Kolaborasi USAHID dan KOWANI dalam Pendidikan Generasi Bangsa

Loading

Universitas Sahid (USAHID) berkolaborasi dengan Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) yang diwujudkan dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dalam Tridarma Perguruan Tinggi pada Rabu 24 Januari 2024. Penandatanganan dilakukan oleh Rektor USAHID Dr. Marlinda Irwanti Poernomo , SE., M.Si dan Ketua Umum KOWANI Dr.Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., pada Pembukaan Rapat Kerja V KOWANI Tahun 2024 di Kantor Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Medan Merdeka.

Raker yang dihadiri oleh Menteri PPPA RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga, SE., M.Si mengambil tema Memperkuat Organisasi Perempuan Sebagai Ibu Bangsa yang Mandiri, Berkualitas, Menuju Indonesia Maju”. Mewakili USAHID hadir Ketua Satgas PPKS USAHID Dr. Dessy Sunarsi, SH.,MM dan Sekretaris Satgas PPKS skaligus Ka. Humas & Kerjasama USAHID Sri Nursanti, S.Sos., M.Si.

Ruang lingkup kerja sama MOU yang disepakati adalah dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat serta disinergikan dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Implementasi MOU akan diturunkan ke berbagai program kegiatan seperti penelitian bersama kajian gender & anak, seminar narasumber, dosen tamu, bantuan hukum, kajian lebih lanjut bagi anggota KOWANI dan sebagainya.

Dikesempatan itu, Ketua Umum KOWANI Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd, antara lain menyatakan jangan pernah berhenti belajar karena kolaborasi dengan mitra pendidikan maupun duta negara sahabat melalui program beasiswa menjadi penting untuk dilakukan. Selain dengan USAHID, penandatanganan MOU juga dilakukan dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Seperti kita ketahui KOWANI merupakan federasi dari organisasi kemasyarakatan Wanita Indonesia yang mewadahi 103 anggota organisasi dan 90 juta anggota perempuan di seluruh Indonesia, yang fokus pada Pendidikan, Kesehatan, Supremasi Hukum & Konstitusi, Kesejahteraan Rakyat, Lingkungan Hidup, Hak Asasi Manusia (HAM), Kesetaraan dan Keadilan Gender.

Baca juga  Launching dan Sosialisasi Pos SAPA Usahid

Dr.Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., menambahkan bahwa secara garis besar dalam 4 tahun kepengurusan, KOWANI dalam melaksanakan program kerja dari 12 bidang selalu bekerja sama dengan lembaga pemerintah, non pemerintah dan Perguruan Tinggi. Salah satu program kerja unggulan KOWANI adalah Gerakan Ibu Bangsa Mendorong Kepemimpinan Perempuan.Hal ini dibuktikan dengan salah satu Ketua KOWANI Dr. Marlinda Irwanti Poernomo, SE., M.Si berhasil menjadi Rektor Universitas Sahid.

Lebih lanjut disampaikan Dr.Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., sesungguhnya kekuatan nyata KOWANI bukan sekadar pada jumlah organisasi anggotanya yang kini tercatat 103 organisasi, namun kinerja KOWANI sangat ditentukan oleh sinergisitas dari keseluruhan kinerja anggota-anggotanya, dimana untuk menjalankan organisasi dengan baik, perempuan harus menjadi Ibu Bangsa yang cerdas dan berkarakter.

Ketua KOWANI skaligus Rektor USAHID, Dr. Dra.Marlinda Irwanti Poernomo, SE, M.Si, memaparkan dihadapan para peserta Raker tentang USAHID sebagai salah satu kampus yang mendukung program anti kekerasan pada perempuan dan anak, yang ditandai dengan terbentuknya Satuan Tugas Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS) USAHID yang secara resmi dikukuhkan oleh Rektor pada 11 Januari 2024. Dalam kesempatan itu Menteri PPPA RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga, SE., M.Si juga memberikan berbagai dan mendukung terbentuknya Satgas PPKS dan ruang aman POS SAPA (Sahabat Perempuan & Anak) USAHID. Sambutan juga diberikan Kemendikbud RI yang diwakili Prof. Ir. Nizam, M.Si., DIC., Ph.D Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. Hadir di USAHID saat itu perwakilan LLDIKTI wilayah III, Renakta POLDA Metro Jaya, DPPAPP DKI Jakarta, Pusat Pengatan Karakter (Puspeka), Yayasan Pulih dan Ketua Satgas PPKS Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Terbentuknya Satgas PPKS merupakan Amanah Permendikbud no. 30 tahun 2021 untuk mewujudkan kampus yang aman dan nyaman bagi proses pembelajaran siswa. Dan USAHID memiliki misi menyelenggarakan Pendidikan Tinggi melalui sistem pendidikan dan pengajaran yang berkualitas. Kowani sebagai Ibu Bangsa yang mempunyai tugas mendidik dan menyiapkan generasi bangsa, tentunya selaras dengan misi USAHID tersebut, yakni memiliki tujuan yang sama untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan semangat Ibu Bangsa.### (SN)

Baca juga  Seminar Nasional Dukungan Stakeholders Perguruan Tinggi Terhadap Kebijakan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka)
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Bagikan Berita Ini

Kolaborasi USAHID dan KOWANI dalam Pendidikan Generasi Bangsa

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top