USAHID Bersama 7 Perguruan Tinggi Kolaborasi PKM Dalam Pemberdayaan UMKM

 

Sebanyak 8 perguruan tinggi swasta (PTS) yaitu Universitas Sahid, Universitas Persada Indonesia, STIMA IMMI, Institut Pariwisata Trisaksi, STIE Indonesia, Universitas Satya Negara Indonesia, Institut Bisnis Nusantara, STIE Indonesia Banking School, melakukan kolaborasi dalam kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) dalam pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) disekitar pantai Carita, Banten, Jawa Barat. UMKM yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu UMKM yang telah dibina oleh Permodalan Nasional Mandiri (PNM) sehingga kegiatan ini bertujuan untuk emberikan dukungan holistik dan berkelanjutan bagi UMKM dalam menghadapi tantangan ekonomi.

Kegiatan yang dilakukan selama 2 hari (28-29 Juli 2023) dengan topik manajemen usaha, digital marketing, diversivikasi produk, pengolahan kuliner makanan, penggunaan teknologi dan keuangan usaha ini diharapkan dapat memberikan manfaat secara optimal untuk dapat meningkatkan kesejahteraan usahanya agar semakin maju dan berkembang.

Topik PKM oleh tim USAHID antara lain : Pelatihan dan Praktik Promosi dan Pemasaran Produk melalui Digital Marketing, disampaikan oleh para dosen Usahid yaitu ; Euis Widiati, SE, MM, Annisa Retno, SE, M Si, Kania Ratnasari, ST, MIB. Topik mengenai Pelatihan Pengolahan Pariwisata dari aspek CHSE, disampaikan oleh; Dr. Ekaterina Setyowati, ST. MT, Dr. Diny Agustini S, ST, MT dan Lisa Ratnasari, ST, M.Si. Topik Pelatihan Manajemen Keuangan untuk UMKM dan Homestay/ Jasa Penginapan, disampaikan oleh; Dr. Levyda, SE, MM, Dr. Maya Dewi Maharani, SE dan Prof. Dr. Giyatmi, M.Si. Selanjutnya pelatihan; Memaksimalkan Teknologi Dalam Smartphone untuk Branding Produk dan Jasa, disampaikan oleh; Dr. T. Titi Widaningsih, M.Si, Dra.Nurul Haniza, M.Si dan Dr. Rahmawati, S.Tp, M.Si.

Kolaborasi antara perguruan tinggi sebagai komitmen nyata kolaborasi antar perguruan tinggi dalam mengembangkan sektor UMKM di Indonesia. Kegiatan yang dilakukan didasarkan atas keahlian dari masing-masing tim dengan memberikan pemahaman dan pelatihan kepada pelaku UMKM. Hasil dari kegiatan yang dilakukan akan di publikasikan dalam bentuk artikel dari masing-masing tim sesuai dengan topik yang diberikan. Semoga kegiatan ini akan semakin berkembang khususnya untuk mengembangkan UMKM di Indonesia.

Baca juga  Workshop Pengembangan Kapasitas Dosen Muda
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Bagikan Berita Ini

USAHID Bersama 7 Perguruan Tinggi Kolaborasi PKM Dalam Pemberdayaan UMKM

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top