Ilmu Komunikasi

Bergabung dengan Usahid dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu!

Fakultas Ilmu Komunikasi

Kampus Soepomo
Ragil Bagaswara
Ragil Bagaswara
5 dari 5 bintang
7 months ago
Good place, cool atmosphere especially the lobby room

Kurikulum

Brosur

Lainnya

Bagikan

Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bergabung dengan Usahid dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Komunikasi  adalah studi interdisipliner yang unik karena Program Studi ini mengkaji proses komunikasi manusia mulai dari konseptualisasi ide, penyampaian, pesan yang disampaikan hingga penerimaan pesan secara verbal atau non-verbal. Mahasiswa/i akan belajar tentang bagaimana berkomunikasi secara efektif baik secara langsung (tatap muka) maupun melalui berbagai media (media massa, elektronik, digital, dll).

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Sahid memiliki beberapa pilihan konsentrasi, diantaranya :

  1. Public Relations
    Pada konsentrasi Public Relations (PR) kamu akan mempelajari bagaimana membentuk dan memelihara citra serta reputasi dalam suatu perusahaan/organisasi di tengah masyarakat. Dimana tugas seorang PR  adalah mengelola hubungan komunikasi antara perusahaan dengan orang – orang di luar perusahaan (eksternal) seperti masyarakat, pemerintah, investor, juga antara perusahaan dengan orang – orang di dalam perusahaan (internal) yaitu karyawan. Konsentrasi ini sangat cocok untuk kamu yang suka tampil dan berinteraksi dengan banyak orang, prodi ini akan melatih kamu untuk menjadi kreatif, aktif dalam pergaulan, aktif dalam sosial media, memiliki rasa percaya diri tinggi, mandiri, serta vokal dan memiliki networking yang sangat luas. Prodi Humas pilihan yang tepat untuk kamu yang aktif, suka berorganisasi, supel dan suka menulis, dan kamu yang memilih prodi ini  memiliki kepribadian yang menyenangkan dan mudah dekat dengan orang.
  2. Marketing Communication
    Konsentrasi Marketing communication (Marcomm) atau disebut juga dengan Komunikasi Pemasaran, disini kamu akan mempelajari berbagai strategi mengenai komunikasi produk, organisasi/perusahaan, dan kepada khalayak/individu, bagaimana cara dalam melakukan negosiasi, lobbying dan periklanan, kamu juga  akan belajar teknik berbicara dan menganalisa berbagai faktor dalam pemasaran perusahaan. Memilih konsentrasi ini adalah pilihan yang tepat untuk kamu, karena disini kamu akan dilatih untuk menjadi kreatif, aktif dalam pergaulan, aktif dalam sosial media, memiliki rasa percaya diri tinggi, mandiri, serta vokal dan memiliki networking yang sangat luas.
  3. Journalism
    Journalis merupakan pekerjaan yang keren dan menyenangkan, karena menjadi seorang jurnalis kamu akan lebih up to date terhadap suatu informasi, selain itu kamu akan sering bertemu dengan banyak orang sehingga membuat kamu memiliki networking yang luas. Selain menjadi jurnalis, kamu yang memilih prodi ini juga dapat menjadi news anchor di salah satu stasiun tv. Kamu yang memilih konsentrasi ini akan mempelajari banyak teknik yang berhubungan dengan jurnalistik, seperti mencari berita, menulis berita, meliput berita, menyunting berita dan memproduksi berita yang etis. Mahasiswa dengan prodi harus belajar memperkuat logika dalam membentuk data – data yang kamu dapatkan menjadi suatu tulisan yang berisi informasi yang mudah dicerna dan diterima oleh banyak orang.

Lead in Communication for a Bright Future” (Unggul di Bidang Komunikasi untuk Masa Depan Gemilang)

VISI

Menjadi Program Studi yang unggul bertaraf nasional dalam bidang komunikasi bercirikan kepariwisataan dan kewirausahaan pada tahun 2026.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas yang menghasilkan sumberdaya manusia unggul dalam bidang keilmuan komunikasi, dengan fokus pada ilmu jurnalistik, hubungan masyarakat, dan komunikasi pemasaran
  2. Menyelenggarakan penelitian berkualitas dalam rangka pengembangan ilmu komunikasi di bidang jurnalistik, hubungan masyarakat, dan komunikasi pemasaran
  3. Menyelenggarakan pengabdian dan menumbuh-kembangkan pengetahuan kreatif bagi masyarakat dalam bidang ilmu komunikasi berbasis kewirausahaan dan kepariwisataan.

Pimpinan Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM)

No. Nama Jabatan
1  Dr. Mirza Ronda, Drs, M.Si,  Dekan
2  Nandang Mulyasantosa, Drs, M.Si, MM  Wakil Dekan
3  Dr. Hayu Lusianawati, STP., MSi  Ka.Prodi. S1 Ilmu Komunikasi
4  Mila Falma Masful, SS, M.I.Kom  Ka.Prodi.D-3 Hub. Masyarakat
5  Husen Mony, SIK, M.Si  Waka.Prodi S-1 Ilmu Komunikasi
6  Lilik Murdiyanto, S.Sos, M.Si  Waka.Prodi D-3 Humas
7  Nurul Haniza, Dra, M.Si  Kepala Laboratorium
8  Arry Rahayunianto, Drs, MM, M.Si  Koord. Kelas Paralel

 

Kompetensi Ilmu Komunikasi

Kompetensi Public Relations :

  • Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi berbagai program humas di berbagai tingat organisasi
  • Mampu menciptakan pemahaman dan citra serta reputasi publik yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap suatu penelitian dan kampanye opini publik individu/organisasi.
  • Mampu mengelola media internal dan eksternal organisasi serta program humas
  • Mampu membangun relasi dengan komunikasi media, pemerintah, swasta, dan LSM dengan memanfaatkan keterampilan komunikasi dan teknologi komunikasi
  • Mampu mengidentifikasi, menganilis isu – isu strategis dan merumuskan alternatif penyelesaian di bidang humas.
  • Mampu menerapkan prinsip kewirausahaan dan pariwisata untuk membangun bisnis di bidang ilmu komunikasi dengan memanfaatkan nilai dan isi budaya lokal Indonesia
  • Mampu menciptakan strategi komunikasi antara strategi komunikasi antara perusahaan dengan seluruh pemangku kepentingan dengan berbagai cara media melalui pendekatan ilmu komunikasi

Kompetensi Marketing Communication :

  • Mampu menganalisis kasus – kasus dalam komunikasi untuk memberikan solusi dengan pendekatan ilmu komunikasi
  • Mampu melakukan penelitian komunikasi dengan menerapkan teori dan konsep ilmu komunikasi
  • Mampu merancang solusi dalam pendekatan ilmu komunikasi untuk menghadapi krisis komunikasi baik internal, eksternal maupun organisasi dengan menggunakan berbagai media
  • Mampu menunjukkan etika komunikasi profesional yang sesuai dengan konteks dan tujuan yang relevan
  • Mampu merancang bisnis di bidang komunikasi
  • Mampu mengembangkan rencana strategis untuk mengkomunikasikan merek ke pasar sasaran dengan menggunakan berbagai platform media.
  • Mampu mengembangkan rencana komunikasi perusahaan yang strategis kepada pemangku kepentingan dengan saluran yang relevan

Kompetensi Journalism :

  • Mampu menganalisis kasus – kasus dalam komunikasi untuk memberikan solusi dengan pendekatan ilmu komunikasi
  • Mampu melakukan penelitian komunikasi dengan menerapkan konsep dan teori ilmu komunikasi
  • Mampu merancang solusi dalam pendekatan ilmu komunikasi untuk menghadapi krisis komunikasi baik internal, eksternal maupun organisasi dengan menggunakan berbagai media
  • Mampu menulis secara etis ke berbagai tingkat masyarakat dengan menggunakan media konvensional dan digital
  • Mampu menghasilkan program berita etis untuk media multi platform

Prospek Karir Public Relations :

  • Pejabat Hubungan Masyarakat
  • Petugas Hubungan Media
  • Perencana Strategis
  • Konsultan Hubungan Masyarakat
  • Juru Bicara
  • Pakar Kampanye
  • Pakar Branding
  • Penyelenggara Acara

Prospek Karir Marketing Communication

  • Spesialis Komunikasi Pemasaran
  • Profesional Hubungan Investor
  • Profesional Hubungan Industrial
  • Spesialis Konsultan Branding
  • Spesialis Komunikasi Merek
  • Spesialis Media Sosial

Prospek Karir Journalism :

  • Industri Penyiaran
  • Konsultan Stasiun Radio
  • Presenter TV
  • Reporter TV/Radio
  • Spesialis Multimedia
  • Spesialis Media Digital