Magister Ilmu Komunikasi

Bergabung dengan Usahid dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu!

Sekolah Pasca Sarjana

Kampus Pascasarjana
Ragil Bagaswara
Ragil Bagaswara
5 dari 5 bintang
7 months ago
Good place, cool atmosphere especially the lobby room

Kurikulum

Brosur

Lainnya

Bagikan

Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bergabung dengan Usahid dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Program Magister Ilmu Komunikasi Pascasarjana USAHID memberikan kesempatan bagi Anda untuk meraih gelar Magister Ilmu Komunikasi (M.IKom). Tujuan dari program studi ini adalah untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dalam bidang Ilmu Komunikasi sesuai dengan tuntutan dunia kerja.

Metode pembelajaran yang diterapkan MIK antara lain dalam bentuk : kuliah interaktif, pembelajaran kolaboratif, diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, dan pembelajaran berbasis masalah.

VISI

Menjadi Program Studi Magister Ilmu Komunikasi yang Unggul bercirikan Kepariwisataan dan Kewirausahaan bertaraf Internasional pada kurun waktu 2026.

MISI

  1. Melaksanakan tata kelola program studi dengan berlandaskan pada prinsip transpransi, akuntabilitas, keberlanjutan;
  2. Menyelenggarakan proses belajar mengajar secara terstruktur untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing yang mampu menyelaraskan ilmu komunikasi dengan kepariwisataan dan kewirausahaan;
  3. Menyebarluaskan hasil penelitian terapan dan kaji tindak yang tepat guna dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat;
  4. Mengembangkan jejaring nasional dan internasional guna mewujudkan program studi yang memiliki kompetensi nasional dan internasional.

Tujuan

  1. Menjadi program studi magister ilmu komunikasi dengan tata kelola yang baik;
  2. Menghasilkan lulusan yang berdaya saing dan memiliki kompetensi dalam bidang komunikasi, kepariwisataan dan kewirausahaan;
  3. Menghasilkan karya penelitian yang berkontribusi pada pengembangan ilmu komunikasi dan bermanfaat untuk masyarakat;
  4. Menjadi program studi dengan kompetensi nasional melalui kerjasama tri dharma dengan institusi komunikasi, baik dalam maupun luar negeri.

Pimpinan Sekolah Pascasarjana (SPS)

No. Nama Jabatan
1  Dr. Marlinda Irwanti Poernomo,SE, M.Si  Direktur
2  Dr. Jamalullail, S.IP, M.Si  Sekretaris
3  Dr. Dra. Titi Widaningsih, M.Si  Ka. Prodi. DIK
4  Dr. Rahtika Diana, Bcomm, M.Si  Waka.Prodi. DIK
5  Dr. Tatan Sukwika, M.Si  Ka. Prodi MM
6  Dr. Hifni Alifahmi, M.Si  Ka. Prodi MIK

 

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi menawarkan 5 pilihan konsentrasi/peminatan sebagai focus keahlian untuk mempertajam bidang kompetensi lulusan, yaitu :

  1. Komunikasi Pemasaran
    Mempelajari tentang : Digital IMC (Integrated Marketing Communications), IMC Planning, Branding, Social Media Marcom.
  1. Komunikasi Pariwisata
    Mempelajari tentang : Destination Brand development, Tourism Promotion, Marketing, Communication& Public Relations.
  1. Komunikasi Korporasi/Public Relations
    Mempelajari tentang : Digital Public Relations, Corporate Communications, Corporate Branding, Corporate Image & Reputation.
  1. Komunikasi Politik                                                                                                                                         Mempelajari tentang : Political Branding & Marketing, Candidate Personal Branding, Political Communications.
  1. Media Baru Jurnalistik
    Mempelajari tentang : New Media Communications, Media & Cultural Transformation, New Media & Journalism.

Lulusan MIK bisa berkarir sebagai :

  1. Posisi manajerial di industri
    Industri teknologi komunikasi, komunikasi korporate atau public relations, komunikasi pemasaran, komunikasi pariwisata, media dan industry lain sebagai Manager, General Manager, Vice President dan Direktur.
  1. Wirausaha
    Pengusaha yang inovatif berkecimpung di industry teknologi komunikasi dan bisnis media era digital, maupun sector riil lain yang terkait
  1. Peneliti dan Pengajar
    Berkiprah di Lembaga Pendidikan negeri/swasta, Lembaga Pemerintah, dan Badan-Badan berskala nasional atau internasional.
  1. Konsultan & Tenaga Ahli
    Berkiprah di sector swasta, pemerintah, BUMN dan nirlaba.

Sebagai alumni Magister Ilmu Komunikasi Pascasarjana USAHID, saya belajar untuk lebih inovatif dan profesional berkecimpung di dunia usaha & bisnis media era digital.

Arnhezky Mansyur
Alumni MIK SPS USAHID - Wirausahawan & Entertainer