Diskusi Pariwisata “Peluang dan Tantangan Pariwisata Indonesia”

IMG_2394

Diskusi Pariwisata dengan tema; “Peluang dan Tantangan Pariwisata Indonesia”, diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Peminatan Pariwisata dan HMP Perhotelan Fakultas Ekonomi Usahid Jakarta  bekerja sama dengan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Provinsi DKI Jakarta.   Acara berlangsung di aula lt. 8 kampus Usahid Jakarta,  17 April 2018  dibagi  dalam dua session.

Sesi pertama dipandu oleh  Ulfa (Mahasiswa FE Usahid Jakarta),    selaku nara sumber adalah; Muh. Noer Sadono (Staff Khusus KEMENPAR Bidang Komunikasi, Rus Suharto (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta) dan Tanjung Prasetyo (Dosen Fak. Ekonomi  Usahid Jakarta).

 

IMG_2516Sesi kedua dipandu oleh, Yaser Arafat (Koordinator Pemasaran Direktorat PMB Usahid Jakarta), selaku naras umber adalah;    Bratta Manggala P Kartasasmita (Putera Pariwisata Indonesia / Mister Tourism Indonesia 2017), Andi Supardi (Pelatih Tari dan Musik Sanggar Seni Betawi Setu Babakan) dan Nyoman Iswara (General Manager Fave Hotel Jakarta – alumni FE Usahid Jakarta).

Turut hadir dan memberikan sambutan adalah; Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS dan Dra, Ester Damanik, M.Psi, MPd.Kons (Ketua Musyawarah Guru Bimbingan Konseling – MGBK)  Provinsi DKI Jakarta.

Sekadar info, sebagai peserta dari Diskusi Pariwisata “Peluang dan Tantangan Pariwisata Indonesia”  adalah para guru Bimbingan Konseling dari SMU-SMK yang ada di Jabodetabek, juga para undangan lainnya.

Pembekalan Wisudawan Usahid Jakarta

IMG_3192Pembekalan Wisudawan Usahid Jakarta, berlangsung diaula lt. 8 kampus Usahid Jakarta, 19 April 2018. Selaku penyelenggara dalam event rutin jelang Wisuda ini adalah Direktorat Kemahasiswaan, Pengembangan Karakter dan Alumni (KPKA) Usahid Jakarta. 

Pembekalan oleh alumni sukses Usahid Jakarta, yaitu :
Robby P. Tambunan (VP Human Capital & Services PT Dos Ni Roha).
Rina Putri Wardhani (Petrochina International Companies in Indonesia).
Ari Ardian (Executive Director PT Estetika Tata Tiara, President Commisioner PT Tiga Ajwa Wisata, President Director PT Tiga Jawa Bersama).

Tanjung Prasetyo, SE, MS, (alumni FE dan Dosen FE Usahid Jakarta), bertindak sebagai moderator. Acara yang dihadiri juga oleh Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS, ini antara lain diiisi dengan sosialisasi dari panitia acara Temu Alumni Usahid Jakarta.

IMG_3305

IMG_3274

Pelantikan Pengurus Ormawa Usahid Jakarta 2018 – 2019

IMG_1891

Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS melantik Pengurus Organisasi Kemahasiswaan di lingkungan Usahid Jakarta periode 2018 – 2019 di aula lt. 8 kampus Usahid Jakarta, 12 April 2018. Para pengurus inti  yang dilantik adalah dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas, Himpunan Mahasiswa Peminatan (HMP), yaitu dari HMP Pariwisata, HMP Perhotelan, HMP Akuntansi, HMP Jurnalistik, HMP  Komunikasi Pemasaran, HMP Humas, HMP D3 Humas, HMP Teknik Industri, HMP Teknik Lingkungan, HMP Teknologi Pangan, HMP Ilmu Hukum.

Selain itu juga pengurus inti dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), yaitu; UKM Karate, UKM Taekwondo, UKM Pencak Silat, UKM DuaMata, UKM Teater 8, UKM Paduan Suara, UKM UMUS, UKM Matasitas, UKM Korps Suka Rela, UKM Basket, UKM Sepakbola, UKM Rohani Islam, UKM KMK, UKM Kerohanian Kristen.

Pada kesempatan itu, Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS juga melantik pengurus inti Senat Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi, Senat Mahasiswa Fakultas Hukum dan Senat Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian dan Kesehatan.

Rangkaian acara selanjutnya adalah  arahan dari Rektor Usahid Jakarta, setelah sebelumnya ada pembacaan ikrar Pengurus Ormawa  oleh  Bintang Anggoro (Ketua BEM FTIP) yang diikuti oleh seluruh Pengurus Ormawa.

Turut hadir pada kesempatan itu adalah, Wakil Rektor I Usahid Jakarta,  Bernard Hasibuan, SPd, MMSI, PhD, didampingi Koordinator Kemahasiswaan Direktorat KPKA Usahid Jakarta, Yandi Andiyana, S.Si, M.Si beserta para pembina organisasi kemahasiswaan dilingkungan Usahid Jakarta.

USAHID JAKARTA INTERNATIONAL SEMINAR ; “Digital and Disruption Era in Tourism and Business: Cases of Sharing Economy”

IMG_1670

Usahid Jakarta  kembali mengadakan, International   Seminar: “Digital and Disruption Era in Tourism and Business: Cases of Sharing Economy”,  12 April 2018 di aula lt. 8 kampus Usahid Jakarta. Acara  International Seminar dibuka secara resmi oleh Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS.

Selaku pembicara pada International Seminar ini adalah; Dr. Jeroen Oskam (Director of The Research Center at Hotelschool the Haguee Netherlands), Dr. Andrlew Lim (Professor of Technopreneurship and Innovation in Hospitality at HTH. Hospitality Business School Netherlands, Dr.Ir.H. Haryadi B. Sukamdani,MM (Chairman of PHRI  – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) dan John Safenson (Country Manager of Traveloka Indonesia).

IMG_1715Turut hadir pada International Seminar yang diselenggarakan oleh, Himpunan Mahasiswa Pariwisata – Himaspar FE Usahid Jakarta dan Himpunan Mahasiswa Perhotelan – Himastel FE Usahid Jakarta ini adalah; Direktur Eksekutif Yayasan Sahid Jaya, Prof. Dr. Ir. Kohar Sulistyadi, MSIE beserta para undangan lainnya. Selaku moderator pada International Seminar ini adalah, Ismayanti Istanto, A.Par, M.Sc (Dosen Tetap Fak. Ekonomi Usahid Jakarta).

 

 

UNIVERSITAS SAHID JAKARTA MENGANGKAT SINERGI EKONOMI KREATIF DAN KEPARIWISATAAN DI ERA DIGITAL DALAM SEMINAR NASIONAL

IMG_0522

Universitas Sahid Jakarta yang memiliki Pola Ilmiah Pokok Kepariwisataan dan Kewirausahaan, dalam rangka Dies Natalis ke-30 tahun 2018, pada hari Selasa, 3 April 2018 di Auditorium Lantai 8 Kampus Universitas Sahid Jakarta Supomo 84 menyelenggarakan acara Seminar Nasional : Sinergi Ekonomi Kreatif dan Kepariwisataan di Era Digital. Latar belakang pengambilan tema tersebut bahwa ekonomi kreatif dan kepariwisataan merupakan dua bidang basah yang mendukung kesuksesan Indonesia dalam menghadapi MEA. Sinergi kedua bidang tersebut di Indonesia diharapkan mampu meningkatkan perekonomian Indonesia. Dalam menghadapi MEA diperlukan peran masyarakat, lembaga pendidikan, penggiat ekonomi, dan pemerintah untuk mendorong terciptanya bidang ekonomi kreatif dan kepariwisataan yang inovatif, terlebih pada era digital perkembangan informasi menjadi lebih cepat dan mudah, hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi namun juga melahirkan resiko baru terhadap kejahatan siber. Melihat banyaknya tantangan ke depan terkait dua bidang tersebut dalam menumbuhkan daya saing ekonomi Indonesia.

IMG_0467

Tujuan Seminar Nasional ini untuk memaparkan dan membahas berbagai tantangan seputar masalah ekonomi kreatif dan kepariwisataan di era digital yang diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pemerintahan beserta jajarannya tentang peran penting ekonomi kreatif dan kepariwisataan yang terintegrasi. Sedangkan sasaran yang ingin dicapai dengan diselenggarakannya Seminar Nasional  ‘Sinergi Ekonomi Kreatif dan Kepariwisataan di Era Digital’ diharapkan mampu menjadi wadah bagi para mahasiswa, akademisi, peneliti, praktisi, dan pemerintah dalam berdiskusi, berbagi informasi, dan bertukar pikiran mengenai isu terbaru di bidang ekonomi kreatif dan kepariwisataan di Indonesia.

IMG_0499

Sebagai Keynote Speech pada acara ini adalah Menteri Pariwisata Dr.Ir.Arif Yahya, M.Sc, yang diwakili oleh Bapak Samsriyono Nugroho (Staf Khusus Meneteri Pariwisata Bidang Teknologi Informasi), Badan Ekonomi Kreatif Muhammad Fauzi (Kepala Sub Direktorat Advokasi HKI), Dr Ir Hariyadi Sukamdani, MM (PHRI), Alfonsus Aditya (Triponyu), Bahan Buasan, ST,MSM, MSc (Pelaku Usaha), Tissa Aunilla (Pipiltin Cocoa).

Pada acara Seminar Nasional ini juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman/Kesepakatan Kerjasama antara Universitas Sahid Jakarta (USAHID) dengan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia Propinsi Bangka Belitung yang diwakili oleh Djohan Riduan Hasan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Propinsi Bangka Belitung; USAHID dengan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) diwakili oleh ketua BPKN Ardiansyah Parman; USAHID dengan Program Diploma IPB diwakili oleh Direktur Program Diploma IPB Dr Ir Bagus Priyo Purwanto, MAgr; USAHID dengan Musyawarah guru Bimbingan Konseling DKI Jakarta diwakili oleh Dra Ester Damanik, M Psi, MPd Kons; LPPM USAHID dnegan LPPM UNILA diwakili oleh Warsono, Ph.D Kepala LPPM UNILA; Fakultas Teknik USAHID dengan Direktur Utama SYSLAB Integrated Laboratory Services Oges Susetio, ST yang juga merupakan Alumni Fakultas Teknik USAHID Jakarta; Dekan Fakultas Teknologi Industri Pertanian USAHID dengan Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan Prof Hari Eko Irianto Kepala BBRPPB Kementerian Kelautan dan Perikanan RI; Dekan Fakultas Ekonomi USAHID dengan PT dos ni roha oleh Robby Partogi Tambunan, SE, VP of Human Capital and Services, yang juga merupakan Alumni Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi USAHID.

IMG_0406

Dalam acara ini juga dilaksanakan Launching Pembukaan Program Studi Gizi Fakultas Teknologi Industri Pertanian yang telah disetujui Ijin Operasionalnya oleh Kemenristekdikti berdasarkan SK Kemenristekdikti Nomor 134/kpt/I/2018. Selain itu juga dilaksanakan Pelantikan Pengurus PERGIZI Pangan DKI Jakarta oleh Ketua Umum PERGIZI Pangan Prof.Dr.Ir. Hardinsyah, MS.

Family Gathering Usahid Jakarta

 

IMG_2720Family Gathering Usahid Jakarta, “Bangkit Bersama, Menuju Usahid Gemilang”, berlangsung di kampus Usahid Jakarta, 25 Maret 2018. Merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka memperingati Dies Natalis Usahid Jakarta ke 30. Acara yang dihadiri segenap civitas akademika Usahid Jakarta ini, diisi dengan pemotongan tumpeng, pelepasan balon dan aneka lomba serta undian door price. Selain itu juga ada peresmian gedung baru renovasi tahap pertama, yaitu di lantai 3 kampus Usahid Jakarta oleh Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS didampingi para Wakil Rektor dan pejabat struktural Usahid Jakarta.

Dikesempatan itu juga, Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS, menyerahkan piala dan sertifikat serta hadiah uang kepada para pemenang lomba bagi siswa SMA/SMK Se-Jabodetabek, yaitu; Lomba Basket 3 on 3; Lomba Film Pendek dan Lomba Fotografi. Usahid Jakarta juga memberikan penghargaan “People of The Year” bagi dosen dan tenaga kependidikan dilingkungan Usahid Jakarta.

Workshop “Start Up Entrepreneur”

IMG_2549

Workshop “Start Up Entrepreneur, Transformasi Entrepreneur di Era Digital” diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi, 23 Maret 2018 di aula lt. 8 kampus Usahid Jakarta. Selaku pembicara adalah; Aditya Pratomo, Co-Founder Homade. Dosen Tetap Fikom Usahid Jakarta, Merry Safarwaty, S.Sos, M.Si, menjadi moderator pada kesempatan itu.

Workshop diawali sambutan dari Dekan Fikom Usahid Jakarta, Dr. Manik Sunuantari, M.Si, yang dirangkaikan dengan sambutan dari Rektor UsahidJakarta, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS, sekaligus membuka acara ini.

Sekadar info, Homade, akan mewakili Indonesia pada ajang tingkat global di Portugal nanti, setelah berhasil terpilih sebagai juara Kompetisi startup Get In The Ring (GITR) 2018 yang diadakan di Jakarta Februari lalu. Mereka akan memperebutkan hadiah investasi senilai EUR 1 juta (sekitar Rp 15,3 miliar).

Sebelumnya telah terseleksi 8 peserta di event GITR 2018 ini, yakni Garbage Clinical Insurance, Eragano, Homade, Plato, Kendal Agro Asri, PrivatQ, Provesty dan Rumah Porto. Delapan startup yang maju dibabak ini, dituntut untuk menampilkan performa terbaiknya di depan dewan juri yang terdiri: Aryo Ariotedjo (Managing Partner GRUPARA Ventures), Didi Diarsa (Ketua bidang hubungan antar lembaga, Coworking Indonesia), Syaifullah (Direktur Akses Permodalan non Perbankan Bekraf) serta Kentaro Hashimoto (Programme manager, GnB accelerator). Akhirnya, tersisa tiga besar yakni Homade, Garbage Clinical Insurance dan Rumah Porto.

Kompetisi GITR 2018 memiliki konsep mempertemukan dua startup bertarung “di atas ring” di lima ronde berbeda untuk meyakinkan investor bahwa startup mereka memiliki potensi kembali diperlihatkan.

Kuliah Tamu Bersama Alumni Fak. Ekonomi Usahid Jakarta

IMG_3104

Kuliah Tamu Fakultas Ekonomi Usahid Jakarta, kali ini mengundang, Robby Tambunan, SE. Kuliah Tamu dipandu oleh, Susy Bhudiharty, SPd, MM (Kepala Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi  Usahid Jakarta),  berlangsung di aula lt. 8 kampus Usahid Jakarta, 26 Maret 2018.

Robby Tambunan, SE, HHRMA (VP of Human Capital & Service PT Dos NI Roha dan sebagai anggota Hotel Human Resources Manager Association – HHRMA),  merupakan salah satu alumni dari Fakultas Ekonomi Usahid Jakarta angkatan 1988. Materi yang disampaikan adalah; Human Capital – Future Competency of Profesional”. Sebelumnya diawal acara ada sambutan dan pembukaan oleh Wakil Dekan FE Usahid Jakarta, Titin Astuti, SE, M.Si, mewakili Dekan FE Usahid Jakarta, Dr. Ir. Sihono Dwi Waluyo, M.Si. 

Workshop Kerjasama APTISI Wilayah III dan Usahid Jakarta

IMG_2287

Workshop Penyusunan Proposal Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, terselenggara atas kerjasama APTISI Wilayah III dan Usahid Jakarta, 20 – 21 Maret 2018 di aula lt. 8 kampus Usahid Jakarta. 3 Nara Sumber dihadirkan dalam Workshop kali ini, yaitu; Prof. Dr. Ir. Didik Sulistiyanto, membahas mengenai; Trik dan Strategi Memenangkan Hibah Kemenristek DIKTI  2018/2019.

Selanjutnya di hari kedua, dengan Nara Sumber yaitu; Dr. R. Wisnu Nurcahyo, DVM, membahas mengenai; Penyusunan Proposal Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat dan Prof. Ocky Karna Radjasa, M.Sc, Ph.D, membahas mengenai; Kebijakan Riset dan Pengabdian Masyarakat. Acara diawali sambutan dari Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat , Prof. Dr. Ir. Giyatmi Irianto, M.Si, sekaligus mewakili pengurus Assosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia. Turut hadir dan memberikan sambutan, Putut Pujogiri, SH (Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah III DKI Jakarta).

Workshop; “Peran Strategis Arsitektur Lanskap Dalam Pembangunan Sektor Pariwisata Nasional”

IMG_1256

Workshop; “Peran Strategis Arsitektur Lanskap Dalam Pembangunan Sektor Pariwisata Nasional”, telah berlangsung di aula lt. 8 kampus Usahid Jakarta, 5 Maret 2018. Workshop digagas dalam rangka untuk pembukaan program studi baru di Fakultas Teknik Usahid Jakarta, diawali sambutan dari Wakil Rektor I Usahid Jakarta, Dr. Ir. Iman Basriman, M.Si.

Sambutan berikutnya dari Dekan Fakultas Teknik Usahid Jakarta, Dr. Ninin Gusdini, M.Si Selanjutnya acara Workshop diisi dengan materi dari para nara sumber, yaitu; Dr. Ir. Bambang Sulistyantara, M.Agr (Ketua Asosiasi Pendidikan ARL), Dr. Ir. Afra DN Makelaw, M.Sc (Kepala Departemen ARL IPB), Dr. Ir. Siti Nurisjah, MSLA (Ketua umum Ikatan Profesi Arsitek lanskap), yang diirangkaikan dengan sesi diskusi.