Usung Tema “Artificial Intelligence (AI) & Pembelajaran Masa Depan”, SPS USAHID Gelar OSMARU 2023 Hybrid

Loading

 

Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid (SPS USAHID) menggelar OSMARU (Orientasi Studi Mahasiswa Baru) secara hybrid (online & offline) pada Sabtu, 4 September 2023. Acara menyambut mahasiswa baru semester ganjil tahun akademik 2023/2024 ini diikuti oleh lebih 70 mahasiswa baru dari S2 magister manajemen & magister ilmu komunikasi dan S3 doktor ilmu komunikasi.

OSMARU yang dimulai pada pukul 09.00 – 12.00 WIB di ruang serbaguna Sekolah Pascasarjana Sahid Sudirman Residence lantai 5 ini di hadiri Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya – Prof. Dr. Nugroho B. Sukamdani, MBA., BET; Direktur Eksekutif Yayasan Jaya – Dr. Yohanes Sulistyadi; Direktur SPS – Dr. Marlinda Irwanti Poernomo, SE., M.Si; Wakil Direktur SPS – Dr. Jamalullail, Ka. Prodi MIK – Dr. Hifni Alifahmi, M.Si; Ka. Prodi MM – Dr. Fauziah Eddyono, MM; Ka. Prodi DIK – Dr. Ridzki R. Sigit, MM; Dr. Gloria Angelita, M.Si – Dosen SPS; tim secretariat SPS dan perwakilan mahasiswa baru dari program studi MIK, MM dan DIK. Perwakilan mahasiswa baru yang hadir dipakaikan jaket almamater oleh Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya dan Direktur SPS sebagai tanda secara simbolis resmi menjadi mahasiswa SPS USAHID.

Mengawali OSMARU ditayangkan teaser welcome to SPS USAHID diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Direktur SPS – Dr. Marlinda Irwanti Poernomo, SE., M.Si dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada para mahasiswa baru sebagai kandidat Magister dan kandidat Doktor SPS USAHID. SPS yang berdiri sejak 1997 memiliki program studi Magister Manajemen dengan konsentrasi Pemasaran Digital, Keuangan Digital, Sumberdaya Manusia, Pariwisata, Manajemen Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan (MK3L), Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Manajemen Transportasi Udara. Dilanjutkan tahun 2000 SPS membuka program studi Magister Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Pariwisata, Komunikasi Korporasi/Public Relations, Komunikasi Politik dan Media Baru Jurnalistik. Dan pada tahun 2007 SPS mengembangkan Program Doctor Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi Komunikasi Korporasi, Komunikasi Politik & Diplomasi, Komunikasi Media, Komunikasi dan Teknologi Informasi dan Komunikasi Bisnis. Dan sampai saat ini Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang menjadi pelopor penyelenggaraan program S3 Doktor Ilmu Komunikasi di Indonesia.

Baca juga  Halimah Tu'sadiyah Juara 3 Lomba Kritik Sastra

Dalam kesempatan itu Dr. Marlinda juga menyampaikan bahwa SPS aktif menerbitkan berbagai jurnal, yaitu jurnal magister manajemen dengan nama journal of applied management research yang menerbitkan 5 kali penerbitan dengan edisi terbaru vol.3 no.1 (2023) dan jurnal magister ilmu komunikasi dengan nama jurnal mahardika adiwidia yang sudah 4 kali penerbitan dengan edisi terbaru vol.2 no.2 (2023). Dr. Marlinda menambahkan saat ini produktivitas lulusan SPS meningkat 200% sejak 3 tahun terakhir (2020 – 2023), dan adanya peningkatan jumlah mahasiswa baru untuk prodi DIK dan MIK.

Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya – Prof. Dr. Nugroho B. Sukamdani, MBA., BET dalam sambutannya memaparkan tentang Artificial Intelligence (AI) & Pembelajaran Masa Depan. Bahwa AI adalah bagian dari ilmu komputer yang memberikan kemampuan pada mesin (komputer) untuk melakukan pekerjaan serupa dengan pekerjaan yang dilakukan manusia termasuk dalam proses belajar mengajar. Tanpa disadari kita telah menerapkan kecerdasan buatan tersebut dalam kehidupan sehari-hari, seperti streaming video/musik, mesin pencari, fitur selfie smartphone, global positioning system (GPS), permainan video game, jejaring sosial dan lainnya. AI dapat digunakan untuk menyajikan materi pembelajaran, melakukan penilaian, dan memberikan feedback terhadap proses pembelajaran, seperti mentor virtual, yang membantu mengidentifikasi penyebab kesalahpahaman mahasiswa dan menyarankan solusi yang telah diprogram dan diusulkan oleh dosen. AI berikutnya adalah Voice Assistant yang memungkinkan mahasiswa mencari dokumen, pertanyaan referensi, artikel atau buku hanya dengan mengucapkan atau menyebutkan kata kunci yaitu Google Assistant (Google), Siri (Apple), dan lainnya. AI Smart Content adalah penerapan teknologi yang dapat ditemukan di berbagai perpustakaan digital, baik di universitas, maupun perpustakaan umum. Terakhir Personalized Learning yaitu teknologi AI yang memungkinkan mahasiswa atau pengguna mendapatkan layanan layaknya asisten pribadi.

Baca juga  Webinar Pola Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman

Rangkaian OSMARU SPS ditutup dengan penjelasan secara visual mengenai metode pembelajaran distance learning yang menggunakan platform Siakad dan Edlink, sehingga mahasiswa dapat melakukan perkuliahan secara baik dan lancar yang akan dimulai pada 4 September 2023. Dilanjutkan dengan orientasi program studi di room zoom di pandu oleh masing-masing kepala program studi yang menerangkan tentang kurikulum prodi, learning outcome, tugas akhir, kontrak belajar, jadwal perkuliahan dan lain-lain agar memotivasi mahasiswa lulus tepat waktu.### (SN)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Bagikan Berita Ini

Usung Tema “Artificial Intelligence (AI) & Pembelajaran Masa Depan”, SPS USAHID Gelar OSMARU 2023 Hybrid

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top