3 Tim Mewakili Usahid Jakarta di Program Kreatifitas Mahasiswa 2019

Header web PKM

Usahid Jakarta meloloskan wakilnya yaitu 3 Tim yang  nantinya  akan didanai dalam Program Kreatifitas Mahasiswa 2019 (PKM) DIKTI , yaitu; Tim Fahrul Nurkolis, Nur Afni Alfiana H, dan Fani Oktaviani, dari  Program Studi Gizi, Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan, Universitas Sahid Jakarta, dengan Judul;  “Kode Bersuara (KoBar) sebagai solusi berbelanja bagi penyandang tunanetra”.

Tim Daman Sutiawan, Yuni Hapsari, dan Agus Nugroho, dari  Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Sahid Jakarta dengan judul:  “Pemanfaatan Sampah Plastik Jenis Residu sebagai Bahan Alternatif Pembuatan Paving Block”.

Tim Kristina Magdalena, Aulia Rizki Rinalda, RA Wahyu Murti N dan Nadya Wulanningsih dari Program Studi Gizi, Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan, Universitas Sahid Jakarta dengan judul;  “Cakram Dinding CeRiA (Cek Gizi Remaja) : Alat Praktis Pengukur Status Gizi Remaja”.

Selamat dan semoga sukses selalu untuk menuju PIMNAS 2019.

Kunjungan dari SMK Pariwisata MedLand

IMG_6839

Usahid Jakarta khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, menerima kunjungan dari SMK Pariwisata MedLand Cileungsi Jabar.  60 peserta terdiri dari siswa dan guru pendamping. Acara berlangsung di aula lt. 8 kampus Usahid Jakarta, 5 April 2019. Kedatangan  disambut oleh Dekan FEB, Dr. Ir. Sihono Dwi Waluyo, M.Si beserta jajarannya. Turut hadir Direktur Humas, Kerjasama dan Marketing (HKM), Listiyono Setyopratignyo, SH, MM beserta para undangan lainnya. 

TALK SHOW BELA NEGARA GENERASI MILENIAL 2019

IMG_7376
IKAL PPSA XVII bekerjasama dengan Universitas Sahid Jakarta dan Kementerian Perikanan dan Kelautan RI, sukses menyelenggarakan KegiatanTalk Show dengan tema : “Semangat Bela Negara Generasi Milenial Untuk Memperkuat Budaya Maritim” pada Selasa, 9 April 2019 di lobby kampus Universitas Sahid Jakarta Jl Prof. Dr Soepomo No 84,Tebet-Jakarta Selatan.
.
Keynote Speech pada kegiatan ini adalah; Dr. HC. Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan RI). Para Pembicara adalah; Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi, SE, MAP (KASAL 2014-2018), Letjen TNI Agus Surya Bakti (Sesmenko Polhukam) dan
Komisaris Jenderal Pol Drs. Suhardi Alius, MH (Kepala BNPT). Selaku moderator adalah, Indra Bekti (Presenter/Artis).

Turut hadir dan memberikan sambutan, Exacty Sukamdani Sryantoro (Vice President Sahid Group) juga dari Laksdya TNI (Purn) Dr. Widodo, SE, MSc (Sekjen Kemhan 2015-2017), selaku Ketua IKAL PPSA XVII.  Selain itu juga dihadiri Direktur Eksekutif Yayasan Sahid Jaya, Prof. Dr. Ir. Kohar Sulistyadi, MSIE, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah (Rektor Universitas Sahid Jakarta), Kepala LPPM Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Giyatmi Irianto, M.Si beserta para undangan lainnya.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 1000 peserta terdiri dari siswa SMA/SMK/MA se-Jabodetabek juga mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jakarta. Rangkaian kegiatan dalam rangka acara ini adalah; Lomba Vlog, Lomba Foto dan Lomba Essay dengan tema Bela Negara yang pengumuman pemenangnya diumumkan pada acara ini.

Workshop Penyusunan Proposal Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

IMG_6347

Workshop Penyusunan Proposal Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, terselenggara atas kerjasama APTISI (Assosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) Wilayah 3 dan LPPM Usahid Jakarta.

Sebagai pembicara adalah; Prof. Dr. Ir. Didik Sulistyanto (Reviewer Nasional Kemristek Dikti – Rektor Univ. Budi Luhur Jakarta), Prof. Dr. Oky Karna Rajasa, M.Sc (Direktur Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat), Dr. R. Wisnu Nurcahyo, DVM (Reviewer PKM Kemristek Dikti – Dosen UGM Jogyakarta).

Workshop yang rutin dilaksanakan oleh LPPM Usahid Jakarta dan APTISI 3 ini, dibuka oleh Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS. Turut dihadiri sekaligus memberikan sambutan yaitu; Prof. Dr. H. Suyatno, MPd (Ketua APTISI Wilayah 3) dan perwakilan dari LLDikti Wilayah 3) serta Prof. Dr. Ir. Giyatmi Irianto, M.Si (Kepala LPPM Usahid Jakarta).

Acara berlangsung di aula lt. 8 kampus Usahid Jakarta, 26-27 Maret 2019.

Syukuran Dies Natalis 31 Usahid Jakarta, 14 Maret 2019

IMG_5787

Syukuran Dies Natalis 31 Usahid Jakarta, 14 Maret 2019 ditandai dengan doa bersama dan pemotongan nasi tumpeng oleh Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS. Acara berlangsung di aula lt.8 kampus Usahid Jakarta, dihadiri oleh segenap sivitas akademika Usahid Jakarta.

Acara yang diawali pengantar dari Rektor Usahid Jakarta ini, diakhiri dengan ramah tamah. Pembacaan doa dipimpin oleh, Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom (Direktur Sekolah Pascasarjana Usahid Jakarta).

Tema Dies Natalis 31 Usahid Jakarta, “Terus Mengabdi, Maju dan Berprestasi”. Beberapa acara telah diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Dies Natalis 31 Usahid Jakarta kali ini, antara lain; Seminar Nasional dan aneka lomba.

Selamat Salam Sukses Selalu untuk Kita Semua.

Kunjungan Studi ke PT South Pacific Viscose (SPV), di Purwakarta

 

IMG_2899

Rombongan Universitas Sahid Jakarta  dipimpin langsung oleh Rektor, Prof.  Hardinsyah,  MS, Ph.D, berkunjung ke PT South Pacific Viscose (SPV), di Purwakarta, Jawa Barat,   6 Maret 2019. Kunjungan kali ini membawa 43 orang mahasiswa, terdiri dari mahasiswa dari Program Studi Teknik Lingkungan termasuk dari perwakilan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) serta 10 orang tenaga pengajar.

Rombongan Universitas Sahid  Jakarta diterima oleh, Senior Manager HRD PT. South Pacific Viscose, Deden Rusfiandi, didampingi Head of Corporate Affairs PT South Pacific Viscose, Widi Nugroho Sahib.

Pada kesempatan itu, rombongan Usahid Jakarta mengunjungi lokasi Power Plant, WWTP (Water Waste Treatment Plant) atau IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah), dan fasilitas lain dari pabrik yang memproduksi serat.

Rombongan juga berkunjung ke Eco Village di Desa Cicadas untuk melihat kegiatan warga menanam sayuran dengan metode hidroponik, ternak burung puyuh dan ternak ikan lele, serta BMS (Bank Sampah Mandiri) yang mengolah sampah menjadi kerajinan tangan unik.

 

Rombongan Universitas Sahid (Usahid) berkunjung ke PT South Pacific Viscose (SPV), di Purwakarta, Rabu (6/3/2019).

Senior Manager HRD PT South Pacific Viscose, Deden Rusfiandi, mengatakan, SPV menerima kunjungan dari Universitas Sahid untuk menunjukkan kepada publik bahwa perusahaan ini terbuka atas kunjungan dari semua pihak. “Selain itu, perusahaan juga patuh pada regulasi pemerintah,” ujar Deden Rusfiandi.

Head of Corporate Affairs PT South Pacific Viscose, Widi Nugroho Sahib, menambahkan, SPV dan Universitas Sahid sangat peduli dengan pelestarian lingkungan.

“Hal itu dilakukan dalam bentuk kegiatan CSR melalui kegiatan community development untuk memberdayakan warga di sekitar pabrik SPV, dan juga keterlibatan SPV pada gerakan Citarum Harum yang diinisiasi oleh pemerintah,” jelas Widi.

 

Osmaru 2019 Program Kuliah S-1 Manajemen Blended Learning

IMG_5410

Bertempat diaula lt. 8 kampus Usahid Jakarta, 9 Maret 2019, telah
berlangsung  acara Orientasi Mahasiswa Baru (OSMARU) Semester Genap
Tahun Akademik 2018/2019 program kuliah S1 Manajemen Blended Learning
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Usahid Jakarta. Osmaru 2019 diikuti
sekitar 150 mahasiswa baru,   diawali dengan pengenalan tentang sistem
akademik dan yang terkait, disampaikan oleh Direktur Administrasi
Akademik Usahid Jakarta, Dr. Jamalullail, MM, dan materi yang
disampaikan oleh Direktur Sumber Daya Informasi dan Perpustakaan, Moch.
Sambas, SE, MM.  Sesi berikutnya dipandu oleh Wakil Dekan FEB Usahid
Jakarta, Titin Astuti, SE, MM, ada paparan dari Dekan FEB Usahid
Jakarta, Dr. Ir. Sihono Dwi Waluyo, M.Si, dan juga dari Kepala Program
Studi Manajemen FEB Usahid Jakarta, Susy Budhiharty, S.Pd, MM dan
dari Kepala Program Studi Akuntansi, Dewi Anggraini, SE, MM.Ak.

Keunggulan S1 Manajemen Blended Learning  FEB Usahid Jakarta yang
menggabungkan antara metode kelas tatap muka dan online ini antara
lain adalah;  Jadwal belajar fleksibel, bisa kuliah tanpa harus
mengganggu jam kerja. Lama masa kuliah untuk program S1 Manajemen di
Usahid Jakarta  adalah 48 bulan atau 4 tahun dengan porsi online
sekitar 43% dan tatap muka sekitar 57%.

Spesifikasi Program :
Program Studi: S1 Manajemen
Gelar Akademis: Sarjana Ekonomi (SE)
Konsentrasi: Manajemen
Total Mata Kuliah: 50 (21 mata kuliah online dan 29 mata kuliah tatap muka)
Masa Kuliah: 8 semester atau 48 bulan

 

Lomba Debat Pangan 2019

IMG_2636

Dalam rangka memeriahkan Dies Natalis Universitas Sahid Jakarta ke 31, Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan – Himatepa Fatepakes Usahid Jakarta, menyelenggarakan kegiatan Lomba Debat Pangan dengan tema “PENERAPAN HYGIENE DAN SANITASI PADA INDUSTRI PANGAN”. Acara ini merupakan agenda rutin setiap tahun dari Himatepa Fakultas Teknologi Pangan Kesehatan (FATEPAKES) Usahid Jakarta, diselenggarakan pada Sabtu, 2 Maret 2019. Lomba Debat Pangan 2019 dibuka oleh Wakil Dekan Fatepakes Usahid Jakarta, Dr. Rahmawati, ST, M.Si, berlangsung di aula lt. 8 kampus Usahid Jakarta untuk final dan semifinal. Babak penyisihan berlangsung di ruang 801 dan 802. 

D. Zulya Lovyana dan Nur Afni Alfiana Hanifah, mahasiswa Prodi Gizi, FATEPAKES Usahid Jakarta JUARA TERBAIK, Lomba Karya Tulis Ilmiah Kategori Mahasiswa

IMG_20190219_145005

D. Zulya Lovyana dan Nur Afni Alfiana Hanifah,  mahasiswa Program Studi Gizi, bersama dosen pembimbing, Khoirul Anwar, S.Gz, M.Si dari Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan (FATEPAKES) Universitas Sahid Jakarta, berhasil  menjadi JUARA TERBAIK Lomba Karya Tulis Ilmiah Kategori Mahasiswa dengan judul “LeBaY apps (Let’s Breakfast Everyday) Sebagai Aplikasi Peningkat Kebiasaan Sarapan untuk Millennials” yang diselenggarakan pada hari minggu, 17 Februari 2019 oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta, dalam acara BFF Day.

Segenap sivitas akademika Usahid Jakarta mengucapkan;”Selamat Salam Sukses Selalu untuk Kita Semua”

 

Daman Sutiawan, mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan Usahid Jakarta, memenangkan juara 2 Gerakan Secangkir Semangat

IMG_20190225_115628

Wakil Usahid Jakarta, Daman Sutiawan,  mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan Usahid Jakarta dan Team Sumpah Sampah dengan Produk Ecopavings atau paving block berbahan dasar sampah plastik kresek,  serta menggerakan dan memberdayakan masyarakat di daerah Citeureup Bogor,  berhasil memenangkan juara 2 Gerakan Secangkir Semangat yang digagas oleh Kapal Api yang bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Republik Indonesia dengan Hastag #Buatnyatatujuanmu.

Ajang ini merupakan gerakan menyaring Sociopreneur muda di seluruh daerah di Indonesia. Dari 5500 Proposal bisnis yang masuk, kemudian disaring oleh juri menjadi 150 Proposal bisnis. Juri kemudian menseleksi lagi menjadi 50 Proposal Bisnis. 50 peserta tersebut kemudian mengikuti sesi coaching/mentoring dengan para mentor daerah masing masing selama 4 kali pertemuan tiap pekannya yg disaring menjadi 20 Peserta finalis.
Sesi ini merupakan momentum penyempurnaan ide bisnis beserta produk yang akan di presentasikan pada sesi selanjutnya yaitu tahap Pitch Deck didepan para juri. Sesi ini pula merupakan sesi penentuan juara 1, 2 , dan 3. Sesi puncak yaitu sesi Awarding Night pada hari Sabtu, 23 Februari 2019 di Hotel Grand Hyatt Jakarta. Sesi ini dimulai dengan Pitch Deck didepan para Investor serta di akhiri dengan pengumuman Juara 1, 2, dan 3.

Segenap sivitas akademika Usahid Jakarta mengucapkan;”Selamat Salam Sukses Selalu untuk Kita Semua”.