LPPM USAHID Bekerjasama Dengan Bank BSI South City Melaksanakan PKM Kolaborasi Kepada UMKM

Loading

 

LPPM (Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat) Universitas Sahid bekerja sama dengan BSI (Bank Syariah Indonesia) South CIty melaksanakan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat), pada Kamis 25 Januari 2024 di Kampung Belang Cafe & Resto Jl. Mandor Tadjir, Kota Depok – Jawa Barat. PKM sebagai implementasi Tridarma Perguruan Tinggi ini merupakan kolaborasi 3 Perguruan Tinggi Swasta, yaitu STIE MBI (Sekolah Tinggi Ilmu EKonomi Manajemen Bisnis Indonesia), Universitas Jayabaya dan Institut Bisnis Nusantara (IBN) kepada 30 UMKM Kota Tangerang Selatan dan sekitarnya.

Kegiatan yang dihadiri Kepala Dinas Koperasi UMKM Kota Tangerang Selatan beserta jajarannya, diawali dengan penandatanganan MOU antara LPPM Universitas Sahid (Prof. Dr. Ir. Giyatmi, M.Si selaku Kepala LPPM Usahid) dan Bank BSI South City (TB Rifki Fahrudin, SS selaku Kepala Cabang KCP Kota Tangerang Selatan). Dilanjutkan sambutan dari Kepala LPPM Prof.Dr.Ir. Giyatmi, M.Si dan Kepala Dinas Koperasi UMKM Kota Tangerang Selatan Bachtiar Priyambodo, S.STP., M.Si.

Rangkaian kegiatan PKM dimulai dengan pemaparan terkait KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan QRIS yang disampaikan langsung oleh Kepala Cabang KCP Kota Tangerang Selatan, TB Rifki Fahrudin, SS. Hingga pembukaan buku tabungan BSI dan dibuatkan QRIS sebagai usaha pembayaran digital, serta diberi souvenir dari BSI dan para dosen.

Kegiatan PKM dilanjutkan dengan Penyuluhan oleh para dosen berupa pemberian materi dan edukasi dengan topik-topik mengenai Pemasaran Digital, Literasi Keuangan, Keuangan Digital, Pedoman Pembuatan Label & Iklan Pangan Olahan , Pengolahan Limbah UMKM Pangan menjadi Produk Bernilai Ekonomis, Teknik kompisting takakura dari limbah dapur dan Pendaftaran Hak Merek sebagai Perlindungan Hukum. Para peserta di edukasi mulai dari cara memanfaatkan platform digital seperti media sosial dan situs web untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan visibilitas produk UMKM; meningkatkan pemahaman dalam mengelola keuangan dengan lebih bijak melalui pembayaran digital; memberikan pemahaman tentang aturan pelabelan iklan pangan sesuai dengan peraturan yang berlaku; mengajarkan teknik pengolahan limbah yang ramah lingkungan; hingga menjelaskan cara mendaftarkan merek untuk membangun kepercayaan konsumen.

Baca juga  The 7th FiA Conference 2022

Diharapkan kegiatan PKM ini dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensi UMKM dalam menciptakan produk yang berdaya saing di pasar dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal. Universitas Sahid, BSI South City, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangerang Selatan berkomitmen untuk menyelenggarakan kegiatan serupa dengan para UMKM lainnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Bagikan Berita Ini

LPPM USAHID Bekerjasama Dengan Bank BSI South City Melaksanakan PKM Kolaborasi Kepada UMKM

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top