Doktoral Ilmu Komunikasi

Bergabung dengan Usahid dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu!

Sekolah Pascasarjana

Kampus Pascasarjana
Ragil Bagaswara
Ragil Bagaswara
5 dari 5 bintang
7 months ago
Good place, cool atmosphere especially the lobby room

Kurikulum

Brosur

Lainnya

Bagikan

Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bergabung dengan Usahid dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Sekolah Pascasarjana USAHID adalah satu-satunya universitas swasta di Indonesia yang menyelenggarakan program Doktor Ilmu Komunikasi (DIK), dengan memberikan akses Pendidikan tinggi yang berkualitas dengan kurikulum yang disesuaikan untuk menghadapi tantangan dan kebutuhan yang semakin kompleks. DIK Universitas Sahid memiliki suasana akademik yang kondusif dan latar belakang mahasiswanya yang variatif sangat penting untuk membuka wawasan mahasiswa.

Program Doktor Ilmu Komunikasi Sekolah Pascasarjana USAHID tidak hanya memberikan wawasan keilmuan dibidang komunikasi tetapi juga mempersiapkan para pengkaji ilmu komunikasi untuk mampu beradaptasi dan membuka diri terhadap perubahan yang semakin cepat diberbagai aspek seperti ekonomi, politik, sosial dan budaya.

VISI

Menjadi Program Studi Doktor Ilmu Komunikasi yang unggul bercirikan Kepariwisataan dan Kewirausahaan bertaraf internasional pada tahun 2026.

MISI

  1. Menjadikan program studi ini sebagai lembaga pendidikan yang mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni dalam bidang ilmu komunikasi melalui riset, sehingga menghasilkan karya kreatif, original dan teruji;
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dan melakukan publikasi ilmiah baik yang bersumber dari kegiatan penelitian atau kajian-kajian ilmiah dan populer dalam bidang Ilmu Komunikasi;
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat di bidang komunikasi, terutama yang berkaitan dengan Komunikasi Korporasi, Politik dan Diplomasi, Media, Komunikasi dan Teknologi Informasi, dan Komunikasi Bisnis;
  4. Memperluas jejaring kerjasama kemitraan yang sinergik dengan berbagai institusi dalam bidang komunikasi.

Tujuan

  1. Menjadi program studi doktor ilmu komunikasi dengan tata kelola yang baik;
  2. Menghasilkan lulusan yang berdaya saing dan memiliki kompetensi dalam bidang komunikasi, kepariwisataan dan kewirausahaan;
  3. Menghasilkan karya penelitian yang berkontribusi pada pengembangan ilmu komunikasi dan bermanfaat untuk masyarakat;
  4. Menjadi program studi dengan kompetensi nasional melalui kerjasama tri dharma dengan institusi komunikasi, baik dalam maupun luar negeri.

Pimpinan Sekolah Pascasarjana (SPS)

No. Nama Jabatan
1  Dr. Marlinda Irwanti Poernomo,SE, M.Si  Direktur
2  Dr. Jamalullail, S.IP, M.Si  Sekretaris
3  Dr. Dra. Titi Widaningsih, M.Si  Ka. Prodi. DIK
4  Dr. Rahtika Diana, Bcomm, M.Si  Waka.Prodi. DIK
5  Dr. Tatan Sukwika, M.Si  Ka. Prodi MM
6  Dr. Hifni Alifahmi, M.Si  Ka. Prodi MIK

 

Konsentrasi Program Studi Doktor Imu Komunikasi :

  • Komunikasi Korporasi
  • Komunikasi Politik & DIplomasi
  • Komunikasi Media
  • Komunikasi dan Teknologi Informasi
  • Komunikasi Bisnis

 

Lulusan DIK Sekolah Pascasarjana USAHID diharapkan mampu mengembangkan wawasan keilmuan pada tataran filosofis dan berimplikasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dibidang komunikasi serta lulusan diharapkan memiliki integritas dan sikap ilmiah yang tinggi.

 

Sebagai penyelenggara pendidikan swasta Doctoral Ilmu Komunikasi satu-satunya di Indonesia, Universitas Sahid menawarkan pendekatan pengajaran yang berbeda, yaitu memadukan Teori dan Implementasinya pada industry dan kehidupan social masyarakat. Pengajaran disampaikan dalam metode diskusi oleh para Profesor dan Doktor yang memahami kajian progresif, kritis dan filosofis. Sebagai mahasiswa saya mendapatkan perspektif yang lebih komprehensif dalam memahami fenomena sekitar dan dalam membuat karya-karya baru.

Prabu Revolusi
Mahasiswa Doktor Ilmu Komunikasi Pascasarjana USAHID - Praktisi Media & Pengusaha

Sebagai mahasiswa program Doktor Ilmu Komunikasi saya belajar memandang permasalahan dengan sudut berfikir multi perspektif, strategik, yang diharapkan mampu memberikan solusi berdasarkan data, riset, observasi, penelitian, kondisi kekinian, diskusi dengan para pembimbing, menciptakan jurnal serta format publikasi ilmiah lainnya yang diharapkan dapat mengangkat nama Indonesia kembali disegani di sector pendidikan dunia.

Charles Bonar Sirait
Mahasiswa Doktor Ilmu Komunikasi Pascasarjana USAHID - Founder CBS School of Communications

Suatu kebanggaan pernah menjadi bagian dari Sekolah Pascasarjana USAHID, dengan suasana ilmiah kampus yang sangat mendukung untuk beradu ide dan gagasan serta analisis kasus sehingga mampu mengembangkan strategi komunikasi secara efektif baik dalam bidang bisnis, politik maupun komunikasi public.

Dr. Andre Ikhsano, M.Si
Alumni Doktor Ilmu Komunikasi Pascasarjana USAHID - Rektor LSPR Communication and Business Institute