FGD Strategi Pengembangan Potensi Wisata Terintegrasi dan Berkelanjutan di Kawasan Wisata Tanjung Kelayang oleh Usahid di Tanjung Binga, Belitung.

WhatsApp Image 2019-06-14 at 19.32.39

Wakil Bupati Belitung hadiri Focus Group Discussion dalam Strategi Pengembangan Potensi Wisata Terintegrasi dan Berkelanjutan di Kawasan Wisata Tanjung Kelayang yang di laksanakan oleh Universitas Sahid Jakarta di Hotel Swiss Belresort, Tanjung Binga, Belitung. Kamis, 13 Juni 2019.

Acara ini juga dihadiri oleh Dr. Ninin Gusdini, selaku ketua peneliti dan Dekan Fakultas Teknik serta  Bernard Hasibuan, Ph.D selaku Wakil Rektor III Usahid  Jakarta, Dr. Ir. Sihono Dwi Waluyo selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, juga Lisa Ratnasari, ST, M.Si, selaku Ketua Program Studi Teknik Industri. Selain itu juga hadir Kepala Dinas Pariwisata Belitung, Hermanto, serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Edi Usdianto.

FGD dilakukan pihak Universitas Sahid Jakarta, yaitu untuk tahapan awal persiapan penelitian terkait dengan kepariwisataan yang berkelanjutan atau sustainable tourism. Selanjutnya Universitas Sahid Jakarta akan melakukan penelitian terhadap kesiapan Tanjung Kelayang sebagai kawasan wisata unggulan di Kabupaten Belitung.

Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie mengatakan Tanjung Kelayang terdiri atas dua faktor, yang pertama Tanjung Kelayang di lihat dari sisi pantai, dan yang kedua Tanjung Kelayang di lihat dari Kawasan Ekonomi Khusus atau sebuah clauster kepariwisataan yang lebih luas.

“Kedua hal itu merupakan konteks yang sangat berbeda, dan di Belitung tempat wisata bukan hanya Tanjung Kelayang, tentunya Tanjung Kelayang merupakan Icon atau stimulator yang mendatangkan turis-turis untuk hadir, dan menjadi pusat terpadu kepariwisataan” Jelasnya

Namun ia juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Belitung mengandalkan destinasi wisata Belitung lainnya yang sudah eksis seperti Geo Side yang akan mendukung Unesco Global Geopark yang akan datang.

Halal Bi Halal Sivitas Akademika Usahid Jakarta

IMG_1693

Halal Bi Halal Sivitas Akademika Usahid Jakarta, berlangsung di lobby kampus Usahid Jakarta, 11 Juni 2019. Sebelum acara Halal Bi Halal, ada kegiatan rutin Fun & Brifing, yang diiikuti oleh segenap sivitas akademika Usahid Jakarta.

Acara Halal Bi Halal diawali pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan terjemahannya, dilanjutkan dengan sambutan Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS. Berikutnya ada ceramah Idul Fitri 1440 H, disampaikan oleh, Dr. Jamalullail, SIP, MM, dengan tema;”Silaturahim Menumbuhkan Kebersamaan menuju USAHID yang Lebih Baik”.

Sebelum ditutup dengan acara hiburan, ramah tamah dan makan siang bersama, pada kesempatan itu juga ada saling bersalaman antara segenap sivitas akademika Usahid Jakarta.

Buka Puasa Bersama Usahid Jakarta

 

IMG_1134

“Jadikan Aktifitas Kita di Usahid sebagai Bekal Keberkahan Hidup dan Kesuksesan Akherat Kita”, demikian tema pada acara Buka Puasa Bersama  Usahid Jakarta, yang disampaikan oleh Ir. H. Farhat Umar, M.Si (Dosen Fak.Teknik Usahid Jakarta).

Acara berlangsung di aula lt. 8 kampus Usahid Jakarta, 21 Mei 2019 ini, dihadiri segenap sivitas akademika Usahid Jakarta, juga Direktur Eksekutif Yayasan Sahid Jaya, Prof. Dr. Ir. Kohar Sulistyadi, MSIE beserta para undangan lainnya.

Rangkaian acara diawali pembacaan ayat suci Al-Qur’an beserta terjemahannya yang disampaikan oleh mahasiswa Usahid Jakarta, dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS. Sambutan juga disampaikan oleh Direktur Eksekutif Yayasan Sahid Jaya, Prof. Dr. Ir. Kohar Sulistyadi, MSIE mewakili Prof. Dr. Nugroho B. Sukamdani, MBA, BET. (Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya). Acara ditutup dengan doa bersama.

Pelatihan Response Surface Methodology (RSM)

IMG_0764

Pelatihan Response Surface Methodology (RSM), disampaikan oleh Dr Budi Nurtama, pada hari Rabu, 15 Mei 2019.  Pelatihan diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sahid Jakarta, diruang 710 kampus Usahid Jakarta.  Turut hadir dan memberikan arahan, Kepala  LPPM Usahid Jakarta,  Prof. Dr. Ir. Giyatmi Irianto, M.Si. Para peserta pada pelatihan ini, selain dari para dosen Usahid Jakarta juga dari luar Usahid Jakarta termasuk para peserta dari mahasiswa Usahid Jakarta.

Penandatanganan MoU Universitas Sahid Jakarta dengan Institut Pertanian Bogor (IPB)

IMG_0741

Penandatanganan MoU kerjasama Universitas Sahid Jakarta dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) di Kampus IPB Darmaga, Bogor, telah terselenggara tanggal 10 Mei 2019.

Penandatanganan kerjasama ini dihadiri oleh Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Arif Satria, Rektor Universitas Sahid Jakarta,  Prof. Dr. Ir Hardinsyah, MS, Direktur Pascasarjana Usahid Jakarta, Para Wakil Rektor, Para Kepala Lembaga, Para Dekan dan Direktur Humas dan Kerjasama.
Kerjasama ini meliputi bidang pelaksanaan dan pengembangan tridharma perguruan tinggi dan Pengembangan Prodi S2 dan S3 Ekologi Wisata kerjasama dengan IPB.
Pada kesempatan ini pula telah dilakukan penandatanganan MOU antara Universitas Sahid Jakarta dengan Universitas Djuanda Bogor dalam hal penguatan kapasitas kelembagaan dan TriDharma Perguruan Tinggi

Acara Puncak Dies Natalis ke-31 Usahid Jakarta

IMG_0106

Acara puncak Dies Natalis ke-31 Universitas Sahid Jakarta,  diselenggarakan pada hari Jumat, 3 Mei 2019 di lobby dan aula lt. 8 kampus Usahid Jakarta.
.
Rangkaian acara  dimulai pukul 08.00 dengan kegiatan;  Pengabdian Masyarakat, yang meliputi Penyuluhan Kesehatan oleh RSUD Tebet, Pelatihan Pengelolaan Keuangan oleh,  Sumarsono, SE, MM (Dosen FEB Usahid Jakarta) dan penyuluhan dengan tema;”Hidup sehat bersama Yakult”,  disampaikan oleh PR science Yakult Persada, yang dilanjutkan dengan Pembagian sembako dan santunan bagi anak yatim.
.
Kegiatan berikutnya adalah dengan Tarhib Ramadhan dengan tema “Ramadhan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas ibadah untuk meraih predikat insan taqwa”, disampaikan oleh Ustadz: Prof. Dr. Ing Fahmi Amhar
.
Acara ini ditutup dengan kegiatan Employee Gathering Universitas Sahid Jakarta dengan tema “Semangat Meraih Keunggulan USAHID dengan Kebersamaan” sekaligus pemberian hadiah bagi mahasiswa berprestasi di fakultas yang ada. Hiburan, ramah-tamah dan pengundian doorprize jadi acara pamungkas.
.
Semoga Universitas Sahid Jakarta semakin maju dan terdepan sebagai “Tourism and Entrepreneurial University”
.

Seminar Nasional & Call for Paper dengan Tema : “Pengembangan Bisnis & Industri Kepariwisataan di Era Disrupsi”

IMG_9576

Dalam Rangka Dies Natalis ke-31, Universitas Sahid Jakarta dengan Sukses menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional & Call for Paper dengan Tema : “Pengembangan Bisnis & Industri Kepariwisataan di Era Disrupsi yang diselenggarakan di Auditorium Lantai 8, Universitas Sahid Jakarta pada tanggal 30 April 2019.
Kegiatan diawali dengan sambutan Rektor Universitas Sahid Jakarta,  Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS, yang dilanjutkan dengan laporan dari Wakil Ketua Dies Natalis ke-31  Usahid Jakarta, Dr. Sihono Dwi Waluyo, Ir. M.Si.
.
Rangkaian acara berikutnya adalah penandatangan MoU kerjasama antara Universitas Sahid Jakarta dengan Hotel Bidakara, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Detik.com. Keynote Speech diberikan oleh Staf ahli Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Kementrian Pariwisata,  Drs. Noviendi Makalam, MA dan dilanjutkan dengan Keynote Speech dari Ulugbek Rozukulov (Duta Besar Republik Uzbekistan).
.
Kegiatan dilanjutkan dengan sesi seminar yang dibagi menjadi 2 sesi yaitu :
Sesi 1 dimoderatori oleh Bapak Tanjung Prasetyo. SE., dengan pembicara :
1. Dr. Ir. H. Hariyadi Budi Santoso Sukamdani, MM (Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia – PHRI)
2. Afifuddin Suhaeli Kalla diwakili Jay Arya Putera Singgih  (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia – HIPMI Jaya – CEO Bumi Laut Group)
3. Adrian Wibisono,  staf khusus CSR PetroChina International Companies in Indonesia 4. Ir. Abdul Azis (Direktur Detikcom)
Dilanjutkan dengan sesi 2 yang dimoderatori oleh Ina Djamhur, A. Par., M.Sc. dengan pembicara, Astrid Maharani Prajogo (Pendiri Good Indonesian Food)
.
Selanjutnya dilakukan Parallel session dengan moderator oleh,  Dr. Ekayana Sangkasari. Seminar Nasional ditutup dengan Pemberian penghargaan kepada pemakalah terbaik

Pameran Indonesia Science Day 2019

WhatsApp Image 2019-04-29 at 10.10.47
Usahid Jakarta telah mengikuti Pameran Indonesia Science Day 2019   di Pusat Peraga IPTEK TMII yang diselenggarakan atas kerjasama LLDIKTI, Kemenristek dan PP IPTEK TMII, 25 – 28 April 2019. Acara dibuka oleh Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti.
Pameran IPTEK ini diikuti oleh sekitar 80 peserta yang terdiri dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta seluruh Indonesia dan Institusi atau Lembaga Ristek.
Pada pameran ini Universitas Sahid Jakarta menampilkan hasil karya mahasiswa Teknik Lingkungan ECOPAVINGS dari limbah Plastik Kresek, Pengolahan Limbah Minyak Jelantah sebagai Bahan Baku Pembuatan Sabun Transparan, Pemanfaatan Limbah Kaleng sebagai Koagulan untuk Proses Pengolahan Limbah Dimestik; sedangkan Teknik Industri menampilkan limbah Kardus menjadi benda Tepat Guna; dan Teknologi Pangan menampilkan Hasil Olahan Inovasi Pangan Sehat Susu Tempe, Kemangi Lemon, Bronis Tempe, Bronis Jagung dan Ilmu Gizi menampilkan Cakram Gizi Ceria Cek Status Gizi Remaja.
Acara ini ditutup oleh Dr. Syahrial Kepala PP IPTEK TMII dan berharap produk2 Inovatif tersebut dapat dipamerkan di PP IPTEK TMII sebagai bukti kemajuan Teknologi Indonesia.

Seminar Nasional “Bukti Terkini Diet dan Manfaat Puasa Implikasi Terhadap Pencegahan Obesitas dan Penyakit Tidak Menular”

WhatsApp Image 2019-04-27 at 21.40.36
Program Studi Gizi, Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan (FATEPAKES) Universitas Sahid Jakarta, dengan sukses menyelenggarakan acara Seminar Nasional dalam rangka Dies Natalis USAHID Ke-31 dengan Tema “Bukti Terkini Diet dan Manfaat Puasa : Implikasi Terhadap Pencegahan Obesitas  dan Penyakit Tidak Menular” pada hari Sabtu, 27 April 2019 di auditorium Lt 8, kampus  Universitas Sahid Jakarta
Kegiatan diawali dengan Penampilan tari betawi oleh mahasiswa dari Program Studi Gizi, dilanjutkan dengan laporan Ketua Mitra Pangan Gizi dan Kesehatan  Indonesia (MPGKI), Drs Benny Kodyat, MPA. Berikutnya ada  sambutan dari  Ketua Yayasan Pendidikan Sahid Jaya,  Prof. Dr. Nugroho B. Sukamdani, MBA, BET.
Pembukaan dan sambutan pengarahan dari Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kemenkes: dr  Kirana Pritasari, MQIH sekaligus sebagai keynote speaker pada acara seminar ini.
Sesi 1, selaku dimoderatori oleh Dr.  Ridwan, M. Thaha, MSc (Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat  Indonesia (IAKMI) dan Dosen FKM UNHAS).
Para pembicara ;  Ir. Doddy Izwardy, MA (Direktur Gizi Masyarakat),  Ust. Ir. H Farhat Umar, MSi (Universitas Sahid (USAHID) Jakarta),   Dr. Minarto, MPS (Ketua DPP PERSAGI),  dr. Lusiani SpPD-KKV (Dokter Spesialis Penyakit Dalam),  Prof. Dr. Hardinsyah MS (Guru Besar Ilmu Gizi FEMA IPB, Rektor USAHID Jakarta, dan Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia).
Sesi 2 selaku moderator yaitu;   Prof. Dr. Ir.  Umar Santoso, M.Sc (Ketua Umum PATPI dan Dosen UGM),   Para pembicara;  Prof.  Chia-Hua Kuo, PhD., FACSM (President Asian Nutrition Society for Sports & Health (ANSSH) University of Taipei, Taiwan),
dr Andi Kurniawan, Sp.KO (Indonesia Sports Medical Centre), Prof. Dr. Rindit Pambayun, MP  (Guru Besar Ilmu Pangan UNSRI dan Pendiri MPGKI),
Adhi S. Lukman  (Ketua Gabungan Asosiasi Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia – GAPMMI).
Pada kesempatan itu juga dilakukan pengenalan gentle yoga oleh Arijit Senmajumdar , Phd (Therapeutic Yoga, ERYT 500 hours).

Wisuda 42 Usahid Jakarta “Tantangan dan peluang pengawasan mutu dan keamanan pangan di era 4.0: Implikasi pada penguatan SDM”

IMG_8808

Wisuda 42 Usahid Jakarta  tema: Tantangan dan peluang pengawasan mutu dan keamanan pangan di era 4.0: Implikasi pada penguatan SDM”. diikuti oleh 260 wisudawan dan wisudawati terdiri atas Program Doktor 4 orang, Program Magister 14 orang, Program Sarjana   237 Orang  dan 5 Diploma Tiga. Wisuda 42 Usahid Jakarta bertempat  di Puri Agung Convention Hall Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, 25 April 2019.

Pandangan dan wawasan Wisuda ke 42 dengan tema, “Tantangan dan Peluang Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan di era 4.0: Implikasi pada Penguatan SDM”,  disampaikan  oleh Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia, Dr. Ir. Penny Kusumastuti Lukito, MCP. Sambutan juga disampaikan masing-masing oleh; Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (Dikti) Wilayah III,  Dr.Ir. Illah Sailah,MS, yang diwakili oleh Kepala Kelembagaan Sistem Informasi, Nor Santy, S.Kom, M.Kom,  Ketua Pembina Yayasan Sahid Jaya  Hj. Dra. SB. Wiryanti Sukamdani, CHA dan dari Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya, Prof. Dr. H. Nugroho B. Sukamdani, MBA, BET.

Pada acara  Wisuda 42 ini  juga dilakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Kerjasama/MOU antara Usahid Jakarta  dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan  (BPOM) Republik Indonesia, yaitu dalam hal Penelitian, Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Dalam Bidang Pendidikan,  Penyiapan SDM Lulusan Berkualitas, Pendidikan Formal, Pelatihan Meningkatkan Kompetensi.  Bidang Penelitian, Penelitian dan kajian ilmiah,  Pengembangan standar dan regulasi/ kebijakan,  Pengembangan inovasi baru teknologi pangan. Bidang Pengabdian kepada masyarakat, Edukasi Masyarakat, Pendampingan pelaku usaha masyarakat desa.

Turut hadir pada acara Wisuda 42 Usahid Jakarta, Pendiri Yayasan  Sahid Jaya, Hj. Juliah Sukamdani  dan Exacty Sukamdani Sryantoro (Yayasan Sahid Jaya), Direktur Eksekutif Yayasan Sahid Jaya, Prof.Dr.Ir. Kohar Sulistyadi, MSIE,  Ketua Ikatan Alumni Universitas Sahid Jakarta beserta para undangan lainnya.

Rektor Usahid Jakarta, dalam sambutannya antara lain menyampaikan bahwa Wisuda ke 42 dengan tema, “Tantangan dan Peluang Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan di era 4.0: Implikasi pada Penguatan SDM”   yang disampaikan  oleh Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia, Dr. Ir. Penny Kusumastuti Lukito, MCP,  akan menjadi  penyemangat dan memperluas wawasan kita semua, serta penguatan Universitas Sahid Jakarta   dalam meningkatkan kualitas lulusan ditengah kemajuan teknologi dan persaingan dunia kerja di era Revolusi Industri 4.0, khususnya untuk penguatan dalam bidang SDM di Negara yang kita cintai.

 

 

Dra. SB. Wiryanti  Sukamdani, CHA, selaku Ketua  Pembina  Yayasan  Kesejahteraan  Pendidikan  dan  Sosial Sahid  Jaya, antara lain menyampaikan bahwa Tantangan yang dihadapi perguruan tinggi di Indonesia khususnya Universitas Sahid adalah bagaimana mempersiapkan dan memetakan angkatan kerja dari lulusannya dalam menghadapi revolusi industri 4.0.  Kurikulum dan metode pendidikan harus disesuaikan dengan perubahan iklim bisnis, industri yang semakin kompetitif dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan sains.  Namun demikian  filosofi kehidupan yang ke-Indonesiaan harus tetap ditanamkan untuk membentengi dampak dari revolusi ini terhadap pola sikap dan perilaku yang buruk.  Bapak Sukamdani (alm) sebagai Pendiri YSJ telah banyak menanamkan filosofi kehidupan diantaranya filosofi kebersamaan dan kekeluargaan sebagai dasar  hubungan kerja; filosofi Tri Watak Budi Luhur (taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berbakti kepada orang tua dan cinta keluarga dan profesi) sebagai dasar kehidupan;  filosofi Tri Pakarti Utama  (Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani) sebagai dasar kepemimpinan; filosofi Ilmu – Amal Soleh sebagai dasar pendidikan yang bercirikan kepariwisataan dan kewirausahaan dalam pembangunan; serta filosofi Tri Dharma sebagai dasar pengabdian (rumongso melu handarbeni, wajib melu hangrungkebi, mulat sariro hangroso wani; artinya merasa ikut memiliki, wajib turut memelihara, berani mengoreksi dan mawas diri), yang semuanya relevan untuk terus dijadikan landasan pola tindak dan sikap untuk menghadapi tantangan ini.

Pada acara Wisuda 42 Usahid Jakarta, Wisudawan/ Wisudawati yang meraih IPK tertinggi di Program Studi untuk Program Doktor, Program Magister,  Program Sarjana, yaitu : Program Pascasarjana,  Program Studi Doktor Ilmu Komunikasi,   Dr. Frengki Napitupulu, M.Si dengan IPK. 3.91. Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Ayu Lestari, M.IK.  dengan IPK. 3.90.  Program Sarjana,  Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Program Studi Manajemen,   Tiara Luthfiana,SM. dengan  IPK  3.98. Fakultas Ilmu Komunikasi: Program Studi Ilmu Komunikasi, Dewi Ayu Wulandari,S.IK  dengan IPK 3,91. Fakultas Teknik: Program Studi Teknik Lingkungan,  Sekar Putri Pertiwi,ST. dengan IPK 3,87. Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan, Program Studi Teknologi Pangan,  Nirmala Hanarisetya, S.TP. dengan IPK 3.78. Fakultas Hukum,  Program Studi Ilmu Hukum,  Tri Widia Astuti Pinano, SH.   dengan IPK 3.83.

Peraih Sahid University Award  Wisuda 42 Usahid Jakarta sebagai lulusan terbaik dari yang terbaik (the best of the best) dengan kriteria lulus tetap waktu, indeks Prestasi tertinggi dan aktif dalam organisasi kemahasiswaan yaitu atas nama,  Tiara Kuthfiana,SM, dengan IPK 3,98.  

Usahid Jakarta juga memberikan penghargaan kepada para mahasiswa dan dosen berprestasi serta juga bagi Program Studi terbaik.