PENGEMBANGAN PARIWISATA KABUPATEN KAUR BENGKULU PASCA PANDEMI COVID 19

Webinar  series #4 LPPM USAHID JAKARTA bekerja sama dengan PERSATUAN WARGA KABUPATEN KAUR JABODETABEK yang menampilkan Keynote Speaker Gubernur Bengkulu – Dr. H Rohidin Mersyah dan narasumber Dr. Hariyadi Sukamdani – Ketua Umum PHRI /Asosiasi Pengusaha Indonesia, Kepala Dinas Pariwisata Kab Kaur – Jpn Harimol, MSi.,  Ismayanti – Dosen Universitas Sahid Jakarta mewakili akademisi dan Mattahirin – owner Pangubaian Resort Kaur yang cukup dikenal masyarakat Kaur berlangsung meriah.

 

Tercatat lebih dari 236 peserta melalui zoom meeting dan youtube live streaming 48 orang yang terdiri dari  para akademisi, jajaran Pemprov Bengkulu dan Pemkab Kaur Bengkulu, pengurus dan anggota PWK  dari seluruh propinsi di Indonesia, Asosiasi dan pelaku usaha pariwisata,  RRI Bengkulu, serta tokoh-tokoh masyarakat Warga  Kaur perantauan dari berbagai daerah diseluruh Indonesia.

 

Nampak Anggota DPR-RI komosi X – Dewi Qoriyati dan Prof. Dr. Chan Basaruddin – Direktur BAN PT Indonesia sebagai putra terbaik Kabuoaten Kaur menyimak dalam seminar tersebut guna memberikan masukan dan gagasan serta ide-ide dalam  Seminar virtual  yg membahas Pengembangan  kegiatan pariwisata pada pasca pandemi covid 19  yg melanda bukan saja di Indonesia tapi juga diseluruh dunia.

 

Seminar yang berlangsung pada Sabtu, 20 Juni 2020 mulai  pukul 10.00 WIB  dipandu oleh  H.Baharuddin AS. SH,MH. – Ketua Dewan pembina dan Penasehat  PWK Jabodetabek. Webinar dibuka sambutan Kepala LPPM USAHID – Prof. Dr. Ir. Giyatmi, M.Si tuan rumah penyelenggara dilanjutkan  dengan sambutan Ketua Umum Persatuan Warga Kaur Jabodetabek – Iskandar Novianto, Ak. MSi., CA.QIA. – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu. Sambutan oleh Rektor Universitas Sahid Jakarta – Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom sekaligus membuka webinar secara resmi.

 

Keynote Speaker Gubernur Bengkulu Dr. H.Rohidin Mersyah memaparkan Grand Desain Kebijakan Pariwisata Prov. Bengkulu. Dalam kesempatan ini Gubernur mengajak Universitas Sahid Jakarta yang dikenal dengan kepakarannya dibidang Kepariwisataan dan Kewirausahaan untuk bekerja sama dalam memberikan kontribusi pengembangan Pariwisata di Provinsi Bengkulu.

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari beberapa pembicara dan masukkan peserta diakui bahwa infrastructur pembangunan wisata yang dilakukan pemerintah daerah pada umumnya masih sangat minim termasuk dalam hal ini Kabupaten Kaur Bengkulu.  Diperlukan komitmen Pemkab Kaur untuk mengajak seluruh stakeholder dalam mengelola sektor  Pariwisata khususnya dalam upaya berkembangnya infrastruktur aksesibilitas obyek wisata di Kabupaten Kaur Bengkulu.

 

Mattahirin- owner Pangubaian Resort Kaur mewakili pelaku usaha pariwisata Kaur memaparkan tantangan yang dialaminya dari awal usaha yang kini mulai dikenal oleh dunia luar untuk  kegiatan Surfying dan selancar di Pantai Sekunyit melalui promosi pribadi tanpa sentuhan dari pemerintah.

 

Melalui webinar ini diharapkan tindaklanjut dan kiprah nyata Kepala Dinas Pariwisata, Bupati Kaur, berkoordinasi dengan Pemprov. Bengkulu dan Kementerian Pariwisata untuk pengembangan pembangunan Infrastruktur di Kabupaten Kaur.

 

Webinar ditutup dengan Foto Bersama Narasumber dan Peserta dalam satu frame. Semua peserta mendapatkan e-sertifikat.