Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Ruang Lingkup Kegiatan

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sahid Jakarta melaksanakan kegiatan untuk menyelenggarakan koordinasi perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan dosen, serta pendokumentasian kegiatan tersebut, selain itu LPPM Universitas Sahid Jakarta ikut mengusahakan dan mengendalikan sumber daya penelitian, menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang sains, teknologi, dan sosial budaya sesuai dengan Pola Ilmiah Pokok Universitas Sahid Jakarta yaitu bercirikan kewirausahaan dan kepariwisataan.

Dalam bidang Pengabdian kepada Masyarakat bertugas untuk melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau dan menilai pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, mendokumentasikan serta ikut mengusahakan sumber daya-sumber daya yang diperlukan, Mengkaji ilmu pengetahuan, teknologi, sosial budaya untuk kepentingan pembangunan melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan masyarakat, konsultasi dan advokasi, serta inkubasi bisnis, melaksanakan usaha memobilisasi sumber-sumber untuk keperluan pembangunan masyarakat serta melaksanakan pengembangan pola dan konsepsi pembangunan berbasis masyarakat.

Sebagaimana tertuang dalam Tridharma Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) merupakan unsur akademik di tingkat Universitas yang menyelenggarakan kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Universitas Sahid Jakarta memiliki Pola Ilmiah Pokoknya (PIP) kewirausahaan dengan kepariwisataan, maka LPPM Universitas Sahid Jakarta berupaya untuk mengimplementasikan dan memfasilitasi kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat dan kegiatan ilmiah lainnya yang mendukung PIP.

Seiring dengan perkembangan pembangunan dan dinamika masyarakat, maka perlu peran lebih dari perguruan tinggi untuk ikut terlibat dalam mendorong pembangunan nasional dan menyelesaikan persoalan pembangunan yang dihadapi oleh masyarakat. Disamping itu LPPM Universitas Sahid Jakarta juga melakukan beberapa kegiatan ilmiah baik untuk mahasiswa dan dosen. Pelatihan mahasiswa di tingkat akhir diantaranya adalah pelatihan SPSS. Untuk para dosen dilakukan pelatihan analisis data menggunakan AHP, pelatihan penyusunan proposal penelitian, dan penulisan karya ilmiah nasional dan internasional dengan narasumber dari dalam dan luar Universitas Sahid Jakarta. Kegiatan ilmiah lain yang diselenggarakan oleh LPPM Universitas Sahid Jakarta antara lain dalam bentuk seminar, workshop, diskusi dan lokakarya yang merupakan salah satu ciri dari dari perguruan tinggi sebagai scientific society. Kegiatan-kegiatan tersebut sebagai media komunikasi untuk sosialisasi dan desiminasi hasil-hasil penelitian, transfer of knowledge, ataupun capacity building bagi dosen maupun mahasiswa.