PENANDATANGANAN LETTER OF INTENS (LOI) YAYASAN SAHID JAYA DENGAN KEDUTAAN BESAR INDONESIA UNTUK OMAN DALAM RANGKA PENINGKATAN KERJASAMA SEKTOR PARIWISATA DAN SUMBER DAYA MANUSIA

WhatsApp Image 2020-11-17 at 12.08.03 (1)

Sebagai upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia(SDM) untuk mampu berkompetisi secara global, dalam 15 tahun terakhir Pimpinan Yayasan Sahid Jaya  secara aktif telah melakukan Kerjasama Internasional untuk Lembaga Pendidikan khususnya Pendidikan Tinggi baik itu dalam bentuk double degree, penelitian bersama, pertukaran dosen dan mahasiswa, magang (internship) maupun pengembangan kewirausahaan. Adapun Kerjasama tersebut adalah : University D Anger Prancis, Toho University Jepang, Hunan Normal University China, Universitas Utara Malaysia, Silk Road International University of Tourism, International Islamic Academic of Uzbekistan dan Tourism College of Samarkand.

Di negara Timur Tengah, Per posisi kuartal I 2020, ada 988 ribu TKI di sana. Total remitansi atau uang kiriman pekerja migran yang bekerja di Timur Tengah ke Tanah Air mencapai USD 1,045 miliar atau setara Rp 15,15 triliun pada kuartal I 2020 (Sumber : Kumparan Bisnis, 09 Agustus 2020). Dari data tersebut 5000 tenaga kerja bekerja di negara Oman.  Tenaga kerja Indonesia (TKI) tersebut sebagian besar adalah tenaga kerja sector informal (rumah tangga).Hal ini tentu saja memprihatinkan dan tidak sesuai dengan harapan kita. Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan SDM Indonesia, Yayasan Sahid Jaya terpanggil dan berkomitmen ikut serta secara aktif untuk meningkatkan kompetensi dan professional SDM Indonesia sehingga akan mampu meningkatan daya saing sekaligus kesejahteraan tenaga kerja Indonesia.

Pada saat ini Yayasan Sahid Jaya melalui Sekolah Pasca Sarjana Universitas Sahid Jakarta, telah menerima lebih 100 tenaga kerja yang saat ini bekerja di Qatar, Kuwait di sector Migas melanjutkan studi di Bidang Manajemen K3 ( Kesehatan dan Keselamatan Kerja ) sebagai upaya meningkatan daya saing tenaga kerja Indonesia di Timur Tengah.

Pada hari ini, 26 Oktober 2020, Yayasan Sahid Jaya Kembali menorehkan sejarah untuk memperkuat jaringan internasional dengan melakukan Kerjasama melalui Letter Of Intens (LOI) dengan Kedutaan Besar Indonesia untuk Oman yang ditanda tangani langsung oleh Duta Besar Bpk. Mohamad Irzan Djohan.

Kerjasama ini dalam rangka mempererat hubungan ke dua bangsa melalui Pendidikan dan membuka lebar pintu Kerjasama seluas – luasnya antara Indonesia melalui Sahid Group dalam rangka meningkatkan kualitas SDM kedua Negara.

Adapun bidang kerjasama yang akan dikembangkan dengan Kedutaan Besar Indonesia untuk Oman meliputi :

  • Studi lanjut S1,S2, S3 untuk bidang tourism, hotel dan komunikasi
  • Riset dalam rangka meningkatkan kerjasama ke dua negara di bidang ekonomi dan lainnya
  • Pelatihan/training bidang hospitality
  • Pemagangan /intership mahasiswa dan dosen
  • Pengembangan wirausaha /business
  • Seminar/Konferensi
  • Pengabdian Pada Masyarakat

Semoga dengan berbagai kemudahan dan dukungan penuh dari Pemerintah Oman melalui Kedutaan Besar Indonesia untuk Oman, kerjasama ini dapat meningkatkan SDM dan Pariwisata untuk ke dua Negara.

 

Faozan Adzima Napitupulu Pemenang Proposal Penelitian Pendanaan Program Indofood Riset Nugraha (IRN) 2020-2021

Faozan Adzima Napitupulu, mahasiswa dari Program Studi Teknologi Pangan Fatepakes Usahid Jakarta, berhasil terpilih sebagai pemenang Proposal Penelitian Pendanaan Program Indofood Riset Nugraha (IRN) 2020-2021 yang diselenggarakan oleh PT Indofood Sukses Makmur- TBK.

Faozan Adzima Napitupulu, sekaligus terpilih sebagai Ketua Angkatan IRN 2020 dari 59 pemenang lainnya.

Adapun Proposal yang diajukan oleh Faozan Adzima Napitupulu, dengan dosen pembimbing, M.Fajri Ramadhan, SSi MSi, adalah; Efek Ekstrak Daun Jambu Biji dan Daun Jambu Biji Merah (Psidum Guajave) terhadap Mutu Kukis Oat Tanpa Gula.

Segenap civitas akademika Universitas Sahid Jakarta mengucapkan Selamat Salam Sukses Selalu untuk Kita Semua.

(HasanTaswin Arief – Staf Humas Usahid Jakarta).

Perjanjian Kerjasama antara Usahid Jakarta dengan PT Value Plus

Perjanjian Kerjasama antara Usahid Jakarta dengan PT Value Plus

Perjanjian Kerjasama antara Usahid Jakarta dengan PT Value Plus dalam Bidang Pengembangan Pendidikan, telah berlangsung bertempat dikampus Usahid Jakarta. MOU ini masing-masing ditandatangani oleh, Rektor Usahid Jakarta, Prof.Dr.Ir.Kholil, M.Kom dan Direktur Utama, PT Value Plus, Reikman Aritonang, Ph.D.

Tujuan diadakannya Perjanjian ini adalah terkait dengan pengembangan Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Usahid Jakarta, dengan peminatan Komunikasi Pemasaran Digital.
(HasanTaswin Arief – Staf Humas Usahid Jakarta).

Memorandum of Understanding (MoU) PT Hong Kong Kingland dan Usahid Jakarta

IMG_3734

 

Memorandum of Understanding (MoU) PT Hong Kong Kingland dan Universitas Sahid, Jakarta, berlangsung  di kawasan Kingland Avenue Apartment, Tangerang Selatan, Banten. 23 September 2020. MoU masing-masing dilakukan oleh President Director PT  Hong Kong Kingland Timothy Chang, dan perwakilan Universitas Sahid Prof. Dr. Ir. Kholil, M. Kom, disaksikan oleh Direktur Eksekutif Yayasan Sahid Jaya, Prof.Dr.Ir. Kohar Sulistyadi, MSIE beserta para undangan lainnya.

Rencananya PT Hong Kong Kingland bekerja sama dengan Yayasan Sahid Jaya, akan membuka kampus Universitas Sahid, di kawasan Kingland Avenue Apartment, Tangerang Selatan, Banten. Universitas Sahid Jakarta akan membuka jurusan Teknologi Pangan, Manajemen Hotel, dan Komunikasi dengan target 300 mahasiswa sebagai angkatan pertama.

Target dalam empat tahun ke depan, sebanyak 2.000 mahasiswa, kerja sama ini sebagai bentuk realisasi dari konsep dasar Kingland Avenue Apartment sebagai university town. Ke depan, Hong Kong Kingland akan terus menghadirkan berbagai terobosan untuk memperkuat konsep pengembangan apartemen ini.

Kingland Avenue Apartment mencakup dua menara The Fritz dan The Venetian yang dirancang dengan desain smart lofet.

 

MOU Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia – HIPMIKINDO dan Usahid Jakarta

MOU Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil IndonesiaUsahid Jakarta dan HPP HIPMIKINDO, sepakat untuk membuat Nota Kesepakatan Bersama tentang Pembentukan Entrepreneur Center dan Sertifikasi Profesi. MOU tersebut ditandatangani tgl 31 Agustus 2020 oleh Rektor Usahid Jakarta, Prof.Dr. Ir.Kholil, M.Kom dan Syahnan Phalipi, selaku Ketua Umum DPP HIPMIKINDO.

Kedua belah pihak dalam kedudukan seperti tersebut diatas, mendukung penuh Program kegiatan yang membantu pengembangan dan pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah serta koperasi di Indonesia agar dapat meningkatkan kinerja usaha lebih maksimal.

(Hasan Taswin Arief, S.Sos – Staf Humas Usahid Jakarta).

Nota Kesepakatan Bersama Badan Pengelola Pulau Belitong dan Usahid Jakarta

Usahid Jakarta dan Badan Pengelola Geopark Nasional, Pulau Belitong, tgl 3 September 2020 di Belitong, sepakat menandatangani Nota Kesepakatan Bersama tentang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat.

Nota Kesepakatan Bersama, masing-masing ditandatangani oleh Rektor Usahid Jakarta, Prof.Dr.Ir. Kholil, M.Kom dan Ketua Badan Pengelola Geopark Belitong, Yuspian Djapani, S.Sos. Disaksikan langsung oleh Menteri PPN/ Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa.

Nota Kesepakatan Bersama ini bertujuan untuk mengadakan kerjasama awal di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki kedua pihak demi kemajuan bersama.

Sekadar info, MOU ini terselenggara secara virtual bagi Perguruan Tinggi atau kampus yang tidak berkesempatan hadir di Belitong.

(HasanTaswin Arief, S.Sos – Staf Humas Usahid Jakarta)

Beasiswa dari BNI untuk Mahasiswa Usahid Jakarta

IMG_2744

Sebagai salah satu BUMN yang bekerjasama dengan Usahid Jakarta, Bank BNI setiap tahunnya memberikan Beasiswa kepada Mahasiswa/i terbaik Usahid Jakarta.  Penyerahan Beasiswa dilaksanakan Selasa 11 Agustus 2020 di lobby kampus Usahid Jakarta, oleh pimpinan BNI dan Usahid Jakarta diwakili Rektor Usahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom. Hadir dan sekaligus memberi sambutan  pada kesempatan itu,  Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya.  Prof. Dr. H. Nugroho B. Sukamdani, MBA, BET.

Selain para pimpinan dilingkungan Usahid Jakarta, acara penyerahan Beasiswa dari BNI untuk mahasiswa terbaik Usahid Jakarta ini, juga dihadiri oleh Direktur Eksekutif Yayasan Sahid Jaya, Prof. Dr. Ir. Kohar Sulistyadi, MSIE.

 

 

NEW MODEL AKTUALISASI K3 : ADAPTASI DARI PANDEMI COVID-19

Webinar Series #2 Fakultas Teknik Usahid Jakarta, berlangsung, 20 Juli 2020. Tema Webinar kali ini, New Model Aktualisasi K3: Adaptasi Dari Pandemi Covid-19. Webinar Series FT Usahid Jakarta, diawali sambutan dari Dekan FT Usahid Jakarta, Dr. Ninin Gusdini, ST, MT.

Para Pembicara pada Webinar kali ini, adalah; Ade Kurdiman, ST., M.KKK (Direktur LSP PT. Harmoni Panca Utama), Soehatman Ramli.,SKM., MBA (Presdir Prosafe Institute) dan, Ir. Amri AK., MM (Dosen AKA Migas Balongan).
Selaku Moderator, Dr. Ir. Djati Poetryono, MM, dan Host adalah, Dosen Fakultas Teknik Usahid, Dr. Ekaterina Setyawati, ST.,MT.

Ade Kurdiman, ST, M.KKK, dalam paparannya yang berjudul Safety Resilienceas a new thinking in new normal era antara lain memaparkan Implikasi pandemi COVID-19 dalam bisnis perusahaan antara lain ketidakpastian penghasilan, peningkatan biaya karena protokol Covid-19, ketidakpastian arus kas, ketidakpastian untung dan rugi. Tetapi kehidupan Kehidupan tetap harus berlanjut (individu, organisasi, dsb) dari semua aspek sosial – ekonomi, operasional, dsb. Oleh karena itu Budaya Keselamatan organisasi di mana keselamatan dan kesehatan dipahami dan menjadi, dan diterima sebagai, prioritas tinggi

Ir. Amri AK, MM, dalam paparannya antara lain menyatakan, ada 7 tahapan penyusunan perencanaan keberlangsungan usaha menghadapi Pandemi Covid-19.
Tahap 1, Mengenal prioritas usaha. Tahap 2, Identifikasi Risiko Pandemi.Tahap 3, Perencanaan mitigasi risiko pandemi. Tahap 4, Identifikasi respon dampak pandemi. Tahap 5, Merancang dan mengimplementasikan perencanaan keberlangsungan usaha. Tahap 6, Mengkomunikasikan perencanaan keberlangsungan usaha. Tahap 7, Uji perencanaan keberlangsungan usaha.

Soehatman Ramli, SKM, MBA, antara lain memaparkan, perlunya perubahan paradigma berbudaya K3. Perlunya perubahan paradigma, bahwa bahaya dan risiko ada dimana-mana; Perlu menerapkan standar dan norma baru dalam setiap aktivitas berbasis risk dan safety; Menanamkan budaya safety individu, keluarga, tempat kerja, komunitas umum, negara/ bangsa dan global.

PENGEMBANGAN PARIWISATA KABUPATEN KAUR BENGKULU PASCA PANDEMI COVID 19

Webinar  series #4 LPPM USAHID JAKARTA bekerja sama dengan PERSATUAN WARGA KABUPATEN KAUR JABODETABEK yang menampilkan Keynote Speaker Gubernur Bengkulu – Dr. H Rohidin Mersyah dan narasumber Dr. Hariyadi Sukamdani – Ketua Umum PHRI /Asosiasi Pengusaha Indonesia, Kepala Dinas Pariwisata Kab Kaur – Jpn Harimol, MSi.,  Ismayanti – Dosen Universitas Sahid Jakarta mewakili akademisi dan Mattahirin – owner Pangubaian Resort Kaur yang cukup dikenal masyarakat Kaur berlangsung meriah.

 

Tercatat lebih dari 236 peserta melalui zoom meeting dan youtube live streaming 48 orang yang terdiri dari  para akademisi, jajaran Pemprov Bengkulu dan Pemkab Kaur Bengkulu, pengurus dan anggota PWK  dari seluruh propinsi di Indonesia, Asosiasi dan pelaku usaha pariwisata,  RRI Bengkulu, serta tokoh-tokoh masyarakat Warga  Kaur perantauan dari berbagai daerah diseluruh Indonesia.

 

Nampak Anggota DPR-RI komosi X – Dewi Qoriyati dan Prof. Dr. Chan Basaruddin – Direktur BAN PT Indonesia sebagai putra terbaik Kabuoaten Kaur menyimak dalam seminar tersebut guna memberikan masukan dan gagasan serta ide-ide dalam  Seminar virtual  yg membahas Pengembangan  kegiatan pariwisata pada pasca pandemi covid 19  yg melanda bukan saja di Indonesia tapi juga diseluruh dunia.

 

Seminar yang berlangsung pada Sabtu, 20 Juni 2020 mulai  pukul 10.00 WIB  dipandu oleh  H.Baharuddin AS. SH,MH. – Ketua Dewan pembina dan Penasehat  PWK Jabodetabek. Webinar dibuka sambutan Kepala LPPM USAHID – Prof. Dr. Ir. Giyatmi, M.Si tuan rumah penyelenggara dilanjutkan  dengan sambutan Ketua Umum Persatuan Warga Kaur Jabodetabek – Iskandar Novianto, Ak. MSi., CA.QIA. – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu. Sambutan oleh Rektor Universitas Sahid Jakarta – Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom sekaligus membuka webinar secara resmi.

 

Keynote Speaker Gubernur Bengkulu Dr. H.Rohidin Mersyah memaparkan Grand Desain Kebijakan Pariwisata Prov. Bengkulu. Dalam kesempatan ini Gubernur mengajak Universitas Sahid Jakarta yang dikenal dengan kepakarannya dibidang Kepariwisataan dan Kewirausahaan untuk bekerja sama dalam memberikan kontribusi pengembangan Pariwisata di Provinsi Bengkulu.

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari beberapa pembicara dan masukkan peserta diakui bahwa infrastructur pembangunan wisata yang dilakukan pemerintah daerah pada umumnya masih sangat minim termasuk dalam hal ini Kabupaten Kaur Bengkulu.  Diperlukan komitmen Pemkab Kaur untuk mengajak seluruh stakeholder dalam mengelola sektor  Pariwisata khususnya dalam upaya berkembangnya infrastruktur aksesibilitas obyek wisata di Kabupaten Kaur Bengkulu.

 

Mattahirin- owner Pangubaian Resort Kaur mewakili pelaku usaha pariwisata Kaur memaparkan tantangan yang dialaminya dari awal usaha yang kini mulai dikenal oleh dunia luar untuk  kegiatan Surfying dan selancar di Pantai Sekunyit melalui promosi pribadi tanpa sentuhan dari pemerintah.

 

Melalui webinar ini diharapkan tindaklanjut dan kiprah nyata Kepala Dinas Pariwisata, Bupati Kaur, berkoordinasi dengan Pemprov. Bengkulu dan Kementerian Pariwisata untuk pengembangan pembangunan Infrastruktur di Kabupaten Kaur.

 

Webinar ditutup dengan Foto Bersama Narasumber dan Peserta dalam satu frame. Semua peserta mendapatkan e-sertifikat.

 

 

USAHID GELAR ORIENTASI STUDI MAHASISWA BARU (OSMARU) DARING

“Creative Learning For The Bright Future”

Mahasiswa adalah salah satu asset yang penting dalam kinerja perguruan tinggi. Oleh karena itu dibutuhkan suatu program sejak awal untuk dapat memotivasi pola belajar dan pembelajaran yang ada di Universitas. Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMARU) merupakan suatu kegiatan menyambut mahasiswa baru dan mempersiapkan pelaksanaan proses perkuliahan serta kegiatan kemahasiswaan yang akan diikuti selama di Universitas Sahid Jakarta, mahasiswa baru dituntut untuk dapat lebih memahami kondisi Universitas Sahid pada umumnya dan Program Studi pada khususnya. OSMARU bertujuan memberikan pemahaman tentang visi misi, wawasan kebangsaan, pengembangan karakter, proses belajar mengajar dan organisasi kemahasiswaan di Universitas Sahid Jakarta

Untuk itu Universitas Sahid Jakarta melalui Direktorat Kemahasiswaan Pengembangan Karakter & Alumni (KPKA) mengadakan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMARU) TA. 2020/2021, pada Rabu, 17 Juni 2020 pukul 10.00 – 11.15 WIB menggunakan metode Webinar melalui Zoom Meeting dan Youtube Live Streaming yang diikuti lebih dari 300 peserta untuk periode 1. Tema OSMARU tahun ini adalah “Creative Learning For The Bright Future”.
Rangkaian Osmaru selanjutnya akan digelar pada 20, 24, 27 Juni 2020 dilanjutkan 5, 8, 12, 15 Agustus 2020 dan 2 & 5 September 2020. Sebagai puncaknya pada 8 dan 9 September 2020.

Universitas Sahid Jakarta merupakan kampus pertama yang mengadakan penyambutan mahasiswa mahasiswa baru secara daring. Pembukaan acara OSMARU dihadiri Rektor, para Wakil Rektor dan para Direktur. Rektor – Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom dalam sambutannya menyatakan keprihatinan situasi covid-19 sehingga OSMARU dilaksanakan secara daring, tapi tidak mengurangi makna dan tujuan acara. Selain itu juga disampaikan visi dan misi Universitas Sahid Jakarta. Dilanjutkan paparan tentang belajar kreatif masa pandemi oleh Nindy Sabrina., S.Gz., MSc – Dosen Fakultas Teknologi Pangan & Kesehatan Usahid. Mahasiswa baru diberikan pemahaman tentang proses belajar mengajar di Universitas Sahid Jakarta, kiat mengatur jadwal studi selama kuliah dengan baik dan memilih kegiatan mahasiswa sesuai dengan kemampuan yang dimiliki agar nantinya diharapkan dapat menyelesaikan studinya tepat waktu dan menjadi lulusan yang unggul.

Ditampilkan juga videografis sistem akademik dan keuangan yang dijelaskan oleh Direktur Akademik – Dr. Jamalullail dan Direktur Keuangan – Dra. Ester Dwi Wahyuni, MM. Pengenalan Pola Ilmiah Pokok Usahid yaitu Pariwisata dan Kewirausahaan juga disampaikan kepada mahasiswa baru mulai 24 Juni 2020. Video/info grafis Overview Pariwisata disampaikan oleh Ismayanti Istanto, A.Par, M.Sc – Dosen Fakultas Ekonomi & Bisnis Usahid. Dilanjutkan dengan Virtual Touring Kota Tua Semarang oleh Yuliansyah Ariawan, MA, M.Par – Dosen Fakultas Ekonomi & Bisnis Usahid. Guna membentuk karakter mahasiswa baru agar ketika lulus memiliki karakter berwirausaha, ditampilkan Video/infografis tentang kewirausahaan oleh Soecahyadi, ST, MT – Dosen Fakultas Teknik Usahid. Dilanjutkan dengan paparan tentang tantangan berwirausaha di tengah pandemi oleh Adi Setyo Nugroho – pemilik Steggo Steak untuk berbagi pengalaman sukses berwirausaha.