Bagikan Berita Ini

Dies Natalis ke 33 “Usahid Tangguh dan Kreatif Menghadapi Covid-19”

Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Dies Natalis ke 33 “Usahid Tangguh dan Kreatif Menghadapi Covid-19”

Sejak awal didirikannya oleh Prof. DR. H. Sukamdani Sahid Gitosarjono, Universitas Sahid Jakarta, telah dicanangkan sebagai Universitas yang unggul bercirikan kepariwisataan dan kewirausahaan. Tepat pada Minggu 14 Maret 2021 Usahid merayakan Dies Natalis yang ke 33 dengan tema Universitas Sahid Tangguh dan Kreatif Menghadapi Covid-19. Dies Natalis diisi dengan Temu Keluarga Besar Usahid dan mitra strategis, berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom dan youtube.

Dies Natalis ke 33 Usahid juga dimeriahkan dengan banyaknya ucapan selamat dari para Tokoh Bangsa, seperti Ketua MPR RI – H. Bambang Soesatyo, SE., MBA ; Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI – Dr. Sandiaga Salahuddin Uno; Anggota DPR/MPR RI – Dr. Almuzzammil Yusuf; Duta Besar RI untuk Kesultanan Oman & Republik Yaman – Muhammad Irsan Djohan; Duta Besar RI untuk Negara Kuwait – Tri Tharyat; Duta Besar RI untuk Negara Qatar – Ridwan Hasan; Gubernur DKI Jakarta – Anies Rasyid Baswedan, PhD; Gubernur Akademi Militer – Mayjen TNI Totok Imam Santoso dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III – Prof. Dr. Agus Setyo Budi.

Ketua MPR RI – H. Bambang Soesatyo, SE., MBA menyatakan, Usahid konsisten mewujudkan visinya, menjadi universitas yang unggul bercirikan kepariwisataan & kewirausahaan. Berharap Usahid selalu menjadi kampus yang terdepan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berkomitmen membangun sumber daya manusia unggul dan berdaya saing global. Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI – Dr. Sandiaga Salahuddin Uno juga menyatakan kontribusi Usahid sangat besar buat negeri ini, terutama dalam bidang pariwisata & ekonomi kreatif. Gubernur DKI Jakarta – Anies Rasyid Baswedan, PhD menyatakan juga Usahid konsisten dalam menjalankan peran, memajukan pendidikan di Indonesia. Anggota DPR/MPR RI – Dr. Almuzzammil Yusuf yang juga merupakan alumni Doktor Ilmu Komunikasi Pascasarjana Usahid, berharap Usahid dapat melahirkan SDM unggul untuk kebaikan bangsa & negara.
Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III – Prof. Dr. Agus Setyo Budi mengapresiasi Usahid yang telah berkontribusi dan mengabdi untuk mencerdaskan bangsa serta membangun karakter yang cakap secara moral & spiritual.

Rektor Usahid – Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom., IPU dalam paparannya 33 Tahun Usahid Mengabdi melaporkan kemajuan dan perkembangan Usahid dari masa ke masa. Bahwa dalam usia yang ke 33 tahun Usahid telah meluluskan lebih dari 10.000 orang yang terdiri dari Diploma, Sarjana, Magister, maupun Doktor. Jaringan alumni yang cukup kuat telah mengisi di berbagai bidang baik di pemerintahan, bisnis maupun akademis. Sejak didirikan 33 tahun yang lalu Usahid telah dipimpin oleh 12 Rektor, yaitu (1) Prof. Dr. Ir. Sambas Wirakusumah, M.Sc ; (2) Prof. H. Mawardi Yunus, SE, (3) Prof. Dr. H. Lukito Sukahar ; (4) Prof. Dr. Ir. H. Darwis S. Gani, M.Sc (5) Prof. Drs. H. Showam Masjhuri, SU, (6) Prof. Dr. Ir. H. Hidayat Syarief, MS ; (7) Prof. Dr. Sutyastie Soemitro Remi, SE., MS, (8) Prof. Ir. Toni Atyanto Dharoko, M.Phil.,Ph.D; (9) Prof. Dr. Ir. Budiarto Subroto, DEA (10). Prof. Dr. Ir. Rahman Abdullah, M.Sc; (11) Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS; dan (12) Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom. Rektor yang ke 12 ini merupakan Rektor pertama yang berasal dari internal Usahid.

Turut memberikan sambutan, Ketua Umum YSJ – Prof. DR. Nugroho B. Sukamdani, MBA., BET. dan Ketua Pembina YSJ – Dra. Hj. Sarwo Budi Wiryanti Sukamdani, CHA.
Harapan kedepan Usahid dapat meningkatkan reputasi akademik dan siap menyelenggarakan Kampus Merdeka dengan implementasi Kurikulum Merdeka untuk mendukung Indonesia Maju yang dicanangkan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Oleh karena itu Usahid perlu segera melakukan transformasi sumberdaya terutama para tenaga pengajarnya untuk mengembangkan creative learning.

Rangkaian acara dalam peringatan Dies Natalis Usahid ke 33, telah dilaksanakan berbagai kegiatan kreatif dan inovatif di tengah situasi covid-19 antara lain : Seminar/ Webinar; “Peluang dan Tantangan Industri Pariwisata di era New Normal”, bekerja sama dengan Ikatan Alumni Usahid pada Selasa 9 Maret 2021. Sebelumnya juga ada, Webinar “Manajemen Lingkungan dan Limbah”, kerjasama Usahid dengan KLH pada Rabu 17 Februari 2021 dan Webinar; “Kolaborasi HexaHelix Komunikasi untuk Bangkitkan Pariwisata Negeri”, pada Sabtu 27 Februari 2021 kerjasama dengan Perhumas. Webinar lainnya, Teknologi Masa depan HSE pada Jum’at 12 Maret 2021 dan beberapa Webinar yang dilaksanakan oleh Fikom, FEB dan Fatepakes.

Usahid Jakarta juga memiliki jaringan bisnis dan lokasi strategis. Para dosen memiliki relasi kuat dan dikenal dalam dunia bisnis dan juga pemerintahan. Usahid masuk klasifikasi klaster 3 APT B, memiliki 8 program studi S1, Sekolah Pascasarjana S2 ada 2 prodi dan 1 prodi S3 Doktor Ilmu Komunikasi, dimana Usahid Jakarta merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta nasional di Indonesia yang mengelola program Doktor Ilmu Komunikasi.

Syukuran Dies Natalis ke 33 Usahid, ditandai dengan doa bersama dan pemotongan nasi tumpeng juga pemberian apresiasi bagi karyawan serta “Sapa Usahid Former Leader” secara virtual. Sebagai penutup di tayangkan video ucapan selamat dan sukacita dari seluruh civitas akademika Usahid, mulai dari pimpinan, dosen, karyawan, CS, satpam, mahasiswa, alumni, orangtua mahasiswa dan masyarakat sekitar. Selain itu dalam rangka Dies Natalis, Usahid juga memberikan Beasiswa Jalur Influencer & Content Creator sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat dimasa pandemic, yang informasinya bisa diakses melalui www.usahid.ac.id/beasiswa.

Selamat Dies Natalis ke 33, Semoga Usahid semakin berkualitas, unggul dan bermanfaat untuk Indonesia.

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments