HoRe Fun Walk 2019 dan Festival Kuliner

IMG_0674

Usahid Jakarta turut berperan aktif dalam kegiatan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), antara lain dalam rangka peringatan ulang tahun yang ke 50. Rangkaian acaranya salah satunya adalah, HoRe Fun Walk 2019 dan Festival Kuliner yang diselenggarakan pada hari minggu, 10 Februari 2019 di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, berbarengan dengan Car Free Day di jalan Sudirman – Thamrin. Sebanyak 2300 peserta dan 20 stand berpartisipasi pada kesempatan itu. HoRe Festival Kuliner diisi oleh sejumlah stand makanan tradisional hingga barat yang disiapkan oleh para pelaku sektor perhotelan dan restoran Indonesia.

Turut Hadir Ketua PHRI, Dr. Ir. Hariyadi B Sukamdani, MM didampingi Wakil Ketua Pembina Yayasan Sahid Jaya yang juga Anggota Komisi X DPR-RI, Dra. SB Wiryanti Sukamdani, CHA, dan Rektor Universitas Sahid Jakarta Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS, serta segenap pimpinan Universitas Sahid Jakarta.

Segenap Civitas Akademika Usahid Jakarta mengucapkan;”Selamat dan Salam Sukses Selalu untuk PHRI”.

LKMM Usahid Jakarta 2019

51321726_2279193722114020_7840076938986127360_o

Kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Pengembangan Karakter dan Alumni (KPKA), Universitas Sahid Jakarta dengan Tema “Pemimpin Unggul dalam Tantangan Millennial” pada hari Rabu, 23 Januari 2019 di Bumi Perkemahan Cibubur.

Kegiatan ini merupakan salah satu komitmen Universitas Sahid Jakarta dalam meningkatkan kemampuan ketua BEM, HMP, dan UKM dalam up to date millennials challenges, pembentukan karakter pemimpin yang unggul, dan knowledge management dalam bidang organisasi sehingga mahasiswa siap dan mampu dalam menghadapi perkembangan teknologi dan Revolusi Industri 4.0 sehingga memiliki daya saing yang unggul.

SAFOTECH EXPO 2019

IMG_9559 Pada tanggal 19 Januari 2019 telah terselenggara acara SAFOTECH Expo 2019 yang diresmikan oleh Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS. Acara ini bertemakan "Millennial Foods" dan merupakan acara tahunan prodi Teknologi Pangan yang merupakan kerja sama antara FATEPAKES dan BEM FATEPAKES yang juga merupakan rangkaian kegiatan dari Dies Natalis Usahid Jakarta ke-31.   Berbagai produk olahan karya hasil  mahasiswa Usahid Jakarta, ditampilkan dan juga dilakukan demo produk dalam acara ini.  Berbagai kreasi makanan dan minuman yg diciptakan, dan produk yang diciptakan jarang sekali kita temukan di pasaran, dengan kemasan yg menarik dan berbagai varian.   Selengkapnya rangkaian acara SAFOTECH Expo 2019 meliputi: Bazar dan demo produk pangan hasil karya mahasiswa/i praktikum pengembangan produk dan kewirausahaan pangan;  Lomba business plan; Turnamen e-sport;  dan Pelatihan organoleptik bagi siswa/i SMA sederajat yang dipandu oleh Alumni Prodi Teknologi Pangan Usahid Firda Shabrina, STP . .

Audit Mutu Internal (AMI 9)

IMG_9370

Sebagai upaya untuk memastikan pelaksanaan standar pendidikan tinggi dan pencapaian kinerja yang berkualitas, Universitas Sahid Jakarta melakukan secara rutin Audit Mutu Internal yang pada tahun ini sudah merupakan Audit Mutu Internal ke 9 (AMI-9).

Tema  Audit Mutu Internal – AMI, “Peningkatan Mutu Berkelanjutan Melalui AMI” yang dilaksanakan mulai tanggal 16-23 Januari 2019 di Universitas Sahid Jakarta oleh Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) Usahid  Jakarta.

Mari dukung dan sukseskan AMI untuk Universitas Sahid Jakarta yang semakin berkualitas .

GUEST LECTURE ON COMMUNICATION

49938238_796476780744905_4100829598785208320_o

GUEST LECTURE ON COMMUNICATION

In Celebration of the 31st Anniversary of Sahid University Jakarta

Saturday, 12th January 2019 at 9-11 am
Auditorium, 8th Floor USAHID Jakarta
# Communication in the Context of Industry 4.0 (Prof Yinghuei Chen PhD, Dean College of Humanities and Social Sciencies, Asia University, Taiwan)

#Communication and Multicultural Literacy for Millennials
(Dr Manik Sunuantari, MSi, Dean of Communication Faculty, Sahid University Jakarta)

Prof.Dr.Ir. Giyatmi sebagai Pembicara Tamu di The 19th International Conference on Nutrition and Physical Activity (NAPA 2018) di Taichung, Taiwan

giyatmi 2

Prof. Dr. Ir. Giyatmi, MSi (Kepala LPPM/Guru Besar Fatepakes Usahid Jakarta),  menghadiri undangan sebagai invited speaker pada The 19thInternational Conference on Nutrition and Physical Activity (NAPA 2018), tanggal 17 – 19 Desember  di Taichung – Taiwan.

Konferensi tersebut dihadiri oleh lebih dari 300 peserta dari 21 Negara, diantaranya dari Amerika Serikat, Australia, Canada, China, Indonesia, Jerman, Jepang,  Korea, Rusia, Polandia, Serbia, dan Taiwan sebagai tuan rumah.  Tema konferensi ini adalah ““Food, Nutrition and Health; Intervention of Diseases (Precision Cancer Medicine); Sports Health; Intestinal, Brain and Health; Personal Nutritional Program.

Konferensi berlangsung selama 2 hari, bertempat  di Hotel National, Kota Taichung, Taiwan, dari 17-18 Desember 2018.  Suasana sangat serius berbagi hasil-hasil riset atau kajian yang terkait dari para ilmuwan diselingi dengan acara gala dinner dan berbagai acara lain yang mengakrabkan antar peserta.

Sebagai penutup pada tanggal 19 Desember 2018 dilaksanakan kunjungan wisata ke World Flora Expo 2018 dan lokasi wisata lain disekitar Taichung City.

 

Jakarta Students Gathering – JGS 2018

IMG_5878

“Millinneal Spirit & University For Better Generation”, jadi tema dalam event Jakarta Students Gathering – JGS  Usahid Jakarta 2018.

Berlangsung dikampus Usahid Jakarta, 24 November 2018 diisi dengan beberapa kegiatan yaitu; Try Out SBMPTN       (Skolastik & Akademik), Talk Show & Workshop, Coaching (Wall Climbing & Fotografi), Competition (News Anchor & Host, Travelling Vlog, Essay Foto), Bazaar & Entertainment. Sekitar 500 peserta dari siswa SMA/SMK se Jabodebek hadir diacara ini.

Sebagai bintang tamu acara panggung musik dalam event yang direncanakan akan rutin digelar tiap tahun ini adalah, Uap Widya dan S Five.

 

 

Seminar Nasional; Tata Kelola Sumber Air yang Berkelanjutan

IMG_3025

Ketersediaan air bersih untuk memenuhikebutuhan masyarakat setiap tahun terus menurun. Dalam acara Forum Air Dunia II (World Water Forum II) di Den Haag Maret pada tahun 2000 disebutkan bahwa Indonesia termasuk salah satu negara yang akan mengalami krisis air pada 2025.

Dalam rangka mencari solusi strategis pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya air itulah maka Perkumpulan Forum Tenaga Ahli Lingkungan Indonesia (P-TALI) bersama Fakultas Teknik Universitas Sahid Jakarta bekerjasama dengan Kementerian PUPR menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema Kebijakan Tata Kelola Sumber Daya Air yang Berkeadilan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jakarta, 27 November 2018.

Seminar Nasional dibuka Rektor Universitas Sahid Jakarta – Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS., disaksikan wakil dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Dr. Ir. Ali Firdaus, M.Sc dan Ketua P-TALI Budiyono.

Seminar di ikuti oleh 200 peserta menghadirkan unsur legislative, pemerintah, akademisi, praktisi dan pengurus organisasi masyarakat. Keynote Speech Dr. Ir. Ali Firdaus, M.Sc  dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia dan moderator Ir. Pamujitrimo Aldjono.

Sedangkan empat pakar yang menjadi pembicara adalah,   Sigit Hanandaja Djuga Pramana, ST, M. Eng,  Kasubdit pengaturan dan pemantauan penatagunaan SDA PUPR, Ahdes Fuadi, STP. MM,  Dirjen pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan, Prof. Dr. Ir. Kholil M. Kom,  Guru besar Teknik LIngkungan Usahid Jakarta sekaligus Pakar P-TALI dan Prof. Ir. Kukuh Murtilaksono, MS,  Guru Besar Sumber Daya Air IPB.

Adapun tujuan Seminar Nasional ini untuk menghimpun ide-ide kreatif dari para pakar dalam rangka mencari solusi strategis konflik pengelolaan sumber daya air; Menghasilkan rekomendasi untuk pengelolaan sumber daya air yang seimbang antara kewenangan negara, akses publik dan peran swasta; Untuk membangun wadah “Knowledge Sharing” bagi para pakar dalam mengembangkan tata kelola sumber daya air yang memenuhi prinsip keadilan dan keberlanjutan; dan Mendorong percepatan penyelesaian Undang-undang SDA.

Semnas juga diisi dengan Parallel Session, sesi presentasi pemakalah Call Paper, dengan berbagai Tema, diantaranya : Teknologi, Kelembagaan, Regulasi, Peran Swasta,  Sarana dan Infrastruktur, Peran serta Masyarakat, Tata Kelola dan Keberlanjutan Lingkungan.

 

 

 

 

 

 

IICD 2018 – International Conference on Community Development

IMG_2462

IICD 2018 – International Conference on Community Development,  telah berlangsung di BINUS Anggrek Campus, 15 November 2018  Selaku Keynote Speakers adalah;  Johan, S.Kom. MM (Binus University), Ravi K. Menon (Global Alliance for Improved Nutrition  (GAIN), DR. Janees Janee Ali (Universiti Sains Malaysia), Lexie C. Extacio (UA&P Foundation Inc), Yogesh Kapoor (International Public Speaker), Prof. Dr. Tirta Nugraha Mursitama, Ph.D (Binus University).

Selanjutnya pada acara yang juga dihadiri perwakilan dari Usahid Jakarta, Universitas Mercu Buana, Universitas Budi Luhur, Universitas Prof. DR. Moestopo dan Universitas Bina Nusantara selaku tuan rumah ini, ada sesi presentasi dari para peserta yaitu para staf pengajar  yang sudah terdaftar dibagi dalam 5 ruang.

Topik atau tema khusus dalam ICCD  2018 kali ini adalah;

  • Entrepreneurship and Innovation
  • Media Literacy
  • Water and Sanitation
  • Communication Environment
  • Gender Equality and Family Planning
  • Good Health and Well Being
  • Quality Education
  • CSR and Empowerement
  • Information Communication Technology
  • Sustainable Development
  • Clean Energy
  • Food Technology and Secuity
  • Arts and Culture

Turut hadir, Dr. Inge Hutagalung, M.Si (Chief of Steering Committee of ICCD) didampingi,  Retno Dewanti, S.Si, MM, Ph.D (Chief of Organizing Committee of ICCD 2018) beserta para undangan lainnya.

 

Sukses Mulia Personal Mastery Training

IMG_1905
Sukses Mulia Personal Mastery Training, bersama Jamil Azzaini dan Tim dari Kubik Leadership, berlangsung di aula lt. 8 kampus Usahid Jakarta, 6 November 2018. Training yang dibuka oleh Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS ini diikuti para pejabat struktural, para dosen dan tenaga kependidikan Usahid Jakarta.

Sebelumnya diawali dengan pelantikan para pejabat struktural di Fakultas oleh Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS..

Jamil Azzaini, Inspirator Sukses Sukses Mulia, julukan itu diberikan oleh rekan-rekannya didasari oleh kepiawaiannya mendorong orang untuk selalu meraih kehidupan terbaik: Sukses Mulia. Sukses adalah orang yang memiliki 4-ta (harta, tahta, kata dan cinta) yang tinggi, 4-ta itu diperoleh dengan memerhatikan etika dan agama yang dianutnya. Sementara mulia adalah memanfaatkan 4-ta yang sudah diperoleh untuk memberi manfaat kepada orang-orang di sekitarnya.