Bagikan Berita Ini

Kerjasama Yayasan Sahid Jaya dan Shinhan University Korea dalam Overseas Volunteers Program

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta
Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Kerjasama Yayasan Sahid Jaya dan Shinhan University Korea dalam Overseas Volunteers Program

Salah satu tujuan Universitas Sahid Jakarta (USAHID), sesuai dengan visi dan misinya adalah mengembangkan kerjasama Nasional dan Internasional dalam mewujudkan USAHID yang unggul. Dengan penyelenggaraan sistem pendidikan dan pengajaran yang bermutu tinggi, Universitas Sahid Jakarta membuka pintu bagi kedatangan mahasiswa yang siap mengembangkan diri, termasuk dari Luar Negeri. Untuk itu pada 5 Januari 2023, USAHID menerima kunjungan dari Shinhan University Korea dalam Overseas Volunteers Program yang merupakan salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, sebagai tindak lanjut MOU yang telah di tandatangani antara Yayasan Sahid Jaya dengan Shinhan University Korea. Kerjasama International ini didukung oleh lembaga pendidikan di bawah manajemen Yayasan Sahid Jaya, yaitu Universitas Sahid, Sekolah Pascasarjana Sahid dan Politeknik Sahid.

Tim Shinhan University Korea yang di pimpin oleh Prof. Song Jeong Ae – Head of Logos Volunteer Corps at Shinhan University membawa 7 professor, 13 staf dan 20 mahasiswa, yang rangkaian kegiatannya berlangsung dari 5 – 12 Januari 2023. Hari pertama kunjungan, 5 Januari 2023, Tim Shinhan University diterima Prof. Dr, Nugroho B. Sukamdani, MBA., BET – Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya; Dr. Ir. Haryadi Sukamdani, MM – President Director PT. Hotel Sahid Jaya International dan Dr. Yohanes Sulistyadi – Direktur Eksekutif Yayasan Sahid Jaya di kantor Yayasan Sahid Jaya, Sahid Sudirman Residence lantai 5. Berlanjut kunjungan Tim Shinhan University ke Sekolah Pascasarjana USAHID, yang di sambut Dr. Marlinda Irwanti Poernomo, M.Si – Direktur Sekolah Pascasarjana (SPS) beserta tim SPS. Tim Shinhan University mengikuti diskusi mengenai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi  yang meliputi presentasi book chapter oleh Morissan, SH., MA., Ph.D dan Dr. Algooth Putranto, M.Ikom, dilanjutkan presentasi riset dan pengabdian masyarakat oleh Ka. Prodi MM – Dr. Fauziah Ediyono; Ka. Prodi MIK – Dr. Hifni Alifahmi dan Ka. Prodi DIK – Dr. Ridzki Sigit.

Kegiatan Tim Shinhan University selanjutnya berkunjung ke Universitas Sahid Tebet Jakarta Selatan. Tim disambut Rektor USAHID – Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom., IPU yang di dampingi Wakil Rektor I – Dr. Ir. Ninin Gusdini, ST., MT; Wakil Rektor II – Dr. Titi Widaningsih, M.Si dan Ka, BPMPP – Dr. Ir. Iman Basriman. Disela acara dilaksanakan penandatanganan MOU antara Universitas Sahid dengan Universitas Pattimura (UNPATTI) dan penandatanganan MOA antara Pascasarjana USAHID (SPS) dan Pascasarjana UNPATTI. Rektor UNPATTI – Prof. Dr. Marthinus Johanes Saptenno, SH., M.Hum di dampingi Wakil Rektor IV – Dr. Muspida, M.Si; Direktur Pascasarjana – Prof. Dr. Dominggus Malle, Spt., M.Sc dan Wadir Pascasarjana – Dr. Richard Benny, ST., MT.

Kerjasama ini meliputi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan implementasi MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), seperti pertukaran tenaga pendidik (dosen tamu), pelatihan, seminar, joint riset, pengembangan SDM, publikasi ilmiah, kegiatan kemahasiswaan, promosi dan sebagainya.

Rektor USAHID – Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom., IPU dalam sambutan nya berharap kerjasama dengan UNPATTI dan   Shinhan University dapat diimplementasikan  untuk membangun reputasi masing-masing. Kegiatan selanjutnya dilaksanakan Studium General dan sharing knowledge   dengan Shinhan University  dengan topik  Social Security System and History of Korea oleh Prof. Lim Weon Sun dan Local Based  Functional Food oleh Dr. Rahmawati, ST., M.Si – Dekan Fatepakes, dimoderatori Khairul Syafuddin, MA – Dosen Fikom dan didampingi interpreter (penerjemah Bahasa Korea).

Sesuai visi USAHID sebagai Tourism and Entrepreneur University, acara dibuka dengan tarian wonderful Indonesia dan ditutup dengan penampilan lagu daerah Yamko Rambe Yamko dan lagu Korea ICU oleh para mahasiswa USAHID. Tim Shinhan University sangat antusias dan senang atas sambutan dan acara yang luar biasa dari Pascasarjana dan USAHID, terutama para mahasiswa Korea sangat menikmati moment kebersamaan dan keramahan para mahasiswa USAHID. Tim Shinhan University juga diajak menikmati sajian yang di tampilkan dalam pameran produk pangan dari mahasiswa prodi teknologi pangan, yang menyajikan makanan dan minuman hasil pengembangan produk pangan bernilai fungsional seperti minuman kemangi lemon, minuman tempe jahe, kenikir lemon, snack bar ubi jalar, manisan pala, mie kering kubis ungu, kukis oat, sus kering tepung sukun, cup cake tepung kulit buah naga, cookies jagung & kacang hijau, nuget wortel sawi, brownies kering oat, pudding buah naga dan yogurt kayu manis sereh.

Rangkaian kunjungan Tim Shinhan University selanjutnya ke SDN Bendungan Hilir 01 Jakarta untuk melaksanakan pengabdian masyarakat Overseas Volunteers Program; City tour ke Mesjid Istiqlal, Monas, Lapangan Banteng dan Sarinah; Outbon ke Desa Wisata Mulyaharja yang merupakan desa binaan Poltek Sahid; Culture Performing Night dan kunjungan ke KOICA (the Indonesian Office of World Friends Korea). Semoga kerjasama yang telah terjalin antara Yayasan Sahid Jaya, Shinhan University Korea dan Universitas Pattimura dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments