Bagikan Berita Ini

Webinar; “Simple Way To Be A Good Journalist”

Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Webinar; “Simple Way To Be A Good Journalist”

Himpunan Mahasiswa Jurnalistik, Universitas Sahid Jakarta menghadirkan seorang Digital Media Expert yaitu Andhika Septian dan seorang Senior Reporter Metro TV yaitu Ayu Yunia Harsari untuk memberikan motivasi serta pengetahuan kepada mahasiswa melalui webinar yang bertajuk Simple Way To Be A Good Journalist. Acara ini dilaksanakan oleh Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Jurnalistik dibawah tanggung jawab Pembina Himpunan Mahasiswa Jurnalistik yaitu, Husen Mony S.IK, M.Si secara virtual dengan jumlah total mendaftar sebanyak 62 peserta dan yang hadir sebanyak 57 peserta tersebar dari berbagai kalangan usia, Sabtu, 9 Oktober 2021.

Pembina Himpunan Mahasiswa Jurnalistik,  Husen Mony S.IK, M.Si mengatakan kehadiran narasumber diharapkan dapat memberi perspektif baru mengenai praktik jurnalistik baik di televisi maupun di dunia media digital sebagai upaya untuk meningkatkan ilmu mahasiswa melalui perspektif serta pengalaman narasumber di lapangan.

Menurut Andhika, ada 3 hal yang harus dilakukan Jurnalis jaman sekarang ini yaitu harus research melalui sumber yang jelas untuk mengurangi ketidakakuratan dalam menyampaikan informasi. Lalu yang tidak kalah penting mengenai Fast Delivery informasi agar masyarakat mengerti informasi apa yang disampaikan, ini juga berkaitan dengan Attachment dalam hal kesukaan kita terhadap suatu topik dan jangan sampai menutup mata pada topik yang lainnya.

Tambahnya, siapapun bisa menjadi seorang jurnalis dan membuat portal media informasinya sendiri, terlebih lagi dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju. “Jangan pernah takut atau jangan pernah nggak mau untuk belajar suatu hal baru, karena perkembangan teknologi sekarang dan arus jurnalistik mengharuskan kita untuk belajar banyak hal baru diluar sesuatu yang kita sukai. Ini sangat penting dilakukan jurnalis jaman sekarang karena ketika kita tidak tahu akan suatu hal, maka esensi jurnalistiknya akan berkurang”.

Sedangkan menurut Ayu, untuk menjadi seorang jurnalis yang baik tidak harus berasal dari background Ilmu Komunikasi ataupun Jurnalistik, karena banyak sekali jurnalis yang berasal dari berbagai bidang. Tetapi ketika seorang jurnalis memiliki background yang sesuai itu akan menjadi nilai plus, tandasnya.

Pada akhir sesi webinar, Ayu mengatakan di zaman sekarang kita tidak bisa terkotak-kotakan untuk paham mengenai satu hal saja. Walapun banyak media yang memberikan kesempatan kepada wartawannya untuk memilih ingin menjadi wartawan yang membahas permasalahan apa, tetapi terlepas dari itu sebagai jurnalis harus paham mengenai pengetahuan dasar terkait berbagai informasi.

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments