• Chat to Our Counselor

Butuh informasi lebih lanjut? Hubungi Counselor kami sekarang juga.

  • Kampus

Gedung Universitas Sahid Jakarta
Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No. 84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

  • Bagikan
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di

Program pendidikan vokasi pada jenjang Diploma 3 memerlukan masa tempuh studi yang lebih pendek daripada Sarjana. Biasanya ada 112 SKS yang harus dituntaskan oleh seorang mahasiswa D3, sedangkan seorang calon Sarjana harus menempuh sekitar 144 SKS – setiap kampus dan program studi memiliki angka kredit yang berbeda.

Bila dikonversi pada masa studi, program D3 dapat diselesaikan dalam kurun waktu tiga tahun, sedangkan program S1 memerlukan waktu empat tahun. Perlu dicatat, kita juga punya kendali dalam menentukan lama masa studi. Misalnya, bila harus mengulang beberapa matakuliah karena tidak lulus atau ingin memperbaiki nilai, tentu dibutuhkan waktu studi yang lebih lama.

Program perkuliahan D3 lebih banyak bermuatan praktek, fokus pada keterampilan-keterampilan tertentu. Berkebalikan dengan perkuliahan S1, lebih banyak teori dan pemikiran ilmiah yang dipelajari dan dikembangkan disini.

Itulah sebabnya kenapa membaca dan kesanggupan untuk duduk belajar berlama-lama menjadi keterampilan penting bagi mahasiswa S1. Apalagi, mahasiswa S1 harus menulis skripsi diakhir masa studinya – yang membutuhkan literacy skill yang cukup baik.

Apakah mahasiswa D3 tidak harus banyak membaca? Well, it’s not exactly the case. Sebelum masa studinya selesai, mahasiswa D3 juga harus menulis laporan tugas akhir – yang tidak sekompleks skripsi.

Gelar lulusan D3 adalah Ahli Madya (A.Md.) diikuti dengan bidang keahliannya. Misalnya, alumni jurusan keperawatan bergelar A.Md.Per. Sementara itu, gelar lulusan S1 adalah Sarjana, diikuti dengan bidang keahliannya. Misalnya, alumni bidang sains bergelar S.Si.

Sebaliknya, bila sudah tahu betul tentang passion kita, jenjang D3 bukan opsi buruk yang tak layak dipertimbangkan. Apalagi, bila bidang minat tersebut lebih terkait dengan skill, seperti fotografi.

Program Studi

Berikut ini adalah program yang tersedia untuk Diploma III;