang tahun yang ke 50. Rangkaian acaranya salah satunya adalah, HoRe Fun Walk 2019 dan Festival Kuliner yang diselenggarakan pada hari minggu, 10 Februari 2019 di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, berbarengan dengan Car Free Day di jalan Sudirman – Thamrin. Sebanyak 2300 peserta dan 20 stand berpartisipasi pada kesempatan itu. HoRe Festival Kuliner diisi oleh sejumlah stand makanan tradisional hingga barat yang disiapkan oleh para pelaku sektor perhotelan dan restoran Indonesia.

Turut Hadir Ketua PHRI, Dr. Ir. Hariyadi B Sukamdani, MM didampingi Wakil Ketua Pembina Yayasan Sahid Jaya yang juga Anggota Komisi X DPR-RI, Dra. SB Wiryanti Sukamdani, CHA, dan Rektor Universitas Sahid Jakarta Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS, serta segenap pimpinan Universitas Sahid Jakarta.

Segenap Civitas Akademika Usahid Jakarta mengucapkan;”Selamat dan Salam Sukses Selalu untuk PHRI”.

LKMM Usahid Jakarta 2019

51321726_2279193722114020_7840076938986127360_o

Kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Pengembangan Karakter dan Alumni (KPKA), Universitas Sahid Jakarta dengan Tema “Pemimpin Unggul dalam Tantangan Millennial” pada hari Rabu, 23 Januari 2019 di Bumi Perkemahan Cibubur.

Kegiatan ini merupakan salah satu komitmen Universitas Sahid Jakarta dalam meningkatkan kemampuan ketua BEM, HMP, dan UKM dalam up to date millennials challenges, pembentukan karakter pemimpin yang unggul, dan knowledge management dalam bidang organisasi sehingga mahasiswa siap dan mampu dalam menghadapi perkembangan teknologi dan Revolusi Industri 4.0 sehingga memiliki daya saing yang unggul.