PERAN PERGURUAN TINGGI MEMPERSIAPKAN INDUSTRI KECIL – MENENGAH DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MENJADI TEMA WISUDA KE-41 UNIVERSITAS SAHID JAKARTA

IMG_1158

Upacara Wisuda merupakan suatu peristiwa puncak dari proses pembelajaran mahasiswa  pada program pendidikan tinggi yang diselesaikannnya. Acara Wisuda juga menjadi suatu momen puncak kebahagiaan bagi lulusan, orangtua dan keluarga, dari suatu perjuangan kehidupan mahasiswa dan  keluarga.  Selain itu upacara Wisuda  bagi Universitas Sahid, sekaligus sebagai wahana menyampaikan laporan kegiatan akademik Rektor dalam memimpin kegiatan akademik di Universitas Sahid Jakarta.

Pada acara wisuda hari ini Kamis 25 Oktober 2018 mengangkat tema “Peran Perguruan Tinggi Mempersiapkan Industri Kecil – Menengah di Era Revolusi Industri 4.0” dengan wawasan dan pandangan oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia Ir. Erlangga Hartarto, MBA,MMT, disampaikan di hadapan 258 wisudawan terdiri atas Program Doktor 5 lulusan, Program Magister 12 lulusan  dan Program Sarjana 241  lulusan dari lima Fakultas yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan, dan Fakultas Hukum.

Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya Dr.Ir. Nugroho B. Sukamdani, MBA,BET dalam sambutannya menyatakan bahwa saat ini Indonesia telah memasuki era baru yaitu era revolusi industri 4.0 yang berakibat terciptanya jabatan dan keterampilan baru.  Sejumlah penanda revolusi industri 4.0 antara lain menyatunya dunia fisik, digital dan biologis secara online, tersambungnya seluruh artefak online dan offline ke jaringan lokal dan global secara kontinu melalui internet.  Hal ini menjadi tantangan bagi penguruan tinggi dalam mempersiapkan lulusan yang memiliki daya saing yang tinggi. Tema diatas mengarahkan pentingnya peran perguruan tinggi memberikan kontribusi dalam penguatan ekonomi mikro Indonesia  terutama  pada industri kecil dan menengah untuk bersaing di pasar global. Ini akan menjadi tantangan bagi Universitas Sahid Jakarta dalam rangka ikut serta membangun fondasi ekonomi usaha kecil dan menegah di era revolusi industri 4.0.

Rektor Universitas Sahid Jakarta Prof.Dr.Ir. Hardinsyah, MS dalam Laporannya pada Sidang Terbuka Senat dengan acara pokok Wisuda Program Pascasarjana, Sarjana, dan Diploma juga menyampaikan beberapa prestasi yang telah diraih Universitas Sahid Jakarta pada tahun ini, diantaranya : dua program studi pada semester lalu telah diakreditasi ulang, yaitu Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, dan Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum dengan predikat Baik (B); jumlah dosen bergelar doktor meningkat 2 orang, dan jumlah dosen baru bertambah 6 orang dengan dimulainya Program Studi Gizi di Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan; dikembangkannya program Blended Learning (digital) pada 3 program studi, yaitu di Program Studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada jenjang pendidikan sarjana dan di  Sekolah Pascasarjana Program Studi Manajemen pada jenjang pendidikan magister; peningkatan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, termasuk jumlah publikasi nasional dan internasional, serta perolehan hak kekayaan intelektual; beberapa dosen dan mahasiswa juga meraih beberapa penghargaan atas prestasinya pada tingkat nasional dan internasional, serta sejumlah dosen dan mahasiswa mengikuti summer course,  pertemuan ilmiah  dan Kuliah Kerja Nyata  di mancanegara. Selama tahun ini Universitas Sahid Jakarta juga telah merintis dan membangun kerjasama dengan 3 perguruan tinggi mancanegara dan 24 lembaga di dalam negeri. Selain itu, berdasarkan pemeringkatan perguruan tinggi oleh Kemenristekdikti, pada tahun ini Universitas Sahid Jakarta berada pada peringkat ke-114 dari 2010 perguruan tinggi non-vokasi di Indonesia, yang meningkat dari tahun sebelumnya yakni peringkat ke-230 dari 3244 perguruan tinggi. Untuk meningkatkan peringkat ini di tahun mendatang segenap sivitas akademika Universitas Sahid Jakarta perlu meningkatkan  kinerja dan prestasi di bidang inovasi dan kemahasiswaan.

Di antara para Wisudawan/Wisudawati yang diwisuda hari ini, ada beberapa orang yang berprestasi, mereka adalah Wisudawan/Wisudawati yang meraih IPK tertinggi di Program Studi untuk Program Doktor, Program Magister,  Program Sarjana, yaitu :

  1. Program Pascasarjana

1.Program Studi Doktor Ilmu Komunikasi,  Sdri, Dr. Made Wintara, S.Ag, SE, M.Si dengan IPK. 3.62.

2.Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Sdr, Miftahudin, ST, M.IK.  dengan IPK. 3.81.

 

  1. Program Sarjana

1.Fakultas Ekonomi dan Bisnis : Program Studi Manajemen,  Sdr.  Angga Saputra, SE,  IPK  3.84.

2.Fakultas Ilmu Komunikasi : Program Studi Ilmu Komunikasi, Sdr. Andri Nurcahyawan, S.IK, IPK   3,78

3.Fakultas Teknik : Program Studi Teknik Lingkungan Sdri Abigail Putri Wulandari, ST,  IPK 3,82

4.Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan : Program Studi Teknologi Pangan, Sdri. Rully Lusiana, S.TP IPK 3.95

5.Fakultas Hukum : Program Studi Ilmu Hukum Sdri. Della Ayu Cahyaningtyas, SH, IPK 3.75.

 

Dalam kesempatan Wisuda yang ke-41 ini,  peraih Sahid University Award sebagai lulusan terbaik dari yang terbaik (the best of the best) dengan kriteria lulus tepat waktu, indeks Prestasi tertinggi dan aktif dalam organisasi kemahasiswaan, Sdri. Rully Lusiana, S.TP, dengan IPK 3,95.

Pada acara Wisuda ke-41 Universitas Sahid Jakarta dihadiri oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III DKI Jakarta Dr.Ir. Illah Sailah,MS; Ibu Hj. Juliah Sukamdani Pendiri Yayasan Sahid Jaya; Ibu Dra.Hj. Wiryanti Sukamdani,CHA. Ketua Pembina Yayasan  Sahid Jaya; Bapak Dr. H. Nugroho B. Sukamdani, MBA., BET. Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya; Direktur Eksekutif Yayasan Sahid Jaya Prof Dr Ir Kohar Sulistyadi MSIE; Deputi Pengembangan Yayasan Sahid Jaya Dr Yohanes Sulistyadi MPd, Tamu Undangan Instuitusi Pendidikan maupun Lembaga Pemerintah dan Swasta, serta para pejabat di lingkungan Universitas Sahid Jakarta; Para Dosen; Mahasiswa BEM; Para Kepala Sekolah SMA/SMK; dan tentu saja Para Orang Tua wisudawan yang sangat bangga kepada putra putrinya yang telah menyelesaikan studinya ke jenjang yang lebih tinggi.

Demikian Press Release ini kami sampaikan, semoga dengan penyelenggaraan Wisuda ke-41 Universitas Sahid Jakarta ini dapat disosialisakan kepada masyarakat luas.

 

SELESAI

 

Listyono S. Pratignyo

Kepala UPT Humas, Kerjasama dan Internasional Office