Bagikan Berita Ini

Launching dan Sosialisasi Pos SAPA Usahid

Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Launching dan Sosialisasi Pos SAPA Usahid

Dalam rangka pembentukan Pos SAPA (Sahabat Perempuan dan Anak) pada PTS di DKI

Jakarta bekerja sama dengan UHAMKA, UNDP dan DPPAPP DKI Jakarta, telah berlangsung acara launching dan sosialisasi POS SAPA Universitas Sahid Jakarta, 30 September 2021 melalui aplikasi Zoom.

Launching dan Sosialisasi POS SAPA Universitas Sahid Jakarta (USAHID), dengan tema: “Universitas Sahid Jakarta Kampus Sahabat Anak dan Perempuan”.

Acara di awali sambutan pembukaan dari Kepala LPPM Usahid Jakarta, Prof.Dr.Ir. Giyatmi Irianto, M.Si. Sambutan berikutnya masing-masing disampaikan oleh Rektor UHAMKA, Prof.Dr.Gunawan Suryoputro, M.Hum yang diwakili Wakil Rektor I. Sambutan juga disampaikan dari Rektor Universitas Sahid, Prof.Dr. Ir. Kholil, M.Kom, IPU sekaligus melaunching POS SAPA USAHID ditandai dengan gong electrik.

Tim POS SAPA USAHID diketuai oleh, Merry Safarwari, S.Sos, M.Si. Selaku pengarah yaitu, Rektor Usahid dan Kepala LPPM Usahid, Prof.Dr.Ir. Giyatmi Irianto, M.Si, beserta Kepala PSG Usahid, Dr. Dessy Sunarsi, SH, MM dan Dekan FH Usahid, Dr. Yuherman, SH, MH

Dalam rangkaian acara ini, juga ada sesi diskusi dan seminar. Dua narasumber dihadirkan yaitu ; Ir.Agustina Erni, M.Sc dan Prof. Alimatul Qibtiyah, S.Ag, M.Si. Dr. Yuherman, SH.MH, bertindak sebagai Moderator. Pada sesi seminar dan diskusi ini, sebelumnya Keynote Spech disampaikan oleh Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Ir. Tuti Kusumawati, MM.

Narasumber pertama, Ir. Agustina Erni, MSc (Deputy Pemenuhan Hak Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI), membahas strategi perlindungan terhadap perempuan dan anak. Disampaikan arahan Presiden RI 5 Program Prioritas Perempuan dan Anak : Peningkatan pemberdayaan perempuan dan anak; Peningkatan peran ibu dan keluarga dalam pendidikan atau pengasuh anak; Penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak; Penurunan pekerja anak; Pencegahan perkawinan anak.

Narasumber kedua, Prof. Alimatul Qibtiyah, S.Ag, M.Si, Ph.D (Komisioner Komnas Anti Kekerasan Perempuan RI), membahas tentang pentingnya SOP Pencegahan dan Penanggulangan kekerasan seksual (PPKS) di Perguruan Tinggi. Disampaikan antara lain, kekerasan berbasis siber (KGBS) yang meningkat sangat signifikan ditahun 2020. Data dari lembaga layanan (120 Lembaga), KGBS diranah KDRT/ RP bertambah dari 35 kasus menjadi 329 kasus. Ini berarti terjadi kenaikan 920% KGBS di ranah KDRT/ RP dibandingkan tahun sebelumnya.

Para peserta pada acara ini selain dari mahasiswa, kalangan akademisi juga organisasi perempuan KOWANI dan FPPI, Kepala Dinas PPPAPP beserta segenap jajaran Sudin Provinsi DKI Jakarta dan lainnya. Hadir juga perwakilan dari UNDP. Acara ditutup dengan diskusi dipandu oleh Moderator.
Saat lauching ditampilkan susunan pengurus POS SAPA Universitas Sahid, yaitu Pelindung
Rektor Universitas Sahid; Tim Pengarah Ka.LPPM Usahid, Ka. PSG Usahid dan Dekan FH Usahid.
Ketua – Merri Safarwati Putri, S.Sos. MSi; Wakil Ketua – Moch. Sambas, SE, MM; Penanggung Jawab Layanan Pengaduan – Chendi Liana, S.IK., M.I.Kom; Penanggung Jawab Konseling Psikologi – Dra. Nurul Haniza, M.Si; Penanggung Jawab Konsultasi Hukum –
Fahririn, SH., MH.

Pembentukan Pos SAPA Usahid berdasarkan SK Ka Dinas No. 147 tahun 2021 tentang Penetapan 11 Lokasi POS SAPA Jalur Perguruan Tinggi di Provinsi DKI Jakarta dimana Usahid termasuk diantaranya.

Segenap civitas akademika Usahid mengucapkan selamat bertugas dan menjalankan amanah untuk masyarakat luas.

 

 

 

 

 

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments