Sertifikasi Profesi FIKOM Usahid Jakarta bekerjasama dengan LSP Inscinema

WhatsApp Image 2019-08-21 at 14.26.36

Fakultas Ilmu Komunikasi Usahid Jakarta, mulai merealisasikan kegiatan sertifikasi profesi bekerjasama dengan  LSP Inscinema dibawah naungan BNSP. Skema kegiatan dibagi menjadi 3 kategori : Fotografi Muda, Video Editing, dan Asisten Produser, yang diikuti oleh 134 peserta.  Para peserta terdiri dari dosen, mahasiswa Fikom Usahid Jakarta termasuk peserta dari luar kampus Usahid Jakarta.

Kegiatan dimulai dengan coaching 28 Juli 2019, selanjutnya dibuka dengan kelas online 6-12 Agustus 2019. Selanjutnya  13-14 Agustus 2019 ada  pertemuan tatap muka dengan para pakar. Sesi berikutnya 16 Agustus 2019  merupakan masa penugasan bagi peserta untuk kemudian direview oleh pakar.

Sebagai  tahap akhir,  19-20  Agustus merupakan ujian praktek untuk menentukan kompeten atau tidaknya peserta.

Studi Banding Pembelajaran Daring di Universitas Terbuka

IMG_5739

Studi Banding terkait pembelajaran Daring di Universitas Terbuka, dipimpin langsung oleh  Rektor Universitas Sahid Jakarta Prof. Dr. Ir. H. Kholil M.Kom serta para dosen juga termasuk Direktur SDI juga Direktur Humas dan PMB  Universitas Sahid Jakarta, terselenggara tanggal  20 Agustus 2019.
Kegiatan ini meliputi: kunjungan ke bagian Pusat Pengembangan Multimedia, Pusat Pengelolaan Bahan Ajar, dan Paparan Pembelajaran Daring dari Universitas Terbuka yang disampaikan oleh Dr. Liestyodono B. Irianto, M. Si. sebagai Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama.

Upacara peringatan HUT RI ke -74 di Usahid Jakarta

IMG_5635

 

Upacara peringatan HUT RI ke -74 di Universitas Sahid Jakarta dihadiri oleh segenap civitas Usahid Jakarta, termasuk para mahasiswa baru Usahid Jakarta 2019.  Bertindak selaku pembina upacara, Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom.

Pada kesempatan ini, juga dilakukan pemberian penghargaan kepada karyawan Usahid Jakarta dengan masa bakti 10, 20 dan 25 tahun, ditandai dengan pemberian Pin dan Sertifikat oleh Rektor Usahid Jakarta didampingi oleh para Wakil Rektor.

Rangkaian acara berikutnya, adalah ramah tamah sekaligus dan briefing bagi mahasiswa baru dari Direktorat KPKA dan Direktorat AA Usahid Jakarta. Selain itu, dilakukan juga pengecekan status gizi mahasiswa baru Universitas Sahid Jakarta dan konsultasi gizi oleh Holistic Nutrition and Wellness (HNW) Center dan Program Studi Gizi, FATEPAKES USAHID. .
.
Dirgahayu Kemerdekaan RI 74

“SDM Unggul, Indonesia Maju”

Asian Congress of Nutrition (ACN) 2019

WhatsApp Image 2019-08-15 at 09.33.02

Mahasiswa dan dosen dari  Program Studi Gizi,   juga dosen dari Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan Usahid Jakarta,  mengikuti Kegiatan Asian Congress of Nutrition (ACN) 2019 yang merupakan salah satu kongress internasional paling bergengsi di bidang gizi, pangan dan kesehatan.
Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 4-7 Agustus 2019, di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali .

Mahasiswa dari Program Studi Gizi  FATEPAKES Usahid Jakarta, pada kesempatan itu juga tampil di sesi Cultural Performance, yaitu antara lain; Tari Ondel Ondel dan Tari Genjreng Pati.

Round Table Discussion (RTD), PPSA XXII

IMG_3609

Round Table Discussion (RTD), PPSA XXII  berlangsung di  Gedung Dwiwarna Purwa, lt.1,  Lemhanas RI, 31 Juli 2019. Tema Round Table Discussion (RTD) ; “Sinergi dan Kolaborasi  n- Helix di era Revolusi Industri  4.0 untuk Kesejahteraan Bangsa”. Wakil Rektor III Usahid Jakarta, Drs. Bernard Hasibuan, MM.Si, Ph.D, menjadi salah satu penanggap utama dalam acara ini.

Ada 3 pembicara dan 3 penanggap utama dalam Round Table Discussion (RTD), PPSA XXII dipandu moderator.

Pelantikan Rektor Universitas Sahid Jakarta – Prof. Dr. Ir. H. Kholil, M.Kom

IMG_4033
Jakarta, 1 Agustus 2019 – Universitas Sahid Jakarta menyelenggarakan acara Pelantikan Rektor Universitas Sahid Jakarta – Prof. Dr. Ir. H. Kholil, M.Kom. Acara diselenggarakan di auditorium lantai 8 USAHID Jl. Prof. Supomo, SH no. 84 Tebet Jakarta Selatan, pada Kamis 1 Agustus 2019 yang dihadiri oleh Deputi 7 BIN Sri Nugroho, SH, MH, Pendiri Yayasan Sahid Jaya Ibu Hj. Juliah Sukamdani, Ketua Pembina Yayasan Kesejahteraan, Pendidikan, dan Sosial Sahid Jaya Ibu Dra. Hj. Sarwo Budi Wiryanti Sukamdani, CHA, Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya Prof. Dr. H. Nugroho B. Sukamdani, MBA, BET, dan anggota Pembina, Pengawas, Direktur Eksekutif dan Deputi Direktur Eksekutif Yayasan Sahid Jaya. Kegiatan ini juga dihadiri oleh akademisi dari berbagai institusi.

Pelantikan Rektor ke-12 Universitas Sahid Jakarta Masa Jabatan 2019-2023 Prof. Dr. Ir. H. Kholil, M.Kom oleh Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya Prof. Dr. H. Nugroho B. Sukamdani, MBA, BET. Kegiatan dilanjutkan dengan Penyerahan dengan pembacaan dan penandatangan naskah serah terima jabatan. Kegiatan selanjutnya adalah Sambutan Ketua Pembina Yayasan Kesejahteraan, Pendidikan, dan Sosial Sahid Jaya Ibu Dra. Hj. Sarwo Budi Wiryanti Sukamdani, CHA.

Prof. Dr. Ir. H. Kholil, M.Kom memperoleh gelar insinyur Teknik Statistika tahun 1988 di Institut Pertanian Bogor. Pada tahun 1999 kuliah Pascasarjana di Teknik Informatika STIIBI Jakarta (Cumlaude) dan memperoleh gelar Doktor dibidang Sistem Manajemen Lingkungan tahun 2004 dari Institut Pertanian Bogor (Cumlaude).

Mulai meniti karir akademisnya di Fakultas Teknik sebagai Sekretaris Fakultas Non Gelar USAHID tahun 1988 – 1989, dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) USAHID tahun 2013.
Tahun 2016 diangkat menjadi Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid Jakarta dan jabatan fungsional akademis Guru Besar/Profesor di bidang Teknik Lingkungan, diperoleh pada tahun 2015 dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, dan pada tahun 2019 diangkat menjadi Rektor Universitas Sahid Jakarta dengan Masa Jabatan

Sebagai praktisi, pada tahun 2006 – 2008 Prof. Kholil diangkat menjadi Staf ahli Komisi VI FPKS DPR – RI, tahun 2010 menjadi Direktur Eksekutif PT. Khoprindo Prada Dinamika, lalu menjadi Sekretaris Majlis Pakar CPR-I (Center for Policy Reform-Indonesia pada tahun 2010 – 2013, Direktur PT. Pandawa Sahid tahun 2013, menjadi Ketua Lembaga Kajian Pembangunan Daerah (LKPD) pada tahun 2008 – 2014, sebagai Direktur Eksekutif Research Centre for System and Development (RCSD) pada 2008 – 2013, sejak tahun 2013 menjabat sebagai Vice Director Center for System dan Pembina Center For Social Studies and Sustainable Development (CS3D), tahun 2012 diangkat menjadi Komisaris Utama PT. Hijau Sejahtera Indonesia kemudian tahun 2016 menjadi Ketua Skema Lembaga Sertifikasi Profesi FIT.

Prestasi yang diraih Prof. Kholil seperti Penghargaan dari Program Pascasarjana IPB tahun 2003 untuk perolehan IP 4.0; Pendidikan Pratama dari Ketua Umum Yayasan Pendidikan Sahid Jaya tahun 2007 dan Peneliti sosial terbaik di Kota Depok dari Walikota Depok tahun 2011 patut disyukuri untuk memotivasi civitas akademika USAHID lainnya untuk lebih maju, guna meningkatkan kualitas pendidikan USAHID ke depan menjadi lembaga pendidikan tinggi yang unggul dan berwawasan internasional.

PKM Usahid Jakarta di Pulau Harapan

WhatsApp Image 2019-07-30 at 08.16.15

Program Kemitraan Masyarakat Untuk Meningkatkan Kemampuan Aplikasi Standard Operating Procedure (SOP) Homestay Dan Aplikasi Literasi Keuangan Bagi Pemilik Homestay Di Kelurahan Pulau Harapan.

Aktivitas PKM meliputi Penyuluhan, pendampingan dan dan visitasi, diikuti oleh 50 peserta. Kegiatan dilaksanakan di Kelurahan Pulau Harapan.

Setelah penyuluhan dan konsultasi, kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) juga dilakukan di beberapa homestay milik peserta. Tujuan kegiatan PKM adalah untuk meningkatkan kapasitas pemilik homestay. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 19 -21 Juni 2019. Kegiatan ini didanai dari Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat Kementrian Ristek Dikti. Turut berpartisipasi pada kegiatan ini adalah Kepala LPPM Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Giyatmi Irianto, M.Si dan Dr. Levyda, SE.M.Si dan peserta lainnya.

Usahid Entrepreneurship Day 2019

IMG_3484

Usahid Entrepreneurship Day 2019, kegiatan yang antara lain diisi dengan; Kompetisi Produk Kreatif antar sekolah se-Jabodetabek, Talk Show dan juga Bazaar. Mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Usahid Jakarta, selaku penyelenggara acara Usahid Entrepreneurship Day 2019. Acara  turut dihadiri Dekan FEB Usahid Jakarta, Dr. Ir. Sihono Dwi Waluyo, M.Si, yang juga membuka acara ini. Turut hadir juga para dosen  FEB beserta para undangan lainnya.

Acara berlangsung di lobby kampus Usahid Jakarta, yang diawali dengan; Kompetisi Produk Kreatif antar sekolah se-Jabodetabek.  Rangkaian acara berikutnya, Talk Show;  “Mindset and Spirit of an Entrepreneur”, menghadirkan para wirausaha muda, yang memulai bisnis, diantaranya; Umar Asegaf – A milenial multitalented,an actor and chef. Owner of : sambel_khaspakcik & ayamgeprekpakcik.  Pingkan Andriana (Student of Bachelor Management) A milenial woman,who make her hobby to be a business.
Owner of : zeitlos_handmade, towelcakess & etnicowear.  Siharis Aulia R – (alumni FEB Usahid Jakarta) A millennial who tries to realize the dreams of many people, with his business. Owner : happywedding_indonesia & happytour_indonesia.

Sebagai pemenang kompetisi produk Kreatif, adalah :

Juara 1 Sman 35
Produk : Food Plastic
Keterangan : Plastik pembungkus makanan yang bisa sekaligus dimakan.

Juara 2 Sman 35
Produk : Yogurt Biji Nangka
Keterangan : Yogurt yang terbuat dari bahan dasar biji nangka.

Juara 3 Smk YPK kesatuan
Produk : Sepatu Rajut
Keterangan: sepatu yang dibuat dari rajutan benang.

Selamat dan Salam Sukses Selalu kepada para pemenang.

FIkom Xperience – FIX 2019

IMG_3327

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Usahid Jakarta, peserta mata kuliah Publisitas dan Pameran & Management event, mengadakan acara; Fikom Xperince 2019,  TalkShow  & Workshop dengan tema;  “Milennials: Creative Communication in Revolution Industry 4.0”.

Acara yang berlangsung di lobby kampus Usahid Jakarta,   24 Juli 2019 ini menampilkan narasumber, yaitu :  David Rizal (News Anchor & Produser Liputan6 SCTV),  Abiel Atan (Youtuber & Content Creator) serta  Ajay Kumar (Usahid Student & Proffesional MC).

Sambutan dan pembukaan acara  FIX 2019 oleh Rektor Usahid Jakarta (Plt), Dr. Ir. Iman Basriman, M.Si, selain itu juga dihadiri oleh Dekan Fikom Usahid Jakarta, Dr. Dra. Manik Sunuantari, M.Si beserta para undangan lainnya.

Acara ini dihadiri oleh para siswa SMA dan SMK yang ada di Jakarta dan sekitarnya, termasuk juga guru pendamping.