LDKM USAHID 2023

Loading

Pengembangan kemahasiswaan adalah suatu upaya yang dilakukan dengan penuh kesadaran, terencana, teratur, terarah dan bertanggung jawab untuk mengembangkan sikap, kepribadian, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam mendukung kegiatan kurikuler untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Salah satu bentuk pengembangan tersebut adalah pemberian bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM).

Atas dasar itulah, Usahid Jakarta melalui Direktorat Kemahasiswaan Pengembangan Karakter dan Alumni (KPKA) kembali melaksanakan LDKM Usahid secara offline dikampus Usahid, 7 – 14 Februari 2023.

LDKM Usahid 2023 kali ini diikuti 104 peserta dari 5 fakultas yang ada
di Usahid Jakarta. Acara pembukaan bertempat diaula Prof.Dr. Sukamdani Sahid Gitosardjono, dihadiri oleh Rektor Usahid, Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom, IPU, sekaligus membuka acara ini secara resmi. Turut hadir Wakil Rektor I Usahid, Dr.Ninin Gusdini, ST, MT beserta para undangan lainnya.

Rangkaian acara selanjutnya diisi dengan penyampaian materi-materi. Materi Character Building oleh Ismayanti Istanto, ST.Par, M.Sc; Manajemen Diri oleh Kania Ratnasari, ST, MIB. Berikutnya ada materi : Smart Leadership oleh Bernard Hasibuan, S.Pd. MMSI, Ph.D; dan materi Teknik Komunikasi oleh Chendy Liana, S.IK, M.I.Kom.

Hari kedua, 8 Februari 2023 kegiatan diisi dengan penyampaian materi terkait Profesional oleh pemateri dari masing-masing fakultas. Titin Astuti, SE, M.Si dan Ani Siska, MY, SH, M.SM, MM dari FEB. Drs. Arry Rahayunianto, MM, M.Si dan Daesy Ekayanthy, S.Pd, MSi dari Fikom.

Selanjutnya dari FATEPAKES, Shanti Pujilestari, STP, MM, MBA dan Khoirul Anwar, S.Gz, M.Si. Dr.Dessy Sunarsi, SH, MM dan Fahririn, SH, MH dari Fakultas Hukum serta, Soecahyadi, ST, MT dan Siti Aminatu Zuhria, ST, MT dari Fakultas Teknik.

Rangkaian pelaksanaan acara LDKM Usahid 2023 selanjutnya, 9 – 13 Februari diisi dengan penugasan dari para pemateri. Pembahasan tugas-tugas dari para pemateri dibagi dalam ruangan sesuai kelompok yang sudah di bentuk diawal.

Baca juga  Studi Lapangan Mahasiswa FIKOM Usahid ke PT. Pangansari Utama (Media Group)

Sebagai penutup dalam rangkaian kegiatan LDKM Usahid 2023, diumumkan peserta terbaik dan juga
pemateri terbaik. Hadir sekaligus memberikan arahan Wakil Rektor I Usahid Jakarta, Dr. Ninin Gusdini, ST, MT.

Peserta terbaik untuk tingkat Universitas: Terbaik 1. Dias Pebriana (Prodi Manajemen FEB); Terbaik 2. Halimah Tusa’diyah (Prodi Ilmu Hukum FH); dan Terbaik 3, Muhammad Alif Reza (Prodi Teknologi Pangan FATEPAKES).

Peserta Terbaik Fakultas: Olwin Kasufil Shidqi (Fikom); Dias Pebriana (FEB); Alwi Fikri (Fakultas Teknik); Femi Fahturohmah (FATEPAKES); dan Halimah Tusa’diyah (Fakultas Hukum). Narasumber Terbaik dalam LDKM Usahid 2023, Ismayanti Istanto., S.T.Par., M.Sc.

Direktur KPKA Usahid Jakarta, Nani Rohani, SH, menjelaskan bahwa dalam LDKM Usahid 2023 ini, materi dibagi sebagai berikut: Kepemimpinan (50%) lalu Pengembangan Karakter (30%) dan Profesionalitas (20%). Para pelatih/ trainer terdiri dari para Wakil Dekan, Kepala Prodi, Wakil Kepala Prodi dan Dosen Tetap Usahid.

Selanjutnya Direktorat KPKA Usahid Usahid juga akan melaksanakan program kerja rutin setiap tahun, yaitu LKMM Usahid 2023.

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Scroll to Top