• Depan
  • Penelitian & Publikasi
  • Media Library
  • Tim Redaksi

Bagikan Berita Ini

Strategi dan Kiat Sukses Meraih Proper untuk Meningkatkan Citra dan Keberlangsungan Kemajuan Perusahaan

Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di

Tim Redaksi

Hasan Taswin Arief, S.Sos

Berita Terbaru

Strategi dan Kiat Sukses Meraih Proper untuk Meningkatkan Citra dan Keberlangsungan Kemajuan Perusahaan

Usahid Jakarta bekerjasama dengan Kementrian Lingkungan Hidup Kehutanan RI dan PT Polytama Propindo, menyelenggarakan Webinar via aplikasi Zoom, Rabu 17 Februari 2021 dengan tema; Strategi dan Kiat Sukses Meraih Proper untuk Meningkatkan Citra dan Keberlangsungan Kemajuan Perusahaan.

3 narasumber dihadirkan pada Webinar yg dipandu oleh, Ir. Hanifah Handayani, MT (Direktur AKAMIGAS Balongan). Narasumber pertama, Ir. Agus Haryanto, MM (Former President Director PT.Badak NGL, Jakarta), dengan materi ; “Komitmen dan Konsistensi Pencapaian Proper Emas Sebagai Pendorong Kemajuan dan Keberlangsungan Operasi Perusahaan”. Narasumber ke dua, M.R. Karliansyah, M.Si (Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI), materi yang disampaikan; “Tantangan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kebijakan Proper 2021 Industri Petrokimia”. Narasumber ketiga, Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom, IPU (Rektor Usahid Jakarta / Sekjen FOPI – Forum Organisasi Profesi IPTEK), materi yang dibahas, “Kolaborasi dan Harmonisasi dengan Lingkungan Internal dan Eksternal”.

Pada Webinar yang diikuti para peserta dari perusahaan terkait dan juga akademisi ini, antara lain disimpulkan, bahwa setiap perusahaan wajib melakukan pengelolaan lingkungan agar tidak menimbulkan dampak negatif terhadap masyarakat sekitarnya, yang dapat menyulut kegiatan anarkis yang bisa merugikan perusahaan.

Pemerintah memberikan apresiasi terhadap perusahaan yang mampu mengelola lingkungan dengan baik, melalui pemberian Proper.
Pengelolaan lingkungan yang melebihi standar, akan diberikan penghargaan Proper Hijau atau Emas.

Perusahaan yang telah mendapatkan Proper, terlebih Proper Emas, akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat dan citra positif, sehingga akan mampu mendorong investor, pertumbuhan atau bahkan munculnya core bisnis lain.

Penghargaan yang diberikan ke perusahaan tidak statis, namun harus dipelihara untuk dapat dipertahankan. Jika tidak dipelihara, bisa turun atau bahkan bisa tidak mendapat penghargaan lagi.

PT Polytama Propindo, salah satu perusahaan yang telah mendapatkan penghargaan tertinggi Proper Emas. Perusahaan ini telah berhasil mengelola lingkungan dan membangun condev terhadap masyarakat sekitarnya dengan baik, serta menjaga harmonisasi internal dan eksternal.

Penilaian proper ini, akan dilakukan setiap tahun, melalui desk evaluation terhadap Dokumen Pengelolaan Lingkungan yang dikirim dengan instrumen2 yang terus berkembang. Penilaian Proper terhadap perusahaan, juga didasarkan pada berbagai indikator.

Perusahaan harus memiliki strategi untuk mempertahankan prestasinya. Kerjasama dan partisipasi semua karyawan, serta peran Leader menjadi Key Success Factor dalam meraih proper, juga mempertahankan maupun meningkatkan citra dan keberlangsungan kemajuan perusahaan.

Atas dasar itulah, perlu komunikasi yang efektif baik secara internal maupun eksternal. Selain itu juga persiapan serta perencanaan yang terprogram secara baik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments