Gizi

Bergabung dengan Usahid dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu!

Fakultas Teknoligi Pangan & Kesehatan

Kampus Soepomo
Ragil Bagaswara
Ragil Bagaswara
5 dari 5 bintang
7 months ago
Good place, cool atmosphere especially the lobby room

Kurikulum

Brosur

Lainnya

Bagikan

Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bergabung dengan Usahid dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Program studi ini cocok buat kamu yang bercita-cita kerja di bidang gizi, pangan dan Kesehatan, baik di instansi pemerintah, swasta, NGO dan praktik mandiri. Program studi ini cocok buat kamu yang memiliki keinginan kuat dalam membantu memajukan sumber daya manusia melalui pengentasan masalah gizi yang saat ini sedang terjadi dan peningkatan status Kesehatan masyarakat. Prodi ini juga cocok untuk kamu yang ingin memiliki ide ide kreatif khususnya dalam bidang gizi, pangan dan Kesehatan.

Lulusan Prodi Gizi diharapkan dapat menjadi praktisi profesional dalam bidang gizi, pangan dan Kesehatan yang mampu 1) berfikir luas (meta-kognitif) dengan landasan ilmiah; 2) menjelaskan dan mengaplikasikan iptek gizi dalam pemecahan masalah gizi perorangan, kelompok dan masyarakat; 3) berkomunikasi efektif dalam pelayanan konseling, edukasi gizi, dan dietetik untuk menangani masalah gizi sesuai hasil kajiannya serta mempertimbangkan implikasinya; 4) mengelola pelayanan gizi; 5) mengembangkan pelayanan gizi promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif serta mampu beradaptasi pada kondisi sumber daya terbatas; 6) bekerjasama dalam tim dan bertanggung atas hasil kerja mandiri atau kelompok dan memiliki sikap kritis, empati pada klien dan tim kerja pada tingkat internal serta eksternal organisasi; 7) mendesain dan mengelola penyelenggaraan makanan pada institusi dengan menerapkan konsep-konsep gizi dan manajemen; 8) mengembangkan rencana bisnis untuk program, produk atau layanan, termasuk pengembangan anggaran, kebutuhan staf, persyaratan fasilitas, perlengkapan dan persediaan; dan 9) melakukan penelitian di bidang gizi dan mendiseminasikan kajian penelaahan masalah gizi yang akurat dalam bentuk laporan penelitian.

Professionals in Nutribusiness and Healthy Diet “(Profesional di bidang nutribisnis dan diet sehat)

VISI

Visi Program Studi Gizi Universitas Sahid adalah “Program Studi Gizi yang unggul berbasis IPTEK gizi yang bercirikan kepariwisataan dan kewirausahaan.”

MISI

  1. Menyelenggarakan tata kelola program studi yang sehat.
  2. Menyelenggarakan pendidikan tinggi gizi melalui sistem pembelajaran yang bermutu bercirikan kepariwisataan dan kewirausahaan.
  3. Menyelenggarakan penelitian gizi dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu bercirikan kepariwisataan dan kewirausahaan.

Tujuan

  1. Mewujudkan program studi dengan tata kelola yang sehat.
  2. Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya dengan keunggulan IPTEK gizi bercirikan kepariwisataan dan kewirausahaan.
  3. Menghasilkan IPTEK gizi yang bermanfaat bercirikan kepariwisataan dan kewirausahaan.
  4. Memberikan pelayanan akademik mengikuti perkembangan digital.
  5. Mengembangkan kerjasama nasional dan internasional dalam mewujudkan program studi yang unggul.

Sasaran

  1. Peningkatan tata kelola program studi gizi melalui peningkatan pelayanan, jejaring kerjasama, dan sistem pengelolaan berbasis digital.
  2. Peningkatan mutu sumber daya program studi gizi melalui peningkatan kinerja proses pembelajaran, kualitas dan jenjang kepangkatan dosen dan tendik, sarana dan prasarana, serta pendapatan dari kegiatan akademik dan non akademik yang terkait.
  3. Peningkatan sistem pembelajaran program studi gizi melalui diversifikasi metode dan bentuk pembelajaran.
  4. Peningkatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang gizi melalui peningkatan kuantitas dan kualitas kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, publikasi ilmiah, hak atas kekayaan intelektual, serta karya dan kegiatan ilmiah bercirikan kepariwisataan dan kewirausahaan.
  5. Pengembangan kerjasama dalam mewujudkan program studi yang unggul yang meliputi kerjasama nasional dan internasional dibidang gizi melalui kerjasama dengan berbagai Lembaga terkait.

Pimpinan Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan (FATEPAKES)

No. Nama Jabatan
1  Ir. Moh. Sabariman, M.Si  Dekan
2  Dr. Rahmawati, ST, M.Si  Wakil Dekan
3  Shanti Pujilestari, ST, MM, MBA  Ka. Prodi Teknologi Pangan
4  Khoirul Anwar, S.Gz, M.Si  Ka. Prodi. Gizi
5  M. Fajri Romadhan, S.Si, M.Si  Waka. Prodi Teknologi Pangan
6  Dr. Julfi Restu Amelia, S.TP, M.Si  Koord. Laboratorium
7  Yandi Andiyana, S.Si, M.Si  Koord. Kelas Eksekutif

KOMPETENSI PRODI GIZI

Kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan Program Studi Gizi terdiri dari kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya. Kompetensi utama didasarkan dari masukan yang diperoleh dari PERSAGI (Persatuan Ahli Gizi Indonesia) dan AIPGI (Asosiasi Institusi Pendidikan Gizi Indonesia) yang telah disesuaikan dengan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia):

Kompetensi Utama :

  • Kompetensi Klinik dan Dietetik
  • Kompetensi Nutripreneurship
  • Kompetensi Food Service Manajemen

Kompetensi Pendukung Lulusan :

  • Melakukan praktik dietetik yang sesuai dengan kode etik profesi Gizi
  • Melakukan promosi gizi kepada masyarakat
  • Melakukan praktik kewirausahaan di bidang gizi baik pada proses produksi hingga pemasaran
  • Melakukan pengawasan dan pengelolaan manajemen penyelenggaraan makanan
  • Menggunakan teknologi 4.0 dlm proses penyebaran informasi
  • Melakukan kolaborasi dg tenaga kesehatan yg lain dlm menentukan tindakan selanjutnya u/ pasien
  • Berpartisipasi dlm penyusunan dan pengelolaan unit unit kerja di dlm manajemen penyelenggaraan makanan
  • Menentukan kegiatan pelayanan gizi yg tepat dan memodifikasinya apabila diperlukan.

PROSPEK KARIR PRODI GIZI

Profil lulusan Program Studi Gizi Universitas Sahid Jakarta memiliki berbagai kompetensi yang dapat bekerja di berbagai bidang gizi, pangan dan Kesehatan. Prospek karir lulusan prodi gizi adalah sebagai berikut :

  • Ahli Gizi Rumah Sakit dan Puskesmas
  • Ahli Gizi Olahraga
  • Ahli Gizi Industri Makanan dan Minuman
  • Ahli Gizi Kedaruratan
  • Konsultan Gizi
  • Entrepreneur Bidang Gizi
  • Manajer Penyedia Jasa Makanan dan Minuman
  • Peneliti di Pusat Penelitian Gizi dan Makanan serta Lembaga Penelitian Lainnya