Focus Group Discussion bagi para Pejabat Struktural Usahid Jakarta

FGD_PEJABAT_2017 Focus Group Discussion bagi para Pejabat Struktural Usahid Jakarta, telah berlangsung di aula lt. 8 kampus Usahid Jakarta 20 September 2017. Acara FGD diawali sambutan Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Kohar Sulistyadi, MSIE dan dari Dr. Nafiah Ariyani, SE, M.Si (Wakil Rektor II Usahid Jakarta) selaku pengagas acara FGD ini.
Ada 7 isue yang dibahas di FGD dengan tema;”Menemukan Kembali Daya Saing Usahid Jakarta” ini dengan para Host Table didampingi Sekretaris, dimana masing-masing Host Table menyampaikan tema untuk didiskusikan dan membuat persetujuan tentang ide-ide yang akan menjadi kesimpulan.
Selanjutnya para Host Table dan Sekretaris merangkum hasil diskusi dan menyampaikan hasil diskusi pada saat pleno.
Sekadar info, disetiap putaran FGD ini juga ada perspektif singkat yang disampaikan oleh para Wakil Rektor Usahid Jakarta. Sebelumnya juga telah dilaksanakan FGD dengan peserta para karyawan non akademik Usahid Jakarta.

OSMARU (Orientasi Mahasiswa Baru) Usahid Jakarta Tahun Akademik 2017/2018

OSMARU 2017 OSMARU 2017 Usahid Jakarta berlangsung mulai tanggal 12 – 15 September 2017 di kampus Usahid Jakarta, dengan tema; “Menjadi Insan yg Cerdas, Unggul dan Berkarakter”. Acara OSMARU 2017 dibuka secara resmi ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya, didampingi Rektor Usahid Jakarta dan para Wakil Rektor Usahid Jakarta, yaitu WR III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Pemasaran, Bernard Hasibuan, SPd, MMSi, Ph.D; WR I Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Dr. Ir. Iman Basriman, M.Si dan WR II Bidang Administrasi Umum, Keuangan dan Sumber Daya, Dr. Nafiah Ariyani, SE, M.Si. Sebelumnya ada sambutan dari Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Kohar Sulistyadi, MSIE, dan juga dari Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya, Dr. H. Nugroho B. Sukamdani, MBA, BET.
Rangkaian acara selanjutnya adalah pemakaian jaket almamater kepada perwakilan mahasiswa baru masing-masing Fakultas oleh Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya didampingi Rektor Usahid Jakarta lalu ada penyerahan daftar nama mahasiswa baru tiap fakultas oleh Rektor Usahid Jakarta kepada masing-masing Dekan Fakultas.

Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya didampingi Rektor Usahid Jakarta juga secara simbolis memberikan beasiswa kepada perwakilan mahasiswa Tahun Akademik 2017/2018 dari Dirjen Pendidikan Tinggi : Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Beasiswa Bidikmisi.
Setelah pemaparan dari Rektorat, yang disampaikan oleh para Wakil Rektor Usahid Jakarta, berikutnya ada Kuliah Umum Wawasan Kebangsaan yang disampaikan oleh Dr. Edison (Dosen Tetap SPS Usahid Jakarta).
Hari kedua, diisi dengan penyampaian PIP Usahid Jakarta yaitu “Kepariwisataan dan Kewirausahaan” dan pemaparan dari masing-masing Fakultas oleh Dekan dan pejabat struktural masing-masing Fakutas serta dari Program Studi dan pengurus BEM juga Himpunan Mahasiswa Jurusan.
Hari ketiga diisi dengan acara pengenalan organisasi kemahasiswaan dan Talk Show bersama para alumni masing-masing Fakultas serta persiapan untuk acara penutup pada hari Jumat yaitu Pentas Seni dan pengumuman pemenang lomba-lomba.
Segenap Civitas Akademik Usahid Jakarta mengucapkan;”Selamat Datang Kepada Mahasiswa Baru Usahid Jakarta Tahun Akademik 2017/2018, Salam Sukses Selalu untuk Kita Semua.

Kuliah Umum Kewirausahaan

Kuliah umum kwh 2017 Kuliah Umum Kewirausahaan bagi para mahasiswa baru Usahid Jakarta Tahun Akademik 2017/2018, telah berlangsung diaula lt. 8 kampus Usahid Jakarta, 19 September 2017. Materi disampaikan oleh; Dr. Ir. Abdul Basith, M.Sc, dengan tema; “Membangun Motivasi Generasi Penerus Dalam Entrepreneur”. Selaku moderator, Yandi Andiyana, SSI, M.Si (Dosen Tetap FTIP Usahid Jakarta).
Turut hadir dan memberikan pengantar adalah, Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Kohar Sulistyadi, MSIE, didampingi Wakil Rektor I Usahid Jakarta, Dr. Ir. Iman Basriman, M.Si.

Focus Group Discussion “Employee Engagement”

FGD_2017 Focus Group Discussion dengan tema; “Employee Engagement”, dilaksanakan diaula lt. 8 kampus Usahid Jakarta, 6 September 2017. FGD yang diawali arahan dari Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Kohar Sulistyadi, MSIE, diikuti karyawan non edukatif Usahid Jakarta.
Turut hadir dan memberikan arahan selaku inisitor FGD ini adalah, Wakil Rektor II Usahid Jakarta, Dr. Nafiah Ariyani, SE, M.Si, didampingi Wakil Rektor I Usahid Jakarta, Dr. Ir. Iman Basriman, M.Si dan Wakil Rektor III Usahid Jakarta, Bernard Hasibuan, SPD, MM.Si, Ph.D.

Pelatihan Penerbitan Jurnal Elektronik LPPM Usahid Jakarta

Pelatihan OJS

Pelatihan Penerbitan Jurnal Elektronik, diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Usahid Jakarta, tgl. 8 – 10 Agustus 2017 di Sahid Sudirman Residence, lt. 5 Jakarta Pusat. Para peserta antara lain dari perwakilan beberapa kampus di Jabodetabek dan lainnya. Nara Sumber pada Pelatihan Penerbitan Jurnal Elektronik ini adalah dari Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).
Turut hadir dan memberikan arahan pada pembukaan Pelatihan yaitu, Kepala LPPM Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Giyatmi Irianto, M.Si, dan pada hari ketiga sekaigus memberikan sertifikat kepada para peserta didampingi Kepala PDII LIPI, ada Ir. Sri Hartati, M.Si.
Materi-materi yang disampaikan pada hari pertama adalah : Kebijakan, Manajemen dan Strategi Pengelolaan Jurnal Ilmiah; Simulasi dan Penilaian Akreditasi Jurnal Elektronik (ARJUNA); Prosedur terindeks Google Scholar, ISID dan DOAI.
Hari kedua materinya adalah : Pengantar dan Instalasi E-Journal Menggunakan Open Journal System; Pembuatan Desain Tampilan; Manajemen Situs; Manajemen Jurnal. Hari ketiga materi yang disampaikan adalah : Manajemen Penerbitan : Penerbitan Naskah.

Penandatanganan Kerjasama antara LPPM Usahid Jakarta & PDII LIPI

MOU LPPM Usahid - PDII LIPI Penandatanganan Kerjasama antara Lembaga Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Usahid Jakarta dan Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), telah berlangsung tanggal 10 Agustus 2017 di Sahid Sudirman Residence, lt 5.
MOU terkait tentang pelatihan pengelolaan jurnal online terakreditasi ini, masing-masing ditandatangani oleh Kepala LPPM Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Giyatmi Irianto, M.Si, dan Kepala PDII LIPI, Ir. Sri Hartati, M.Si. Turut hadir pada kesempatan itu adalah, Kepala Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Usahid Jakarta, Kania Ratnasari, ST, M.IB dan Kepala Pusat PPM LPPM Usahid Jakarta, Dr. Julfi Restu Amelia, STP, M.Si serta Humas PDII LIPI, Minta Rachmawati dan Koordinator TU LPPM Usahid Jakarta, Gatot Rambi Hastoro, SH.

Visitasi Akreditasi Prodi Akuntansi FE Usahid Jakarta

Visitasi Akreditasi FE Visitasi Akreditasi Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Usahid Jakarta, dijadwalkan berlangsung tgl. 8 – 9 Agustus 2017 di kampus Usahid Jakarta. Diawali pertemuan Tim Assesor yaitu; Prof. Dr. Sustrisno, SE, Akt.M.Si (Univ. Brawijaya Malang) dan Sujoko Efferin, Drs. Ec, M.Com, Ph.D (Ubaya Malang). dengan Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Kohar Sulistyadi, MSIE didampingi para Wakil Rektor Usahid Jakarta, Dr. Ir. Iman Basriman, M.Si (WR 1), Dr. Nafiah Ariyani, SE.,M.Si (WR 2), Bernard Hasibuan, SPd, MMSi, Ph.D (WR 3) dan Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Ir. Sihono Dwi Waluyo, M.Si, beserta pejabat struktural FE serta undangan.
Rangkaian acara berlanjut dengan pertemuan dengan Dekanat dan Kepala Program Studi Akuntansi FE, para mahasiswa, alumni dan yang terkait lainnya dilingkungan Usahid Jakarta, diruang Rapat lt. 4 Fakultas Ekonomi Usahid Jakarta. Acara diakhiri dengan pertemuan di ruang Sidang lt. 3 dan ditutup dengan foto bersama.

Workshop Creative Thinking

Workshop Creative Workshop Pembelajaran Bagi Dosen Usahid Jakarta, kembali diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan Pengajaran Usahid Jakarta di ruang Sidang lt.3 kampus Usahid Jakarta, 2 Agustus 2017. Tema kali ini adalah; Creative Thinking, yang disampaikan oleh, Febrizal Rahmana, Dr, MM (Presdir PT. Tria Garda). Selaku moderator adalah, Tanjung Prasetyo, SE, MP.

Pelatihan Akuntansi MYOB Training of Trainer

Pelatihan Akuntansi MYOB Pelatihan Akuntansi MYOB Training of Trainer (TOT), telah berlangsung dari tgl. 31 Juli 2017 sampai 4 Agustus 2017, mulai jam 09.00 – 16.00 di Ruang Lab. Komputer lt.4 kampus Usahid Jakarta. Para peserta adalah staf pengajar di jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Usahid Jakarta dan termasuk Ka.Subdit Keuangan Direktorat Keuangan Usahid Jakarta. Selaku instruktur pelatihan adalah Doddy Rizqi Anggriawan.
Sebelumnya pada tgl 20 Juni 2017 bertempat di Universitas Sahid Jakarta telah dilaksanakan penandatanganan MoU antara PT. Net21Plus – MYOB Professional Partner dan MYOB Certified Trainer dengan Universitas Sahid Jakarta. MoU ditandatangani oleh Doddy Rizgi Anggriawan sebagai wakil dari PT. Net21Plus, sedangkan dari Universitas Sahid Jakarta ditandatangani oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Kohar Sulistyadi, MSIE selaku Rektor dan Bapak Marza Srina Saputra, SE., MM. Ak. CA. selaku Kepala Prodi Akuntansi.
MoU kerjasama dengan Universitas Sahid Jakarta ini adalah tindak lanjut dari keinginan sekolah untuk membekali mahasiswa-mahasiswi jurusan akuntansi dengan uji sertifikasi MYOB Basic Level dan Intermediate Level. Dengan adanya kerjasama ini, maka mahasiswa-mahasiswi akuntansi Universitas Sahid Jakarta siap menerima tantangan globalisasi dan diharapkan mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang komputerisasi akuntansi.

Seminar Pangan HIMATIP FTIP 2017

Seminar Seminar Pangan 2017 tema; “Peran Diet terhadap Kesehatan dan Kecantikan”. Selaku penyelenggara Seminar Pangan 2017 ini adalah Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan (HIMATIP) FTIP Usahid Jakarta. Acara bertempat di aula lt. 8 kampus Usahid Jakarta tgl. 22 Juli 2017.
Narasumber adalah; Dr. Ir. Trina Astuti, MPS (Ahli Gizi) Topik: “Peran diet terhadap kesehatan dan kecantikan secara umum dan issue/masalah yang sedang berkembang saat ini”. Nara sumber kedua adalah; Ir. Yunawati Gandasasmita, M.Sc (Head of Innovation and Development Centre Kalbe Nutritionals, PT. Sanghiang Perkasa) Topik: “Tantangan dan solusi bagi produsen dalam menciptakan produk pangan yang sehat serta membuat konsumen menjadi cantik”.
Peserta yang hadir: 83 peserta seminar yang terdiri dari 61 mahasiswa (Usahid Jakarta dan luar) dan 22 siswa SMA/SMK sederajat serta beberapa staf pengajar di Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Usahid Jakarta sebagai undangan.