WISUDA USAHID ke 36 T.A 2015/ 2016 Aktualisasi Kompetensi & Integritas Menghadapi Persaingan Global

SIARAN PERS
Nomor : 92/USJ-09/F-065/2016

WISUDA USAHID ke 36 T.A 2015/ 2016

“ Aktualisasi Kompetensi & Integritas Menghadapi Persaingan Global “

Jakarta, Kamis 24 Maret 2016 – Bertempat di Puri Agung Convention Hall Grand Sahid Jaya Hotel, Universitas Sahid Jakarta kembali meluluskan sebanyak 301 wisudawan dari 5 Fakultas, yaitu program S-1 dan D3 Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) 65 orang, Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) 46 orang, Fakultas Hukum (FH) 22 orang, Fakultas Teknik (FT) 26 orang dan Fakultas Ekonomi (FE) 118 orang. Program Magister S – 2, 21 orang dan 3 orang wisudawan dari Program Doktor (S3) Sekolah Pasca Sarjana.

Pada acara Wisuda USAHID Jakarta ke 36 ini akan diberikan Penghargaan kepada wisudawan terbaik yaitu ; Sudarling Yamlean,SH (Fakultas Hukum) IPK 3,84; Theresia Kencana,S.TP (Fakultas Teknologi Industri Pertanian/ Teknologi Pangan) IPK 3,81; Eva Dwi Pratiwi, SIK (S1 FIKOM/ Humas) IPK 3,76; Nur Fajriandini, ST (Fakultas Teknik/ Teknik Lingkungan) IPK 3,75; Dwi Wahyu Ningtyas,SE (Fakultas Ekonomi/Manajemen) IPK 3,82; serta; Nasar Sarkis, MM (S2 PascaSarjana/Magister Manajemen) IPK 3,85 dan Dr. Edy Prihantoro (S3 PascaSarjana/ Doktor Ilmu Komunikasi) IPK 3,81. Peraih Sahid University Award sebagai lulusan terbaik dengan kriteria lulus tepat waktu, indeks prestasi tertinggi dan aktif dalam organisasi kemahasiswaan, adalah Sudarling Yamlean, SH dari Fakultas Hukum dengan IPK 3,84.

Universitas Sahid Jakarta menetapkan dalam Visinya menghasilkan lulusan yang unggul. Unggul bermakna mempunyai daya saing tinggi seiring dengan trend persaingan global yang menuntut adanya “ Competitive Advantage”. Lulusan USAHID harus mempunyai keunggulan dalam persaingan yang ada saat ini serta dapat berinovasi / berkontribusi secara nyata kepada peningkatan daya saing bangsa agar mampu mensejajarkan diri dengan negara-negara lain.

Upacara Wisuda Usahid yang genap memasuki usia ke 28 tahun, pada tanggal 14 Maret 2016 lalu ini mengambil tema Aktualisasi Kompetensi & Integritas Menghadapi Persaingan Global ”. Orasi ilmiah disampaikan oleh Prof. Intan Ahmad, Ph.D – Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti RI. Dan dihadiri oleh Koordinator Kopertis Wilayah III – Dr. Illah Sailah, Ketua Pendiri & Pembina YSJ – Prof. DR. Sukamdani Sahid Gitosardjono, Ketua Umum YSJ – Dr. Nugroho Sukamdani, MBA.BET serta kepala lembaga/perusahaan yang merupakan kolega USAHID.

Prof. Dr. Ir. Rahman Abdullah, MSc – Rektor Universitas Sahid dalam sambutannya menyatakan bahwa Universitas Sahid Jakarta patuh dan taat azas dalam melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan ketentuan aturan yang ditetapkan Kemenristek Dikti dan Kopertis Wilayah III, sehingga pada saat ini USAHID menjadi PTS yang sehat dalam tata kelola dan memiliki legalitas yang baik. Kemenristek Dikti RI telah menetapkan USAHID pada peringkat ke 85 dari 3.320 perguruan tinggi di Indonesia melalui Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 492.a/M/KP/VIII/2015, berdasarkan 4 kriteria yaitu kualitas sumber daya manusia; kualitas manajemen; kualitas kegiatan kemahasiswaan; kualitas penelitian & publikasi ilmiah. Pada Januari 2015 USAHID memperoleh Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan nilai Baik (B) dari BAN PT. Kopertis wilayah III juga menetapkan USAHID sebagai PTS Unggulan tahun 2013 kategori pembelajaran. Hal ini menunjukkan kepercayaan pemerintah kepada USAHID.

Universitas Sahid Jakarta yang berdiri tahun 1988 telah cukup memiliki pengalaman, memperoleh dukungan kuat dari Yayasan Sahid Jaya, memiliki visi dan misi yang khas, memiliki infrastruktur yang memadai dan telah memiliki kepercayaan dari masyarakat. Selain itu juga memiliki suasana semangat yang bagus dalam konteks mengabdi kepada bangsa, negara dan kemanusiaan.

Modal dasar semangat Budaya Sahid serta Tridarma Perguruan Tinggi yang bercirikan Kewirausahaan dan Kepariwisataan menciptakan suasana akademik dan tata kelola institusi yang khas untuk mengembangkan Universitas Sahid Jakarta menapak kemasa depan.
Dengan keunikan tersebut Universitas Sahid Jakarta tentu tidak serta merta menjadi institusi yang hebat seperti membalik tangan. Untuk dapat menyandang sebagai perguruan tinggi yang unggul, berbasis budaya dan religius sebagaimana tertuang dalam falsafah dasar institusi maka Universitas Sahid Jakarta harus bekerja keras, cerdas dan ikhlas.

Saat ini Universitas Sahid Jakarta sedang mempersiapkan naskah akademik untuk pembukaan Fakultas Kedokteran, Fakultas Kepariwisataan, Program Magister Hukum dan Program Doktor Ilmu Ekonomi untuk pengembangan ke depan.

Prof. Intan Ahmad, Ph.D – Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti RI dalam orasi ilmiah nya menyatakan bahwa kunci menghadapi tantangan dan permasalahan agar dapat mendorong bangsa Indonesia untuk maju dan bersaing, salah satunya adalah peran penting Perguruan Tinggi. Baik pemerintah dan perguruan-perguruan tinggi di Indonesia bertanggung jawab untuk menciptakan lulusan-lulusan yang kompetitif, handal, dan berdaya saing tinggi untuk menghadapi tantangan global.

Untuk itu, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) akan selalu berupaya melakukan peningkatan kualitas pendidikan tinggi, diantaranya melalui:
• diseminasi dan implementasi program penjaminan mutu bagi perguruan tinggi beserta prodinya;
• relevansi pendidikan tinggi (pengembangan kurikulum dan capaian pembelajaran) yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja;

Ketua Umum YSJ – Dr. Nugroho Sukamdani, MBA.BET menambahkan, sesuai tema wisuda yaitu Aktualisasi Kompetensi dan Integritas Menghadapi Persaingan Global, lulusan sebagai sumberdaya intelektual diharapkan memiliki kompetensi dan memiliki integritas yang tinggi. Hal ini sesuai dengan Visi Universitas Sahid menghasilkan lulusan yang unggul dengan memiliki kompetensi pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang baik. Pernyataan dari pendiri Amazon dan juga CEO – Jeff Bezos bahwa, “lebih mudah menjadi orang yang pandai dibandingkan menjadi orang baik”, artinya lulusan suatu perguruan tinggi akan dikenal bukan dari indeks prestasinya yang tinggi, tetapi dari kontribusinya kepada masyarakat.

Diharapkan diusianya yang ke-28 ini, USAHID dapat terus mampu menumbuh kembangkan semangat kerjasama dan sinergisitas, agar tercipta karya-karya ilmiah penelitian dan inovasi berkualitas tinggi bertaraf internasional, dan terbentuk SDM-SDM berkualitas yang mampu beradaptasi pada perubahan global serta berkontribusi secara positif terhadap masyarakat dari level lokal hingga internasional.

Dalam acara wisuda ini juga di tampilkan pameran produk – produk baru hasil kreasi & inovasi mahasiswa Teknologi Pangan Universitas Sahid yang tergabung dalam Inkubator Bisnis Pangan, yang telah meraih prestasi sebagai juara I kategori kuliner terbaik di ajang Kreatif Inovatif – Krenov Fair 2014 yang diselenggarakan LLP – KUKM (Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah) Kementerian Koperasi dan UKM RI. Inkubator bisnis pangan secara rutin menggelar pameran untuk memperkenalkan produk terbaru karya inovatif mahasiswa teknologi pangan dalam event Sahid Food Technology (SAFOTECH EXPO), seperti sirup daun pisang, jus daun kelor, jus kemangi, cookies daun singkong, cookies biji kurma, nugget jagung, kerupuk kulit pisang, steak pepaya dsb.

Untuk Informasi lanjutan maupun konfirmasi dapat menghubungi :
Sri Prapti F. Nursanti, S.Sos – Kasubdit Humas & Kerjasama USAHID
Hp : 0812 8434 6766
Email : humas@usahid.ac.id atau sriprapti_santi@yahoo.com