Workshop Sistem Pembelajaran Kreatif untuk Mendukung Merdeka Belajar

IMG_5122

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) beserta Universitas Sahid Jakarta  menyelenggarakan Kegiatan Workshop Sistem Pembelajaran Kreatif untuk Mendukung Merdeka Belajar  dengan topik Sosialisasi Kampus Merdeka (Merdeka Belajar), Sistem Pembelajaran Kreatif, dan Penjaminan mutu proses Pendidikan di lingkungan LLDIKTI. Workshop berlangsung di aula lt 8 kampus Usahid Jakarta, 17 Februari 2020.

Universitas Sahid Jakarta dijadikan kampus percontohan atau pilot project dalam program Merdeka Belajar yang dicanangkan Kemendikbud. Untuk lebih memahami program Kampus Merdeka Belajar, pihaknya sengaja menggelar Workshop dengan menghadirkan sejumlah narasumber yang memiliki kompetensi di bidang masing-masing, seperti akademisi Drajat Martianto yang juga Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Institut Pertanian Bogor, Kepala (Plt) Lembaga Layanan DIKTI Wilayah III M Samsuri dan Direktur Pembelajaran pada Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud Paristiyanti Nurwardani dan Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya (YSJ) Prof. Dr. Nugroho B. Sukamdani, MBA,BET.

Disampaikan oleh Rektor Universitas Sahid Jakarta, Prof. Kholil, masih banyak pemangku kepentingan di ranah pendidikan tinggi yang masih bingung terhadap kebijakan kampus merdeka, sehingga kegiatan sosialisasi seperti Workshop yang diselenggarakan USAHID ini menjadi penting untuk di lakukan.

Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya (YSJ), Nugroho B. Sukamdani, menyampaikan bahwa Perubahan kebijakan yang terjadi termasuk tentang kampus merdeka belajar ini perlu direspon dengan cepat dan tepat oleh universitas agar dapat dilaksanakan dengan baik.

“Hal ini penting karena kurikulum dan metode pendidikan harus selalu update dan disesuaikan dengan perubahan iklim bisnis, industri yang semakin kompetitif dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan sains. Yang salah satunya tentang kebijakan kampus merdeka belajar,”.