Dr. Raudha Putri Puteh, S.Kom., MA Raih Predikat Cum Laude Pada Sidang Promosi Doktor Komunikasi Pascasarjana USAHID

Loading

 

Sidang Terbuka Senat Universitas Sahid dalam rangka promosi Doktor Bidang Ilmu Komunikasi, Raudha Putri Puteh, S.Kom., MA , telah diselenggarakan di Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid, Sahid Sudirman Residence, lt. 5, tanggal 23 Februari 2024. Dalam disertasinya yang berjudul; “Bauran Komunikasi Makeup Artist (Studi Fenomenologi Makeup Artist di Jakarta)”, Raudha Putri Puteh, S.Kom., MA berhasil mempertahankan disertasi di hadapan ketua sidang Dr. Ridzki Rinanto Sigit; Promotor Prof. Burhan Bungin; Ko-Promotor Dr. Jamallullail; dan para penguji Prof. Nafiah Ariyani, Dr. Manik Sunuantari, Dr. Frengki Napitupulu dan Dr. Andre Ikhsano serta sekretaris sidang Dr. Hayu Lusianawati. Dr. Raudha secara resmi dikukuhkan sebagai Doktor dalam bidang ilmu komunikasi lulusan ke-158 dari Program Doktor Ilmu Komunikasi Pascasarjana Universitas Sahid dan merupakan lulusan termuda.

Dr. Raudha Putri Puteh, S.Kom., MA lahir di Jakarta pada tanggal 13 Juni 1995, adalah putri dari Prof. (HC) Dr. Ir. Abdullah Puteh M.Si yang merupakan Gubernur Aceh 2000 – 2004, saat ini menjabat sebagai anggota DPD RI 2019 – 2024 dan Dr. Marlinda Poernomo. SE. M.Si. yang merupakan Direktur Sekolah Pascasarjana dan Rektor Universitas Sahid. Dr. Raudha mengawali studi tingkat Sarjana di Universitas Indonesia lulus tahun 2015 kemudian melanjutkan studi Magister Komunikasi Perusahaan dan Pemasaran Hubungan Masyarakat di Leeds, United Kingdom melalui jalur LPDP lulus pada tahun 2017 dan melanjutkan studi Doktor Ilmu Komunikasi pada tahun 2020 di Universitas Sahid dan lulus pada tahun 2024.

Raudha Putri Puteh, S.Kom., MA, merupakan konsultan di perusahaan multinasional Michael Page pada tahun 2018 dan dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Interstudi & London School of Public Relations. Pada tahun 2019 Dr. Raudha mulai terjun di industri kecantikan sebagai Makeup Artist dan wirausaha sampai saat ini. Selain itu, Dr. Raudha Putri Puteh juga menerbitkan buku puisi yang berjudul ‘Katajiwa’ pada tahun 2021 serta tesisnya sudah terbit di jurnal terindeks Scopus. Raudha Putri dalam bidang seni dengan menggeluti bidang tata rias pengantin, upacara adat, tata rias komersial dan kerap berkolaborasi dengan merek kecantikan seperti Moestika Ratu, Barbara Sturm, Button Scarves beauty, Hudabeauty dan lain-lain. Selain itu, Dr. Raudha Puteh juga aktif membuka self makeup class bagi klien yang ingin mempelajari makeup untuk diri sendiri dan private pro makeup class bagi makeup artist pemula.

Baca juga  Round Table Discussion SPS Usahid Indonesian Aviation School

Dalam resume disertasinya, Dr. Raudha Putri Puteh, S.Kom., MA, antara lain mengemukakan;
Bahwa dari penggunaan bauran komunikasi makeup artist, ditemukan personal branding atau reputasi pribadi make up artist itu sendiri sebagai salah satu elemen di luar bauran komunikasi sebagai hal baru dalam penelitian. Personal branding yang merujuk pada upaya pemasaran make up artist itu sendiri, meliputi trust (kepercayaan), price (harga), service (layanan), dan appereance (penampilan), sehingga make up artist dapat diketahui keberadaannya secara profesional oleh masyarakat dan meningkatkan kepercayaan konsumen. . Bauran komunikasi (iklan, hubungan masyarakat, layanan penjualan, kegiatan, promosi mulut ke mulut, promosi penjualan)

yang tepat sangatlah penting dalam industri kreatif yang berbasis digital. Oleh karena itu komunikasi menjadi faktor keberhasilan yang sangat penting. Mengutip pesan dan kesan Dr. Raudha, tidak ada disertasi yang sempurna, karena ilmu akan selalu berkembang sesuai dengan zaman. Setiap penelitian membawa tantangan dan peluang baru, serta selalu ada ruang untuk pembaruan (kebaruan) dan penyempurnaan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat meningkatkan pemahaman tentang pentingnya personal branding dalam bauran komunikasi dan kesuksesan di industri kecantikan. ### (SN)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Bagikan Berita Ini

Dr. Raudha Putri Puteh, S.Kom., MA Raih Predikat Cum Laude Pada Sidang Promosi Doktor Komunikasi Pascasarjana USAHID

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top