Manajemen

Bergabung dengan Usahid dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu!

Fakultas Ekonomi & Bisnis

Kampus Soepomo
Ragil Bagaswara
Ragil Bagaswara
5 dari 5 bintang
7 months ago
Good place, cool atmosphere especially the lobby room

Kurikulum

Brosur

Lainnya

Bagikan

Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bergabung dengan Usahid dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Calon Manager Profesional tentunya lulus dari program studi ini, kuliah di program studi ini kamu akan mempelajari banyak hal terkait bidang ekonomi dan bisnis. Manajemen merupakan ilmu yang mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi, melatih kamu pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur (manajemen) semua proses untuk mencapai tujuan perusahaan. Belajar di program studi ini, selain belajar manajemen, kamu juga akan mempelajari mengenai perencanaan bisnis, pengembangan strategi, coding dan big data,  sumber daya manusia, perencanaan, pemasaran, bisnis digital hingga manajemen keuangan. Lulusan Manajemen sangat dibutuhkan hampir seluruh perusahaan maupun pemerintah  untuk dapat mengelola suatu perusahaan/organisasi dengan kemampuan manajerial yang baik. Kuliah pada program studi  ini juga sangat cocok untuk orang-orang yang memang ingin menjadi entrepreneur, Universitas Sahid sebagai Tourism and Entreprenurial University siap melahirkan manager professional dan entrepreneur.

Saat mendaftar kuliah disini, kamu dapat memilih langsung konsentrasi yang kamu inginkan, pilih sesuai dengan passion dan rencana kamu kedepannya ya, karena memang meliki prospek karier yg baik dari masing-masing konsentrasi ini. Lulus dari program studi ini kamu akan mendapat gelar Sarjana Manajemen (SM). Berikut pilihan konsentrasi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sahid :

  • Manajemen Perhotelan
    Konsentrasi Manajemen ini kamu akan mempelajari How do you do Manage Hotel Business ? Buat kamu yang bercita-cita menjadi GM Hotel atau Manager Restauran pas banget nih, ataupun kamu yang bercita-vita mendirikan bisnis hotel.  kamu akan memperlajari banyak hal disini mengenai bisnis perhotelan, baik itu keuangan hotel, pajak hotel dan restaurant, SDM perhotelan, sampai mengenai pemasaran hotel
  • Manajemen Pariwisata :
    Buat kamu yang memiliki passion di bidang tourism industry, kamu bisa memilih konsentrasi ini, pariwisata merupakan leading sector, di konsentrasi ini kamu akan mempelajari bagaimana mengembangkan destinasi pariwisata, mendirikan biro perjalanan, maupun indutri-industri pariwisata lainnya. Seperti yang kita ketahui  bersama bisnis pariwisata menjadi salah satu penyumbang devisa negara, sehingga ini memiiki prospek yang sangat baik kedepannya.
  • Manajemen Keuangan :
    Konsentrasi ini kamu akan mempelajari bagaimana merencanakan, mengelola, dan menganalisis aspek keuangan dengan menggunakan sumberdaya keuangan perusahaan dengan baik dan moneter, kinerja perusahaan.
  • Manajemen Pemasaran :
    Buat kamu yang memiliki passion dibidang marketing atau kamu yang ingin mengembangan ide kreatif kamu, pas banget nih, Era sekarang peran-peran marketer sangat diperlukan hamper disemua perusahaan, apalgai di bidang digital Sekaran ini Digital Marketing sangat diperlukan, Konsentrasi manajemen pemasaran, kamu akan mempelajari bagaimana memasarkan suatu produk dengan analisis strategi untuk memenangkan pesaing bisnis. Sebagai tenaga pemasar, kalian harus bisa membuat program marketing dengan ide-ide menarik untuk dapat menarik minat konsumen memilih produk kita.

Becoming a Professional Hospitality and Business Manager” ( Menjadi Manajer Profesional pada Hospitalitas dan Bisnis )

VISI

Menjadi Program Studi Manajemen yang unggul di Indonesia dalam pengembangan ilmu Manajemen bercirikan Kepariwisataan dan Kewirausahanan pada tahun 2025.

MISI

  1. Menyelenggarakan tata kelola Program Studi Manajemen yang sehat (good university governance) dalam pelaksanaan otonomi perguruan tinggi
  2. Menyelenggarakan Pendidikan ilmu Manajemen melalui sistem pendidikan dan pengajaran yang bermutu bercirikan Kepariwisataan dan Kewirausahaan
  3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian di bidang Manajemen kepada masyarakat yang bercirikan Kepariwisataan dan Kewirausahaan
  4. Menyelenggarakan kegiatan kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan

TUJUAN

Tujuan dan Sasaran Program Studi Manajemen Usahid sesuai dengan Tujuan dan Sasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sahid. Tujuan dan Sasaran Fakultas Ekonomi dan Prodi Manajemen Usahid sebagai berikut:

Tujuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Usahid adalah :

  1. Mewujudkan Fakultas dengan tata kelola yang sehat.
  2. Mewujudkan Fakultas sebagai Unit Kerja Universitas Sahid yang melaksanakan Tri Darma (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) bercirikan Kepariwisataan dan Kewirausahaan.
  3. Menjadi Unit Kerja di Universitas Sahid berpartisipasi dalam pembangunan masyarakat.

Pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)

No. Nama Jabatan
1  Titin Astuti, SE, M.Si  Pelaksana Tugas (Plt.) Dekan
2  Dewi Anggraini,SE, MM.Akt  Ka. Prodi. Akuntansi
3  Uuh Sukaesih, Ir, M.Si  Ka. Prodi. Manajemen
4  Tries Handriman Jamain, SE, M.Si  Waka. Prodi. Akuntansi
5  Farida, SE, MP  Waka. Prodi. Manajemen
6  Kasman, SE, MM  Koord.Kelas Sore
7  Euis Widiati, SE, M.Si  Koord. Laboratorium

Kompetensi Prodi Manajemen

  1. Mampu menggunakan konsep, metode dan analisis fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian);
  2. Mampu merumuskan dan mengimplementasikan rencana stratejik dan menjabarkannya ke dalam rencana fungsional (pemasaran, sumberdaya manusia, operasi dan keuangan);
  3. Mampu mengidentifikasi peluang dan tantangan bisnis dan mengoperasikan bisnis secara etis dan sesuai hukum yang berlaku dan menggunakan prinsip-prinsip ekonomi dan kewirausahanan;
  4. Mampu melakukan kajian teori dan empirik dalam bidang manajemen berdasarkan metode ilmiah yang tepat;
  5. Mampu berkomunikasi efektif lintas fungsi organisasi dan lintas level manajemen;
  6. Mampu mengimplementasikan ilmu manajemen kedalam usaha-usaha pariwisata.

Sesuai Pola Ilmiah Pokok (PIP) Universitas Sahid, lulusan Prodi Manajemen diharapkan dapat menjadi manajer lini pertama pada organisasi bisnis  dan non bisnis di sektor pariwisata seperti bisnis daya tarik wisata; kawasan pariwisata; jasa transportasi wisata; jasa perjalanan wisata; jasa makanan dan minuman; penyediaan akomodasi; penyelenggaraan kegiatan hiburan dan rekreasi; penyelenggaraan pertemuan, perjalanan insentif, konferensi, dan pameran; jasa informasi pariwisata;  jasa konsultan pariwisata; jasa pramuwisata; wisata tirta; dan spa serta organisasi di sektor lain.

Berdasarkan Pola Ilmiah Pokok Universitas Sahid, lulusan Prodi Manajemen diharapkan mampu berwirausaha terutama di sektor pariwisata seperti bisnis daya tarik wisata; kawasan pariwisata; jasa transportasi wisata; jasa perjalanan wisata; jasa makanan dan minuman; penyediaan akomodasi;  penyelenggaraan kegiatan hiburan dan rekreasi; penyelenggaraan pertemuan, perjalanan insentif, konferensi, dan pamerani; jasa informasi pariwisata; jasa konsultan pariwisata; jasa pramuwisata; wisata tirta; dan spa serta organisasi di sektor lain.

Lulusan Prodi Manajemen juga diharapkan mampu berkiprah sebagai seorang perencana di bidanganya, baik di Institusi Pemerintah dan Bisnis, yaitu: perencana usaha, wisata, dan keuangan. Seorang Perencana Keuangan misalnya adalah profesi yang membantu suatu perusahaan atau individu dalam merencanakan keuangannya untuk memenuhi tujuan keuangan jangka panjangnya. Dia juga membantu nasabahnya untuk memperkirakan hasil investasi dan proteksinya dalam pelbagai hal, seperti persiapan dana pensiun dan dana pendidikan. Perencanaan keuangan dimulai ketika seseorang mulai memiliki penghasilan dan akan dilakukan secara terus menerus hingga akhir hayatnya.

 

Prospek Karir Prodi Manajemen

Setelah mengikuti pendidikan di Prodi S1 Manajemen USAHID, lulusan Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sahid memiliki gelar Sarjana Manajemen (SM) yang memiliki nilai-nilai Hospitalitas di masing-masing konsentrasi yang mereka pilih. Adapun prospek karir lulusan di Prodi Manajemen adalah sebagai berikut:

Perhotelan
* Manajer lini Pertama (First Line Manager)
* Wirausahawan Akomodasi
* Wirausahawan Kuliner
* Peneliti muda

Pariwisata
* Manajer lini Pertama (First Line Manager)
* Wirausahawan Pariwisata
* Tourism Planner
* Event Organizer
* Peneliti muda

Pemasaran
* Manajer lini Pertama (First Line Manager)
* Digipraneur
* Peneliti muda

Keuangan
* Manajer lini Pertama (First Line Manager)
* Digipraneur
* Perencana Keuangan
* Peneliti muda