Dr. Marlinda Irwanti Poernomo Terpilih Jadi Rektor USAHID 2023 – 2027

Loading

Bertempat di conference room Yayasan Sahid Jaya, Sahid Sudirman Residence Lantai 5 Kawasan Grand Sahid Jaya, Rabu 13 September 2023 pukul 10.00 WIB diselenggarakan Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Rektor periode 2023 – 2027. Pejabat Rektor Universitas Sahid Jakarta yang baru adalah Dr. Dra. Marlinda Irwanti Poernomo, SE., M.Si menggantikan pejabat Rektor Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom., IPU  yang telah berakhir masa jabatannya.

Dr. Dra. Marlinda Irwanti Poernomo, SE., M.Si, lahir di Yogyakarta 16 Oktober 1964. Beliau memperoleh gelar Doktor dalam bidang Dakwah Ilmu Komunikasi, UIN Jakarta pada 2011. Setelah sebelumnya memperoleh Magister Sains (M.Si) dalam bidang Kajian Perempuan, Universitas Indonesia Jakarta pada 1997. Pada 1987 menyelesaikan pendidikan Ilmu Hubungan Internasional di Universitas Gajah Mada. Dan pada 1986, Dr. Marlinda juga meraih gelar Sarjana Ekonomi di UII Yogyakarta. Mengikuti PPSA XVIII LEMHANAS RI, Trainning PR di Murdoch University Singapore, Training komunikasi di ABC Televison Australia dan Training Kepemimpinan di Shanghai China.

Dr. Marlinda memulai karir di dunia televisi sebagai Penyiar TVRI dan menjadi pengajar di beberapa Universitas seperti STIKOM InterStudi, Universitas Al-Azhar, London School Public Relations, dan Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta. Di samping aktif di dunia kampus, Dr. Marlinda juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT. Pamor Sapta Dharma dan PT. Talang Piranti. Karir selanjutnya sebagai Anggota DPR RI Komisi X Periode 2014 – 2019. Dr. Marlinda kemudian bergabung dan dikukuhkan sebagai Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid Jakarta pada Januari 2020.

Dr. Marlinda aktif dalam berbagai organisasi kemasyarakatan, antara lain pernah menjabat Ketua Biro Komunikasi IKA, Universitas Islam Indonesia; Ketua Bidang Informasi APJATI; Dewan Pertimbangan dan Pendiri Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia; Ketua Bidang Komunikasi Majelis Ilmuwan Indonesia [MAAI]; Dewan Pakar Masyarakat Ekonomi Syariah; Dewan Pakar DPP PERHUMAS; Ketua Umum Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia/FPPI 2020-2024; Wakil Ketua BPET Majelis Ulama Indonesia/MUI – 2020-2024; Bio Komunikasi Majelis Alimat Indonesia (MAI) 2020-2024; Ketua Kongres Wanita Indonesia (Kowani) 2020-2024 dan Advisor Migrasi International Council of Women 2020-2024.

Selain aktif berorganisasi, Dr. Marlinda juga aktif menulis dan memiliki lebih dari 30 karya buku seperti Setiap Orang Mencari Alamatnya (Perjalanan Spiritual/Agama), Etika Kepribadian Muslim, Public Speaking, Komunikasi Politik Perempuan di DPRD DKI Jakarta (Tesis), Komunikasi Politik Partai Golkar Periode 2004-2009 (Disertasi), Kepemimpinan Politik Perempuan (Ratu –Ratu di Aceh), Linda Poernomo dari Presenter ke Parlemen berjuang untuk Rakyat (English), Komunikasi Resiko dan K3, Teori Komunikasi Organisasi, Embracing Society 5.0 with Humanity 501 Book Chapter, Menggapai Makna Kehidupan dan lainnya. Penghargaan dari pemerintah di raih Dr. Marlinda atas berbagai prestasi yaitu Panitia Seleksi Dewan Pengawas RRI Kementrian Komunikasi &  Informasi, 2015; Panitia Seleksi Tenaga Humas Pemerintah Kementrian Komunikasi &  Informasi, 2015 dan Satya Lencana Bidang Keluarga Berencana Presiden RI.

Baca juga  Buka Puasa Bersama Sivitas Akademika Usahid Jakarta

Proses pelantikan Rektor Universitas Sahid Jakarta didasarkan Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 1999 dan Statuta Universitas Sahid Jakarta tahun 2007 pasal 15. Mengacu pada peraturan tersebut maka proses pemilihan dan pengangkatan Rektor dilakukan oleh Yayasan Kesejahteraan, Sosial dan Pendidikan Sahid Jaya.

Pelantikan dihadiri oleh Ketua Pembina Yayasan Sahid JayaDr (HC). Dra. Sarwo Budi Wiryanti Sukamdani, CHA;  Ketua Umum Yayasan Sahid JayaProf. Dr. Nugroho B. Sukamdani, MBA., BET; Kepala LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta – Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Si; para Rektor & Pimpinan Universitas undangan, para pimpinan dan pengurus Yayasan Sahid Jaya, para pimpinan unit bisnis dan lembaga pendidikan Sahid Group, Pimpinan organisasi Kowani, Aspikom, Perhumas, WSI, ISKI; pimpinan lembaga pemerintah (MPR, DPR & Kementrian Pariwisata RI), Senat Universitas Sahid Jakarta, perwakilan dosen, karyawan, mahasiswa (BEM) dan alumni Usahid.

Sesuai visi dan misi USAHID yang salah satunya adalah menyelenggarakan tata kelola universitas yang sehat (healthy) dan kaya (wealthy) dalam pelaksanaan otonomi perguruan tinggi, Rektor mempunyai program dan strategi yang bertujuan akan meningkatkan kualitas dan kinerja kelembagaan secara menyeluruh menuju teaching, research and entrepreneurial University.

Dr (HC). Dra. Sarwo Budi Wiryanti Sukamdani, CHA dalam sambutannya menyatakan bahwa Budaya USAHID dan Tridarma yang bercirikan kewirausahaan dan kepariwisataan telah menciptakan suasana akademik dan manajemen organisasi yang khas dan tidak dimiliki oleh perguruan tinggi lain. Dengan keunikan tersebut, USAHID  tentu tidak serta merta menjadi institusi yang terhebat seperti membalik telapak tangan. Agar dapat menyandang perguruan tinggi unggulan diantara ribuan perguruan tinggi nasional dan internasional, maka USAHID  harus bekerja keras, cerdas dan disiplin serta tidak cepat berpuas diri.

Prof. Dr. Nugroho B. Sukamdani, MBA., BET menambahkan dalam sambutannya, Status  perguruan tinggi otonom yang dimiliki USAHID merupakan posisi yang kondusif untuk melakukan percepatan menjadi universitas unggul menuju world class university namun tidak tercerabut dari akar budaya bangsa sebagaimana tersurat dan tersirat di dalam falsafah dasar. Walaupun demikian, dalam koridor peraturan pemerintah, USAHID harus memahami bahwa universitas merupakan bagian dari spirit bangsa untuk membangun kesejahteraan dan mensejajarkan diri dengan negara-negara maju di dunia.

Baca juga  Simposium Nasional Napak Tilas Bahasa, Sejarah dan Budaya Kaur 2017

Kepemimpinan baru selalu akan mendatangkan perubahan dan harapan baru. Dalam program kerjanya Dr. Marlinda memaparkan bahwa USAHID  harus memiliki visi, misi dan program kerja sebagai mana layaknya universitas besar yang berwibawa, memiliki reputasi akademik tinggi, difasilitasi dan dikelola sebagaimana layaknya pusat pengembangan  intelektual dan budaya, kemudian meluluskan mahasiswa untuk menjadi manusia yang kompeten, memberikan pelayanan akademik mengikuti perkembangan digital serta menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan bermanfaat bagi bangsa dan kemanusiaan. Itu semua harus didukung oleh kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang tinggi, kompeten dan memiliki rasa pengabdian yang tinggi pada institusi.

Selanjutnya juga harus memiliki sarana pendukung Tridarma yang memadai untuk dapat selalu meningkatkan kualitas secara berkelanjutan, yang semuanya dikelola secara akuntabel.

Universitas Sahid secara terus menerus dan terstruktur juga harus melakukan peningkatan standar mutu secara berkelanjutan ‘continuous quality improvement’, agar pencapaiannya dapat diukur dan ditingkatkan.

Dengan demikian, seluruh warga civitas akademika menjadi bangga karenanya. Kebanggaan civitas akademika ini harus memancar menjadi kebanggaan bangsa Indonesia dalam percaturan dunia, dan menjadi spirit untuk mengembangkan institusi menjadi lebih baik dan berkualitas, dengan rencana core value baru USAHID yaitu Unity, Sincerity, Adaptif, Humanity, Integrative, Dignity yang merupakan kepanjangan dari kata USAHID.

Visi dan Misi USAHID merupakan state of the art dari cita-cita dunia, cita-cita bangsa Indonesia dan cita-cita khas USAHID. Dengan demikian, road map USAHID dapat disusun secara futuristik, rasional, berdasar fakta dengan menganalisis dinamika yang terjadi.

Nasehat almarhum Prof. DR. Sukamdani Sahid Gitosardjono (Ketua Pendiri & Pembina Yayasan Sahid Jaya dan Prof. Bambang Poernomo (Ayahanda Dr. Marlinda) yaitu ”Hidup harus saling menolong dan bermanfaat bagi orang lain“, dengan mengamalkan ilmu yang dimiliki menjadi amal jariyah, menjadi inspirasi Dr. Marlinda berkontribusi untuk memajukan kampus yang dicintainya. Kita harus menciptakan atmosfir kampus yang sehat, green mindset, green behavior, seperti pohon tidak hanya menjulang tinggi tapi mengakar kuat dan daun serta buah/bunga bermanfaat bagi kepentingan umat manusia.

Segenap civitas akademika Universitas Sahid mengucapkan terima kasih kepada Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom., IPU atas dedikasi dan pengabdian yang telah dilakukan untuk kemajuan Universitas Sahid. Ucapan selamat dan sukses kepada Dr. Dra. Marlinda Irwanti Poernomo, SE., M.Si sebagai Rektor Universitas Sahid periode 2023 – 2027. Semoga kepemimpinan ini membawa kemajuan dan inovasi menuju Universitas Sahid yang unggul dan berdaya saing di Tingkat International.

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Scroll to Top