PKM Teknologi Pangan, Fatepakes Melalui Sertifikasi Halal pada Wirausaha UKM Milenial

Loading

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan Universitas Sahid Jakarta pada tanggal 13 – 17 Desember 2021. Kegiatan ini merupakan program pengabdian kepada masyarakat berbasis kewirausahaan dengan tema PKM Usaha Sayap Ayam Milenial di Kota Bekasi Melalui Sertifikasi Halal. Kegiatan ini merupakan bagian dari bantuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi program Pengabdian Kepada Masyarakat melalui kegiatan bantuan pendanaan program penelitian kebijakan merdeka belajar kampus merdeka dan pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian dan Purwarupa Perguruan Tinggi Tahun 2021.

Mitra adalah anak-anak muda berusia 23-25 tahun yang memiliki usaha sayap ayam milenial, yaitu produk ayam goreng berbalur tepung dengan tekstur krispi, bagian ayam yang digunakan hanya bagian sayapnya saja. Saos dari sayap ayam krispi ini terdiri dari berbagai varian yaitu korean spicy, cheese sauce, barbeque, salted egg, lemon butter, kari, roasted corn, dan tartar. 8 jenis saos tersebut disukai oleh para milenial. Oleh sebab itu dalam kegiatan ini usaha mitra disebut sebagai usaha sayap ayam milenial. Mitra adalah alumni Tata Boga di salah satu perguruan tinggi pariwisata di Jakarta yang lulus pada masa pandemi. Sehingga pilihan untuk berwirausaha adalah pilihan yang sangat tepat. Saat ini di Kota Bekasi terdapat 2 cabang usaha sayap ayam milenial, yaitu di Bekasi Timur dan Bekasi Utara. Kedai di Bekasi Utara adalah pengembangan usaha dari Bekasi Timur dengan cara waralaba.

Tim PKM kali ini terdiri dari Shanti Pujilestari, ST.,MM.,MBA, Hamidatun, STP.,M.Si dan dua orang mahasisiwa Teknologi Pangan yaitu Raden Sukma Jaya Abas dan Kinanti Rella Vana.
Terdapat 3 kegiatan dari PKM ini yaitu pertama kegiatan sosialisasi sertifikasi halal pada usaha sayap ayam milenial di Kota Bekasi. Kedua adalah pendampingan penyusunan dokumen halal dan ketiga adalah pengadaan barang. Dari hasil kegiatan diketahui bahwa terjadi peningkatan pengetahuan peserta sosialisasi. Kedua dihasilkan dokumen halal yaitu manual halal industri makanan dan minuman dan kebijakan halal. Kegiatan ketiga adalah diberikan bantuan barang berupa penghisap asap agar udara lingkungan sekitar tidak bau akibat proses pemasakan. Lokasi dapur produksi sayap ayam milenial ini berada di teras rumah. Mitra memberikan tanggapan positif atas kegiatan secara keseluruhan dan akan segera mendaftarkan produknya untuk mendapatkan sertifikasi halal.

Baca juga  WISUDA KE-40 UNIVERSITAS SAHID JAKARTA MENGANGKAT TEMA TRANSFORMASI KOMUNIKASI DI ERA POST TRUTH
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Bagikan Berita Ini

PKM Teknologi Pangan, Fatepakes Melalui Sertifikasi Halal pada Wirausaha UKM Milenial

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top