Seminar Nasional; Tata Kelola Sumber Air yang Berkelanjutan

IMG_3025

Ketersediaan air bersih untuk memenuhikebutuhan masyarakat setiap tahun terus menurun. Dalam acara Forum Air Dunia II (World Water Forum II) di Den Haag Maret pada tahun 2000 disebutkan bahwa Indonesia termasuk salah satu negara yang akan mengalami krisis air pada 2025.

Dalam rangka mencari solusi strategis pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya air itulah maka Perkumpulan Forum Tenaga Ahli Lingkungan Indonesia (P-TALI) bersama Fakultas Teknik Universitas Sahid Jakarta bekerjasama dengan Kementerian PUPR menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema Kebijakan Tata Kelola Sumber Daya Air yang Berkeadilan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jakarta, 27 November 2018.

Seminar Nasional dibuka Rektor Universitas Sahid Jakarta – Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS., disaksikan wakil dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Dr. Ir. Ali Firdaus, M.Sc dan Ketua P-TALI Budiyono.

Seminar di ikuti oleh 200 peserta menghadirkan unsur legislative, pemerintah, akademisi, praktisi dan pengurus organisasi masyarakat. Keynote Speech Dr. Ir. Ali Firdaus, M.Sc  dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia dan moderator Ir. Pamujitrimo Aldjono.

Sedangkan empat pakar yang menjadi pembicara adalah,   Sigit Hanandaja Djuga Pramana, ST, M. Eng,  Kasubdit pengaturan dan pemantauan penatagunaan SDA PUPR, Ahdes Fuadi, STP. MM,  Dirjen pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan, Prof. Dr. Ir. Kholil M. Kom,  Guru besar Teknik LIngkungan Usahid Jakarta sekaligus Pakar P-TALI dan Prof. Ir. Kukuh Murtilaksono, MS,  Guru Besar Sumber Daya Air IPB.

Adapun tujuan Seminar Nasional ini untuk menghimpun ide-ide kreatif dari para pakar dalam rangka mencari solusi strategis konflik pengelolaan sumber daya air; Menghasilkan rekomendasi untuk pengelolaan sumber daya air yang seimbang antara kewenangan negara, akses publik dan peran swasta; Untuk membangun wadah “Knowledge Sharing” bagi para pakar dalam mengembangkan tata kelola sumber daya air yang memenuhi prinsip keadilan dan keberlanjutan; dan Mendorong percepatan penyelesaian Undang-undang SDA.

Semnas juga diisi dengan Parallel Session, sesi presentasi pemakalah Call Paper, dengan berbagai Tema, diantaranya : Teknologi, Kelembagaan, Regulasi, Peran Swasta,  Sarana dan Infrastruktur, Peran serta Masyarakat, Tata Kelola dan Keberlanjutan Lingkungan.