Teknologi Pangan

Bergabung dengan Usahid dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu!

Fakultas Teknoligi Pangan & Kesehatan

Kampus Soepomo
Ragil Bagaswara
Ragil Bagaswara
5 dari 5 bintang
7 months ago
Good place, cool atmosphere especially the lobby room

Kurikulum

Brosur

Lainnya

Bagikan

Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bagikan di
Bergabung dengan Usahid dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Teknologi pangan adalah aplikasi dari ilmu pangan untuk sortasi, pengawetan, pemrosesan, pengemasan, distribusi, hingga penggunaan bahan pangan yang aman dan bernutrisi. Dalam teknologi pangan, dipelajari sifat fisis, mikrobiologis, dan kimia dari bahan pangan dan proses yang mengolah bahan pangan tersebut. Spesialisasinya beragam, diantaranya pemrosesan, pengawetan, pengemasan, penyimpanan dan sebagainya.

Program studi Teknologi Pangan mempelajari proses produksi makanan dan memastikan makanan yang diproduksi aman untuk dikonsumsi dan memenuhi kebutuhan gizi konsumen. Maka dari itu, di prodi ini kamu juga akan mempelajari komponen kimiawi dan biologis di dalam makanan yang dapat berefek pada tubuh manusia. Selain itu, prodi Teknologi Pangan turut mempelajari efek sosial dari makananan yang kita konsumsi,termasuk bagaimana makananan mempengaruhi aspek ekonomi, psikologi dan kebudayaan kita. Disini kamu akan belajar bagaimana teknologi pengawetan, pemrosesan, pengemasan, penyimpanan, hingga produk makanan tersebut sampai di tangan konsumen untuk di konsumsi. (rencanamu)

Program Studi ini pas banget buat kamu yang memiliki passion di bidang makanan, sains, dan Kesehatan, program studi ini menjadi pilihan yang sangat menarik. Program studi ini juga pas banget buat kamu yang ingin jadi pengusaha di bidang food and beverage, bisa jadi bekal buat kamu nih, apalagi di Program Studi Teknologi Pangan memiliki Inkubator Bisnis, disini kamu akan belajar menjadi seorang pengusaha.

 

Professionals In Food Industrial And Culinary Tourism ” (Profesional di bidang teknologi industri pangan dan kuliner)

VISI

Visi Program Studi Teknologi Pangan Fatepakes-USAHID adalah “Menjadi program studi yang unggul dalam bidang keahlian teknologi pangan dan sistem pelayanan makanan bercirikan kewirausahaan dan kepariwisataan”

MISI

Misi Prodi Teknologi Pangan Fatepakes-USAHID adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi melalui sistem pendidikan dan pengajaran yang berkualitas bercirikan kewirausahaan dan kepariwisataan dalam menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul dalam bidang keahlian teknologi pangan dan sistem pelayanan makanan .
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keahlian teknologi pangan dan sistem pelayanan makanan bercirikan kewirausahaan dan kepariwisataan.
  3. Menyelenggarakan kegiatan kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan.

Tujuan & Sasaran

a. Sesuai dengan visi dan misi Prodi Teknologi Pangan memiliki tujuan :

  1. Menjadikan lulusan unggul yang memiliki kemampuan dan kreativitas yang komprehensif dalam bidang keahlian teknologi pangan dan sistem pelayanan makanan.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengidentifikasi, memproses, dan menganalisis produk pangan serta mengelola industri pangan dan pelayanan makanan.
  3. Menghasilkan lulusan yang mempunyai jiwa kewirausahaan khususnya dalam bidang keahlian teknologi pangan dan sistem pelayanan makanan.
  4. Menghasilkan lulusan yang berkarakter serta berwawasan kebangsaan.
  5. Membentuk jejaring kerjasama kemitraan yang sinergik dengan berbagai pemangku kepentingan dalam rangka pengembangan bidang keahlian teknologi pangan dan sistem pelayanan makanan

b. Sasaran Prodi Teknologi Pangan adalah:

  1. Peningkatan Kualitas Akademik Mahasiswa
  2. Peningkatan Kompetensi Non Akademik Mahasiswa
  3. Peningkatan kompetensi lulusan
  4. Peningkatan Kepuasan Pengguna Lulusan
  5. Peningkatan bentuk partisipasi alumni dalam pengembangan akademik dan non akademik
  6. Peningkatan kualitas Kinerja Dosen
  7. Penguatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat

Pimpinan Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan (FATEPAKES)

No. Nama Jabatan
1  Ir. Moh. Sabariman, M.Si  Dekan
2  Dr. Rahmawati, ST, M.Si  Wakil Dekan
3  Shanti Pujilestari, ST, MM, MBA  Ka. Prodi Teknologi Pangan
4  Khoirul Anwar, S.Gz, M.Si  Ka. Prodi. Gizi
5  M. Fajri Romadhan, S.Si, M.Si  Waka. Prodi Teknologi Pangan
6  Dr. Julfi Restu Amelia, S.TP, M.Si  Koord. Laboratorium
7  Yandi Andiyana, S.Si, M.Si  Koord. Kelas Eksekutif

Kompetensi Teknologi Pangan

8 ranah kompetensi, yaitu :

  1. Rekayasa dan proses pengolahan pangan/hasil pertanian
  2. Kimia dan analisis pangan/hasil pertanian
  3. Mikrobiologi dan keamanan pangan/hasil pertanian
  4. Biokimia pangan, gizi dan kesehatan
  5. Ilmu pangan terapan/hasil pertanian
  6. Kepariwisataan / hospitality
  7. Kewirausahaan
  8. Kecakapan Hidup
    Lulusan Teknologi Pangan Universitas Sahid diharapkan mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidang Teknologi Pangan dan sistem pelayanan makanan untuk pemecahan masalah di masyarakat serta tetap mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Prospek Karir Prodi Teknologi Pangan

  • Staf atau Supervisor divisi pengadaan, produksi, dan perancangan proses;
  • Reseach and Development
  • Quality Control
  • Auditor (sistem keamanan pangan dan jaminan halal)
  • berwirausaha pangan/kuliner
  • asisten peneliti
  • lingkup pemerintahan : Kementrian Pertanian, Balitbang, BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan), KKP (Kementrian Kelautan dan Perikanan) dll.