Hari Lingkungan Dunia: USAHID Gelar Webinar “Perubahan Iklim, Waspada Bencana”

Loading

Dalam rangka Hari Lingkungan Dunia (World Environment Day), Pusat Studi Lingkungan dan Industri serta Program Magister Manajemen Lingkungan Pascasarjana USAHID menyelenggarakan; Webinar bertema; “Perubahan Iklim di Indonesia: Waspada Bencana”, Kamis 20 Juni 2024.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang dampak perubahan iklim serta pentingnya kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana di Indonesia.

Webinar ini menghadirkan para ahli lingkungan dan praktisi dari BNPB & BMKG yang membahas strategi dan solusi untuk mengurangi risiko bencana akibat perubahan iklim.

Webinar diawali Welcome Speech oleh Dr. Ekaterina Setyawati, ST, MT, Dekan Fakultas Teknik USAHID. Dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber ;
Albert C. Nahas. PhD. (Sub Koordinator Bidang Informasi Gas Rumah Kaca,BMKG) dan Dr. Marlina Adisty, S.Sos, M.Si. (Widyaiswara Ahli Madya Pusdiklat ,BNPB).
Dr. Linda Noviana (Dosen Teknik Lingkungan Usahid/Kapus Lingkungan & Industri bertindak sebagai Moderator.

Dr. Marlina Adisty dalam materi Adaptasi Perubahan Iklim Sebagai Upaya Pengurangan Resiko Bencana antara lain memaparkan terkait perubahan iklim yang merupakan ancaman serius bagi pembangunan di Indonesia. Dampaknya meliputi kekeringan, banjir, tanah longsor, hingga kerusakan fasilitas bangunan dan infrastruktur. Untuk menghadapinya, diperlukan upaya adaptasi, peningkatan kompetensi, serta kerjasama antar pemangku kepentingan.

Sementara itu, Albert C. Nahas, Ph.D, dalam materinya Tantangan Perubahan Iklim di Indonesia, antara lain memaparkan untuk membangun masyarakat yang tangguh terhadap bencana memerlukan kerjasama dan koordinasi lintas sektor dan lintas batas. Hal ini menjadi tantangan bagi semua pihak untuk dapat menyatukan modalitas dan meningkatkan kapasitas. Salah satu platform untuk menghimpun sinergi adalah melalui forum dialog baik di level nasional maupun internasional.

Baca juga  UKM BASKET USAHID JUARA 3 LOMBA BASKET 3 on 3
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Bagikan Berita Ini

Hari Lingkungan Dunia: USAHID Gelar Webinar “Perubahan Iklim, Waspada Bencana”

Tim Redaksi

Gedung Universitas Sahid Jakarta

Jl. Prof. Dr. Supomo, SH No.84 Tebet, Jakarta Selatan 12870.

Berita Terbaru

Scroll to Top