SEMINAR TENTANG PILIHAN PANGAN KARBOHIDRAT UNTUK PENDERITA DIABETES KERJASAMA LPPM USAHID & LIONS CLUB

Loading

Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sahid yang diketuai oleh Prof. Ir. Giyatmi, M.Si bekerjasama dengan  Lions Club Internasional Distric 307B1 menyelenggarakan Seminar dengan tema PILIHAN PANGAN KARBOHIDRAT UNTUK PENDERITA DIABETES yang diselenggarakan pada Hari Sabtu, 2 Desember 2023 di auditorium Prof.Dr.Sukamdani Sahid Gitosardjono kampus  Usahid.

Acara dibuka dengan sambutan oleh kepala LPPM Prof. Dr  Ir. Giyatmi, M.Si,  dilanjutkan oleh Rub Naraindas Gurbani,  selaku GST Distrik Koordinator 307-B1 Lions Club International.

Selanjutnya diisi dengan Keynote Speaker dari Prof. Dr. dr. Siti Fadilah Supari, Sp.JP (K), (Menteri Kesehatan RI Periode 2004 – 2009) mengenai Diabetes dan Dampaknya, kemudian dilanjutkan dengan materi Gizi untuk Penderita Diabetes yang dipaparkan oleh Dr. Rahmawati (Dekan Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan USAHID), dan materi Mengenal Beras Sagu untuk  Diabetes yang dipaparkan oleh Prof. Dr. Ir. Bambang Haryanto (Peneliti BRIN dan Guru Besar Fakultas Teknologi Pangan dan Keseharan USAHID). Moderator acara ini adalah  Khoirul Anwar, S.Gz, M.Si. (Kaprodi Gizi Fatepakes).  Pada akhir acara terdapat testimoni dari pasien diabetes yang mengkonsumsi Papeda Sagu oleh Wisnu Ali MartonoMartono,  SE, MA.

Pola makan masyarakat Indonesia sangat tinggi sumber karbohidrat, terutama nasi yang memiliki Indeks Glikemik yang tinggi.  Tujuan seminar ini untuk mengedukasi pentingnya pola makan yang bersumber karbohidrat namun memiliki Indeks Glikemik rendah.  Salah satu sumber karbohidrat yang sesuai dengan kebutuhan bagi penderita diabetes adalah sagu.  Selain memiliki Indek Glikemik yang rendah, sagu juga mengandung kadar serat yang tinggi, sehingga baik untuk system pencernaan untuk mengurangi resiko terkena berbagai penyakit, seperti sembelit, wasir, kolesterol, jantung coroner, dan lain-lain.  Sagu merupakan sumber pangan karbohidrat melimpah di Indonesia, diantaranya dari wilayah Papua, Sulawesi dan Riau, sehingga potensial untuk dimanfaatkan dalam pengolahan berbagai produk..

Baca juga  MOU Yayasan Lingga Buana Tajimalela dan Usahid Jakarta

Pada kesempatan ini, juga disajikan produk-produk berbahan baku sagu, baik dalam bentuk butiran beras sagu atau bentuk mie, diantaranya oleh PT Galih Sagu Pangan, PT Langit Bumi Lestari, dan PT Sago Licious Indonesia Prima.  Diharapkan kegiatan ini akan lebih mendorong para dosen di  Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan untuk melakukan riset terkait makanan pengganti beras yang akan sangat bermanfaat untuk para penderita penyakit diabetes.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Bagikan Berita Ini

SEMINAR TENTANG PILIHAN PANGAN KARBOHIDRAT UNTUK PENDERITA DIABETES KERJASAMA LPPM USAHID & LIONS CLUB

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top