PENANDATANGANAN LETTER OF INTENS (LOI) YAYASAN SAHID JAYA DENGAN KEDUTAAN BESAR INDONESIA UNTUK OMAN DALAM RANGKA PENINGKATAN KERJASAMA SEKTOR PARIWISATA DAN SUMBER DAYA MANUSIA

WhatsApp Image 2020-11-17 at 12.08.03 (1)

Sebagai upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia(SDM) untuk mampu berkompetisi secara global, dalam 15 tahun terakhir Pimpinan Yayasan Sahid Jaya  secara aktif telah melakukan Kerjasama Internasional untuk Lembaga Pendidikan khususnya Pendidikan Tinggi baik itu dalam bentuk double degree, penelitian bersama, pertukaran dosen dan mahasiswa, magang (internship) maupun pengembangan kewirausahaan. Adapun Kerjasama tersebut adalah : University D Anger Prancis, Toho University Jepang, Hunan Normal University China, Universitas Utara Malaysia, Silk Road International University of Tourism, International Islamic Academic of Uzbekistan dan Tourism College of Samarkand.

Di negara Timur Tengah, Per posisi kuartal I 2020, ada 988 ribu TKI di sana. Total remitansi atau uang kiriman pekerja migran yang bekerja di Timur Tengah ke Tanah Air mencapai USD 1,045 miliar atau setara Rp 15,15 triliun pada kuartal I 2020 (Sumber : Kumparan Bisnis, 09 Agustus 2020). Dari data tersebut 5000 tenaga kerja bekerja di negara Oman.  Tenaga kerja Indonesia (TKI) tersebut sebagian besar adalah tenaga kerja sector informal (rumah tangga).Hal ini tentu saja memprihatinkan dan tidak sesuai dengan harapan kita. Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan SDM Indonesia, Yayasan Sahid Jaya terpanggil dan berkomitmen ikut serta secara aktif untuk meningkatkan kompetensi dan professional SDM Indonesia sehingga akan mampu meningkatan daya saing sekaligus kesejahteraan tenaga kerja Indonesia.

Pada saat ini Yayasan Sahid Jaya melalui Sekolah Pasca Sarjana Universitas Sahid Jakarta, telah menerima lebih 100 tenaga kerja yang saat ini bekerja di Qatar, Kuwait di sector Migas melanjutkan studi di Bidang Manajemen K3 ( Kesehatan dan Keselamatan Kerja ) sebagai upaya meningkatan daya saing tenaga kerja Indonesia di Timur Tengah.

Pada hari ini, 26 Oktober 2020, Yayasan Sahid Jaya Kembali menorehkan sejarah untuk memperkuat jaringan internasional dengan melakukan Kerjasama melalui Letter Of Intens (LOI) dengan Kedutaan Besar Indonesia untuk Oman yang ditanda tangani langsung oleh Duta Besar Bpk. Mohamad Irzan Djohan.

Kerjasama ini dalam rangka mempererat hubungan ke dua bangsa melalui Pendidikan dan membuka lebar pintu Kerjasama seluas – luasnya antara Indonesia melalui Sahid Group dalam rangka meningkatkan kualitas SDM kedua Negara.

Adapun bidang kerjasama yang akan dikembangkan dengan Kedutaan Besar Indonesia untuk Oman meliputi :

  • Studi lanjut S1,S2, S3 untuk bidang tourism, hotel dan komunikasi
  • Riset dalam rangka meningkatkan kerjasama ke dua negara di bidang ekonomi dan lainnya
  • Pelatihan/training bidang hospitality
  • Pemagangan /intership mahasiswa dan dosen
  • Pengembangan wirausaha /business
  • Seminar/Konferensi
  • Pengabdian Pada Masyarakat

Semoga dengan berbagai kemudahan dan dukungan penuh dari Pemerintah Oman melalui Kedutaan Besar Indonesia untuk Oman, kerjasama ini dapat meningkatkan SDM dan Pariwisata untuk ke dua Negara.