SOSIALISASI PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA 2024 & PERESMIAN PKM CENTER USAHID

Loading

Direktorat Kemahasiswaan, Pengembangan Karakter dan Alumni USAHID menyelenggarakan Sosialisasi Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 2024 skaligus Peresmian PKM Center pada Sabtu, 20 Januari 2024 pukul 16.00 WIB melalui zoom meeting. Rektor – Dr. Marlinda Irwanti Poernomo, SE., M.Si dalam sambutannya menyatakan bahwa Program Kreatifitas Mahasiswa merupakan upaya menumbuhkan kreativitas dan inovasi mahasiswa serta membentuk karakter dan keterampilan berpikir serta bertindak. PKM juga merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan oleh Ditjen Diktiristek di bawah pengelolaan Belmawa, sebagai upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa.

Dalam kesempatan itu disampaikan pemaparan PKM oleh Khoirul Anwar, S.Gz., M.Si dan pemaparan teknis PKM oleh Direktur KPKA – Nani Rohani, SH. Disampaikan bahwa PKM sangat mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU), yaitu meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi di level nasional. Dalam mencapai target peningkatan proposal PKM tahun 2024, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU). IKU merupakan ukuran yang digunakan untuk mengukur pencapaian tujuan dan hasil dari suatu program atau kegiatan. Peningkatan IKU dapat dilakukan dengan meningkatkan jumlah dan kualitas proposal yang diajukan, serta meningkatkan tingkat keberhasilan proposal yang lolos.

Untuk mendorong kreativitas dan inovasi dosen dan mahasiswa, perlu penyediaan sumber daya dan fasilitas yang memadai, pelatihan dan workshop untuk mengembangkan keterampilan kreatifitas dan inovasi, serta apresiasi dan penghargaan bagi ide-ide yang inovatif dan kreatif.
Dalam sharing session, Dr. Rahmawati – Dekan Fakultas Teknologi Pangan & Kesehatan, memberikan semangat dan motivasi serta berbagi pengalaman membina dan membimbing mahasiswa mengikuti kompetisi bidang akademik dan kemahasiswaan.

Begitu juga para mahasiswa penerima hibah PKM dari Fatepakes – Julya Untari memberikan testimoni tentang cara merancang dan melakukan penelitian, menganalisis data, serta menulis laporan ilmiah yang akurat dan sistematis. Mahasiswa lainnya penerima hibah PKM – Novita Amanda menyatakan melalui PKM bisa melakukan inovasi dengan keilmuan yang dimiliki dan didanai oleh Dikti.

Baca juga  Pembekalan Wisudawan Usahid Jakarta

Di akhir acara Wakil Rektor I – Dr. Ninin Gusdini, ST., MT memberikan sertifikat untuk para pemateri dan menekankan bahwa untuk mencapai target peningkatan jumlah proposal yang lolos PKM tahun 2024 sebesar 50% lebih tinggi dari tahun sebelumnya, perlu dilakukan evaluasi terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan proposal PKM. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah kualitas proposal, pemilihan tema yang relevan, kemampuan pelaksanaan proyek, serta dukungan dan bimbingan yang memadai.

Dengan adanya Program Kreatifitas Mahasiswa Center yang baru diresmikan ini, diharapkan dapat memberikan dorongan dan dukungan yang lebih besar bagi mahasiswa dalam mengembangkan proposal PKM yang inovatif dan berkualitas. Dengan demikian, diharapkan dapat tercapai peningkatan jumlah proposal yang lolos PKM tahun 2024 sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Bagikan Berita Ini

SOSIALISASI PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA 2024 & PERESMIAN PKM CENTER USAHID

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top